Hindari Kanker Payudara Dengan 12 Cara Mudah Ini

Apa saja bentuk gejala penyakit kanker payudara yang harus diwaspadai oleh kaum wanita? Bentuk pertanyaan yang satu ini memang seringkali terlontar. Namun dalam penjelasan dari penyakit kanker payudara itu sendiri memang tidak lepas dari kebiasaan hidup sehat yang dijalaninya. Karena itulah bagi Anda atau pun para wanita lainnya yang ingin terhindari dari penyakit tersebut sebaiknya melakukan penjagaan atas kebiasaan hidup yang jauh lebih baik. Seperti halnya menghindari konsumsi alkohol, atau bahkan melakukan aktifitas fisik yang tentunya dapat mengurangi resiko dari terjangkitnya penyakit tersebut.

Beberapa hal yang seringkali dikaitkan dengan penyebab penyakit kanker payudara ini adalah keadaan dari faktor genetik, yaitu keturunan atau riwayat keluarga yang memang tidak dapat diubah. Namun selain hal tersebut gaya hidup seseorang juga dapat menjadi hal lainnya yang berpengaruh pada perkembangan dari kanker tersebut. Karena itulah untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda lakukan 12 langkah pencegahan yang akan penulis jelaskan di bagian bawah ini :
Kanker Payudara
Hindari Kanker Payudara Dengan 12 Cara Mudah Ini
1, Membatasi konsumsi alkohol
Semakin banyak Anda mengkonsumsi minuman alkohol, maka semakin meningkat pula resiko untuk terjangkit penyakit kanker payudara tersebut. Bagi Anda yang sudah kecanduan atau bahkan tidak bisa untuk tidak mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung alkohol, seperti halnya bir, anggur, dan jenis minuman keras lainnya. Maka biasakanlah untuk mengurangi kadar minuman tersebut. Hal ini berkaitan dengan kandungan dari zat karsinogen yang dimilikinya, yang mana zat tersebut dapat memicu perkembangan dari kanker dalam tubuh utamanya bagian payudara itu tadi.

2. Berhenti merokok
Banyak diantaranya para peneliti yang menghubungkan antara proses merokok dengan pertumbuhan kanker dalam tubuh. Hal ini bahkan lebih diutamakan bagi wanita yang berada dalam masa premenopause. Karena itulah untuk menghindari hadirnya resiko kanker payudara, maka hentikanlah kebiasaan merokok. Karena selain berpengaruh dalam resiko penyakit kanker, rokok juga dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

3. Mengontrol keadaan dari berat badan
Memiliki tubuh dengan berat badan berlebih ternyata dapat menjadi pemicu penyakit kanker. Hal ini utamanya berlaku bagi para wanita yang sudah memasuki tahap menopause. Bahkan dalam salah satu acara televisi pun sempat disebutkan, jika seorang wanita memiliki berat badan dengan ukuran yang lebih dari 175 pon. Maka sangat mungkin baginya untuk terkena jenis penyakit kanker termasuk kanker payudara itu tadi.

4. Melakukan aktifitas olahraga secara teratur
Olahraga adalah bentuk aktifitas fisik yang sangat baik untuk dilakukan, utamanya sebagai bagian dari cara alami dalam menjaga berat badan sehingga lebih ideal. Hal ini tentunya berimbas pada kesehatan tubuh yang juga mampu mengurangi tingkat resiko penyakit kanker. Bagi mereka yang sudah dewasa kegiatan olahraga sebaiknya dilakukan sekitar 150 menit untuk bentuk aktifitas dari aerobik sedang. Sementara itu 75 menit dapat dilakukan dengan bentuk aktifitas aerobik intens yang biasanya dilakukan per minggu. Selain itu berolahraga dengan melakukan kegiatan angkat beban juga menjadi solusi yang tepat dan bisa Anda lakukan dalam waktu 2 minggu satu kali.

5. Menyusui
Menyusui adalah bentuk aktifitas yang dilakukan oleh ibu pada anaknya. Kegiatan yang satu ini juga dapat menjadi ajang pencegah kanker payudara yang cukup efektif. Karena berdasarkan beberapa bentuk penelitian, semakin banyak Anda mneysusui, maka semakin besar pula bentuk perlindungan yang dilakukan olehnya dalam menghindarkan bagian payudara dari penyakit kanker tersebut.

