Manfaat Serai Untuk Kesehatan dan Obat Tradisional

Manfaat Serai Untuk Kesehatan dan Obat Tradisional - Serai dalam bahasa latin disebut “Cymbopogon Ciatrus” atau lebih dikenal tumbuhan yang akar dan batangnya biasa dipakai untuk rempah penyedap masakan. Serai bisa tumbuh mencapai ketinggian sekitar 2 – 4 meter di cuaca hangat, selain digunakan dalam berbagai kebudayaan, bagian tumbuhan serai seperti akar, daun, dan batangnya bisa dipakai untuk Herbal atau “Obat Tradisional”.
manfaat dan khasiat Serai
Khasiat dan Manfaat Serai
Berikut beberapa Khasiat dan Manfaat Serai untuk kesehatan yang perlu kamu diketahui:

  • Kulit Indah.

Banyak manfaat Serai yang digunakan dalam industri kosmetik, seperti mengurangi atau mengobati jerawat dan juga berfungsi sebagai penyegar kulit. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh bagian tubuh untuk memberi efek menghangatkan pada kulit.

  • Kesehatan Wanita.

Selain bermanfaat untuk keindahan kulit, Serai juga dapat membantu mengurangi nyeri haid serta rasa mual dengan mengkonsumsi teh yang diberi serai.

  • Obat Gangguan Pencernaan.

Serai yang terkandung dalam Teh bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, masuk angin, sakit perut,diare dan kram usus. Selain itu, Serai juga bermanfaat mengurangi dan mencegah pembentukan gas dari usus.

  • Detoksifikasi.

Sifat detoksifikasi yang dimiliki Serai dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Serai juga dapat menyingkirkan asam urat dan zat beracun dalam tubuh yang membuat organ pencernaan, kandung kemih, pankreas, ginjal dan hati bersih dan sehat.

  • Menurunkan Tekanan Darah.

Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi. Karena Serai juga efektif untuk merangsang sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah dan menghilangkan masalah tekanan darah.

  • Manfaat Pada Sistem Saraf.

Serai juga dapat dibuat Minyak Esensial yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan memperkuat fungsi sistem saraf. Oleskan minyak serai pada permukaan tubuh untuk melemaskan otot, memberikan efek menghangatkan dan meredakan kejang.

  • Sebagai Analgesik.

Kalo kamu mengalami nyeri otot, nyeri sendi dan sakit gigi, coba konsumsi teh lemon yang mengandung serai.Karena serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri.

  • Mencegah Kanker.

Menurut beberapa Penelitian, bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Demikianlah tadi beberapa manfaat dan khasiat Serai untuk obat tradisional dan juga kesehatan tubuh yang mungkin perlu kamu ketahui. Serai yang bisa dibuat Minyak asiri, sering dipakai dalam industri kosmetik untuk pembuatan sabun, parfum dan produk perawatan kulit.