Tips Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips ampuh untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu hal yang paling banyak diinginkan oleh banyak orang. Selain menjaga kesehatan, hal ini juga akan dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya. Walaupun terdengar sangat sederhana, tetapi faktanya kesehatan gigi dan mulut menjadi keluhan yang termasuk dalam kategori cukup besar. Bisa jadi ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang masih kurang peduli terhadap pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Perlu diketahui bahwa kesehatan gigi dan mulut memiliki fungsi untuk memaksimalkan fungsi pada mulut untuk bicara, mengunyah dan juga pastinya akan berdampak dalam hal estetika. Maka dari itu selain ingin memiliki mulut yang sehat, gigi yang terlihat cerah dan putih menjadi dambaan bagi setiap orang. Untuk anda yang mendambakan mulut dan gigi yang sehat, berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk merealisasikannya.
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
1.Sikat gigi dengan baik dan benar
Menyikat gigi menjadi satu kewajiban yang tidak boleh terlewatkan bila anda menginginkan gigi dan mulut yang sehat. Cara menyikat gigi yang benar juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi. Sebaiknya gunakan sikat gigi yang berbulu lembut, kemudian hindari menyikat gigi dengan cara yang kasar. Lakukan gerakan secara konstan ke atas dan bawah pada seluruh gigi, pastikan anda telah menggosok seluruh gigi dengan sempurna. Selain gigi, jangan lupa untuk menggosok permukaan lidah dengan perlahan. Karena lidah merupakan salah satu sumber bakteri yang disebabkan banyaknya sisa makanan yang masih menempel.

Dengan sikat gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari, anda telah mengurangi jumlah bakteri yang hidup dalam mulut. Kemudian selain itu juga anda telah meminimalkan tumbuhnya karang gigi yang dapat menyebabkan terganggungnya kesehatan pada mulut.

2.Kurangi konsumsi makanan penyebab noda
Jangan hanya tergiur karena rasanya, karena makanan dan minuman yang ada saat ini cukup banyak yang memiliki dampak meninggalkan noda pada gigi. Kemudian secara perlahan seiring dengan bertambahnya usia akan terlihat semakin jelas perubahan ini. Misalnya seperti minuman teh, kopi, soda, cokelat, dan masih banyak jenis makanan dan minuman lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut bila di konsumsi secara rutin. Jika memungkinkan untuk menghindari makanan yang menyebabkan noda, hal tersebut bisa menjadi tips ampuh untuk menjaga kesehatan mulut dan mencerahkan gigi terlihat lebih putih. Namun jika tidak memungkinkan, disarankan untuk mengurangi konsumsi jenis makanan ini.

3.Hindari merokok
Senyawa kimia organik yang terdapat pada tembakau yang merupakan zat adiktif dapat menyebabkan gigi menjadi kekuningan. Bahkan pada perokok aktif akan menyebabkan kesehatan gigi dan mulut menjadi terganggu. Seperti bau mulut, tumbuh karang gigi, masalah pada gusi, hingga masalah lainnya yang menyebabkan masalah kesehatan pada gigi dan mulut.

4.Konsumsi buah-buahan
Selain untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh, mengkonsumsi buah-buahan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut serta mencerahkan gigi. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang ada pada buah-buahan akan membantu membuang kotoran yang terdapat pada gigi. Kemudian selain buah-buahan, konsumsi makanan yang kaya akan kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5.Banyak konsumsi air putih
Selain membantu tubuh untuk mencukupi kebutuhan cairan, air putih juga bermanfaat bagi mulut untuk mengurai sisa makanan yang tersisa di mulut. Kemudian dengan mencukupi kebutuhan air putih dapat menghindari panas dalam yang bisa menyebabkan rongga mulut serta bagian lainnya di sekitar mulut mengalami peradangan.