Cara Mengatasi Rambut Yang Berdiri Dan Sulit Diatur

Cara Mengatasi Rambut Yang Berdiri Dan Sulit Diatur – Rambut sering kali mengundang perhatian lebih. Betapa tidak rambut termasuk bagian tubuh yang mampu membuat anda terlihat cantik. Coba saja, ketika anda diperdebatkan oleh rambut yang berdiri dan sulit diatur yang bisa memicu kerusakan rambut sendiri. Hal itu akan menjengkelkan, bukan? Lantas, bagaimana anda  harus merubah kembali rambut berkilau anda seperti dulu?

Merawat rambut secara utuh dan alami akan menghasilkan kelembutan dan kesehatan pada kulit kepala. Namun, kebanyakan orang salah dalam melakukan perawatan rambut seperti penggunaan catok ataupun hair styling yang justru akan merusak keindahan rambut. Itulah yang menjadi masalah sepele tetapi berkepanjangan. Berikut jawaban yang anda tanyakan mengenai cara mengatasi rambut yang berdiri dan sulit diatur.

Cara Mengatasi Rambut Yang Berdiri Dan Sulit Diatur
Cara Mengatasi Rambut Yang Berdiri
Cara Mengatasi Rambut Yang Berdiri Dan Sulit Diatur

1.Menggunakan Pelembab Rambut Alami
Jika rambut anda sulit diatur dan terasa kering bahkan berdiri, sebaiknya melakukan perawatan rambut menggunakan pelembab rambut secara alami. Adapun beberapa pelembab rambut alami adalah minyak kemiri, minyak zaitun, minyak kelapa murni dan minyak wijen. Anda tidak perlu menggunakan semua bahan pelembab tersebut, namun cukup pilih salah satu saja. Dengan cara membalurkan minyak nabati ini ke rambut sambil dipijat, sebelum keramas. Terapkan 2 atau 3 kali dalam seminggu.

2.Menggunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat
Gunakanlah jenis shampo atau pun kondisioner yang tepat sesuai dengan tipe rambut anda. Jika anda penggunaan tidak sesuai akan menimbulkan rusaknya rambut kulit kepala anda. Sebaiknya anda memilih produk perawatan rambut yang didominasi dari bahan alami ketimbang bahan kimia.

Kemudian, lakukan kondisioner sebagai pelengkap dalam perawatan rambut anda. Kondisioner di sini akan berguna sebagai pelembab rambut. Nah, jika keduanya  sudah diterapkan tentu saja rambut tidak berdiri, kering dan sulit diatur.

3. Mengoptimalkan Keramas
Optimalkan keramas anda sesuai kebutuhan normal, sebaiknya 2-3 kali dalam setiap minggunya. Hal ini karena, keramas tidak boleh dilakukan secara sering atau pun jarang. Jika terjadi maka akan mempengaruhi produksi minyak alami pada rambut anda sendiri. Perlu diperhatikan secara jeli untuk rambut kering dan mengembang, sehingga tidak terjadi kerusakan, sehinga susah diatur.

4. Menghindari Penggunaan Hair Styling
Bagi anda yang sering menggunakan hair styling segeralah hentikan. Jika terlalu sering maka rambut anda akan menjadi kering dan akibatnya rusak. Bahkan apabila kondisi rambut sedang kekurangan nutrisi maka menimbulkan kerusakan dalam jangka panjang. Sebagai contoh penggunaan hair styling yaitu catok, hair dryer, atau pun pengriting rambut. Selain itu, anda juga harus menghindari paparan sinar matahari terlalu lama, pulusi, cat rambut, efek klorin di kolam renang yang mampu memicu rusaknya rambut.

5. Memberikan Nutrisi pada Rambut
Dengan memberikan nutrisi pada rambut tentu akan bisa mengatasi masalah  rambut kaku, kusam, hingga mengembang. Inilah salah satu penyebab mengapa rambut anda rusak oleh karenanya sulit diatur, akibat kekurangan nutrisi. Anda bisa mengasumsi vitamin E, protein, ataupun zinc. Untuk vitamin didapat dari buah-buahan, sementara zinc dan protein dari seafood atau makanan laut.

Rambut berdiri dan sulit diatur merupakan petanda bahwa rambut akan rusak. Dengan demikian, apa salahnya jika anda melakukan tips yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.