6. Mewasapadai bentuk perubahan payudara
Bentuk perubahan yang terjadi pada payudara sangat patut untuk Anda curigai. Karena banyak diantaranya kasus kanker atau pun tumor yang justru terdeteksi oleh wanita itu sendiri. Hal ini bahkan hampir terjadi 90% pada penderitanya. Karena itulah waspadai setiap bentuk perubahan yang terdapat dalam bagian payudara Anda.

7. Memeriksa benjolan yang ada dibagian payudara
Ketika di bagian payudara Anda terdapat sebuah benjolan, maka segeralah lakukan pemeriksaan pada ahlinya. Karena banyak diantaranya para wanita yang menunda pemeriksaan ketika mengetahui terdapat benjolan di bagian payurdara. Hal ini terjadi karena mereka merasa takut akan terdapatnya kanker payudara. Padahal tidak semua benjolan yang terdapat dalam bagian tersebut adalah kanker. Kalau pun hal itu adalah kanker, maka Anda dapat melakukan pengobatan dari tahap awal, sehingga kanker pun dapat diatasi dengan lebih mudah.

8. Menjaga pola makan sehat
Menjaga pola makan agar lebih sehat juga dapat membantu Anda dalam menghindari penyakit tersebut. Hal ini berkaitan dengan kanker yang juga seringkali disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sehat. Karena itulah untuk menghindari penyakit yang satu ini, maka biasakanlah untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan sehat, seperti halnya sayuran, buah-buahan, biji-bijian, atau bahkan bentuk makanan protein tanpa lemak. Hal ini berkaitan dengan jenis makanan tersebut yang dapat Anda gunakan sebagai obat tradisional. Selain itu hindari pula pengkonsumsian dari minuman bergula, bentuk karbohidrat olahan, atau bahkan berbagai macam jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi di dalamnya.

9. Hindari pengkonsumsian makanan bakar
Beberapa jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar juga sangat penting untuk Anda hindari, agar tidak terkena resiko dari penyakit kanker payudara. Beberapa macam jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar tersebut diantaranya adalah steak, sate, dan juga beberapa makanan lainnya. Makanan dengan cara dibakar wajib untuk dihindari karena mengandung zat karsinogen, yang pada dasarnya dapat memicu timbulnya penyakit kanker itu tadi.

10. Konsumsi serat yang tidak larut
Beberapa jenis makanan memiliki kandungan serat yang tidak dapat larut dalam tubuh. Jenis makanan yang satu ini mampu mengikat hormon estrogen berlebih dalam tubuh dan mengeluarkannya dengan mudah. Selain itu zat aktif dari serat ini juga mampu meningkatkan bakteri yang bekerja untuk metabolisme estrogen dalam tubuh tersebut.

11. Pengkonsumsi obat herbal
Beberapa suplement diantaranya banyak yang menawarkan bentuk pencegahan untuk penyakit kanker payudara. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai solusi yang tepat untuk menghindari penyakit tersebut dari tubuh Anda, utamanya dari bagian payudara. Namun dalam memilih suplement yang tepat, pastikanlah untuk memilih suplement yang terbuat dari bahan herbal atau alami. Selain itu, ketahui pula bentuk zat aktif yang dikandungnya. sehingga bentuk pencegahan pun dapat Anda lakukan dengan lebih baik dan menyeluruh.

12. Menghindari paparan radiasi berlebih
Selain beberapa hal di bagian atas ada pula cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah kanker payudara. Cara ini dilakukan dengan menghindari paparan radiasi serta bentuk polusi lingkungan. Hal ini dilakukan berkaitan dengan beberapa fakta yang menyatakan keterkaitan antara hal tersebut dengan kanker payudara. Seperti halnya paparan dari bahan kimia, kemudian uap bensin, atau bahkan hasil pembakaran yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan. Karena itulah hal ini menjadi salah satu bagian dari tips pengobatan yang cukup penting untuk Anda lakukan.