Penyebab Pingsan Dan Cara Menyadarkannya

Penyebab Pingsan
Pingsan dalam pandangan dunia kesehatan adalah kondisi dimana seseorang kehilangan kesadarannya secara tiba-tiba atau timbulnya rasa dingin pada tubuh yang lebih sering diakibatkan karena kehilangan energi dalam jumlah yang besar.

Yang pertama kita akan membahas pingsan secara tiba-tiba. Mungkin Anda pernah melihat disekitar Anda atau dimedia televisi dalam acara berita tentang kejadian seorang pingsan karena mendapati orang kesayangannya tewas yang dilatarbelakangi berbagai macam sebab. Pingsan jenis ini adalah salah satu contoh kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Mengapa orang tersebut bisa pingsan? jawabannya adalah karena terjadi shock pada beberapa syaraf pusat di otak, hal ini disebabkan karena informasi yang dia peroleh dianggap suatu berita yang sangat besar dalam sebagian besar kasus adalah berita yang bersifat menyedihkan.

Cara menayadarkan atau penanggulangannya adalah menekan titik meridian tertentu agar syaraf yang tadi shock menjadi normal kembali, atau memberikan wewangian tertentu yang membuat efek relaksasi.

Yang kedua kita akan membahas pingsan karena kehabisan energi sehingga menyebabkan tubuh dalam keadaan sindrom dingin.

Pernahkan Anda mengalami pingsan ditengah-tengah acara upaca bendera hari senin ketika sekolah? Atau Anda menyaksikan teman Anda mengalami kejadian tersebut? jika pernah maka pingsan itu adalah salah satu contoh pingsan yang disebabkan oleh kehabisan energi.

Pada dasarnya manusia memiliki batas normal energi yang harus dimiliki jika ingin dalam keadaan sadar. Kita asumsikan 100 point energi adalah batas minimal orang dalam keadaan sadar maka :
  • jika energi seseorang adalah < 100 maka kondisinya adalah pingsan
  • jika energi seseorang adalah > 100 maka kondisinya adalah normal
  • jika energi seseorang adalah 0 maka kondisinya dalah meninggal atau mati.

Cara menyadarkan atau penanggulangannya adalah memberikan energi dengan ramuan herbal, moksibusi, akupuntur atau bekam api. Jika dalam kondisi darurat tidak alat atau herbal maka lakukan pijatan di titik meridian yang letaknya ditengah antara hidung dan mulut serta didagu kemudian beberapa titik ditelapak kaki.

Itulah beberapa penyebab dan cara menyadarkan orang yang sedang pingsan,  semoga ilmu yang telah kami berikan dapat bermanfaat untuk kehidupan disekita anda.