Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes
Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes
Bagi Anda yang kini sedang menderita diabetes tetapi tetap ingin mengikuti dan menjalankan ibadah puasa, mungkin Anda sempat berpikir-berpikir jika hal tersebut akan sangat sulit dilaksanakan, karena dalam hari-hari biasa pun Anda sudah kesulitan dalam menjaga kadar gula darah, apalagi jika Anda melakukan puasa. Kadar gula dalam darah tergolong normal jika berkisar antara 60-120 mg per dl. Biasanya seorang penderita diabetes kadar gulanya bisa mencapai lebih dari 200 mg per dl. Namun jika si penderita melakukan puasa dalam keadaan tersebut kadar gula dalam darah si penderita mencapai sekitar 126 mg per dl. Bila penderita diabetes ingin mengambil keputusan untuk berpuasa maka sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter dan ahli gizi, untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan dan tidak boleh dlakukan. Terutama dalam mengatur dan menyusun pola makanan atau mengetahui cara diet yang baik untuk penderita diabetes.

Menjadi sehat dan selalu berstamina ketika berpuasa bagi penderita diabetes hal tersebut merupakan yang diinginkan bagi semua penderita diabetes. Maka untuk itu, Anda harus bisa dalam menyusun program-program yang matang, agar dapat melaksanakan kegiatan puasa dengan baik dan sehat. Persiapkan pula menu puasa yang tepat bagi penderita diabetes, baik itu untuk sahur ataupun berbuka puasa. Selain itu, persiapkan pula suplemen yang dibutuhkan demi menjaga kondisi fisik si penderita.
Berikut ini akan dijelaskan Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes yang mungkin dapat Anda coba bila Anda penderita diabetes yang ingin menjalankan puasa.

baca juga yang terkait dengan tips puasa lainnya..

  1. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter yang biasa menangani Anda, tanyakan padanya tentang riwayat kondisi Anda sebelum dan selama Anda melakukan kegiatan puasa.
  2. Anda juga jangan lupa untuk berkonsultasi pada ahli gizi, asupan apa saja yang perlu Anda konsumsi selama berpuasa. Karena seluruh asupan tersebut penting bagi keberlangsungan ibadah dan kesehatan Anda.  
  3. Selalu persiapkan obat-obatan yang dirasa dibutuhkan untuk kepentingan kesehatan selama berpuasa. Hal tersebut juga, berguna untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. 
  4. Hindari  makanan dengan pemanis atau kadar gula yang tinggi. Apabila sewaktu berbuka ingin minum sesuatu yang manis, maka Anda bisa mengakalinya dengan membuat minuman dari pemanis alami seperti madu, air kelapa, atau jus buah. Ingat jangan berlebihan, dan jangan memakai pemanis buatan. 
  5. Hindari makanan berlemak tinggi atau makanan yang cara pengolahannya dengan digoreng. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan dengan cara direbus atau dikukus.
  6. Hindari makanan yang mengandung protein tinggi, karena tidak baik bagi kadar gula Anda.
  7. Sebaiknya sewaktu sahur atau berbuka, Anda konsumsi makanan yang memiliki sumber karbohidrat kompleks seperti oat meal.
  8. Perbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak serat seperti kurma, buah-buahan, dan sayuran.
  9. Selalu imbangi dengan konsumsi suplemen khusus yang diperuntukkan bagi penderita diabetes.
  10. Apabila terjadi suatu masalah atau gejala lain pada tubuh Anda, segera hubungi dokter dan sebaiknya batalkan terlebih dulu puasanya.