Ini 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Ini 5 manfaat menangis bagi kesehatan

Menangis adalah suatu hal yang bersifat manusiawi, selain itu siapapun itu, baik pria ataupun wanita memiliki hak untuk menangis. Mungkin itu disebabkan karena mengalami kejadian yang membuat anda kecewa, sakit, kaget, dan hal lainnya, namun menangis adalah menjadi salah satu cara akhir yang paling sering dilakukan oleh setiap makhluk hidup.

Dampak yang terlihat negatif dari menangis biasanya menyebabkan seseorang cenderung bersikap menahan tangis dan mencoba untuk memberikan ekspresi yang biasa saja. Takut dianggap sebagai orang yang tidak dapat menyelesaikan masalah, takut dianggap cengeng, atau mungkin takut terlihat sebagai sosok yang memiliki emosi yang tidak stabil. Beberapa poin tersebut menjadi alasan banyak orang mengapa mereka cenderung lebih bersikap tidak menunjukkan ekspresi sedih untuk menangis. 
Sebenarnya di balik anggapan di atas, sebuah penelitian telah memberikan hasil yang cukup mencengangkan dari menangis. Bila anda suka menangis dalam frekuensi yang wajar, sebaiknya anda wajib mengetahui beberapa manfaat kesehatan dari menangis di bawah ini.
Manfaat Menangis bagi Kesehatan
Manfaat Menangis bagi Kesehatan

1.Menghilangkan toksin pada bagian mata
Air mata yang keluar karena menangis akan membasahi mata yang berfungsi sebagai pencuci untuk membersihkan dan mengeluarkan racun-racun yang ada pada bagian mata. Racun yang dibiarkan mengendap dalam mata perlahan akan berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, keluarnya air mata dalam jumlah yang berbeda bila dibandingkan dengan menguap adalah sebagai salah satu cara alami bagi mata untuk menghilangkan racun pada mata.

2.Membantu penglihatan mata
Air mata yang membasahi bagian membran mata akan selain bermanfaat untuk mengeluarkan toksin juga memiliki manfaat positif lainnya, yaitu membantu mata agar memiliki penglihatan yang lebih jelas. Hal ini disebabkan karena cairan air mata yang membasahi akan memenuhi kebutuhan cairan pada mata untuk mencegah mata mengalami dehidrasi.

3.Meminimalkan masalah pada jantung
Saat sedang sedih, biasanya seseorang akan mengalami keadaan pada bagian dada yang terasa seperti di tekan. Itu merupakan bahwa sebuah pertanda jantung akan merespon secara spontan saat anda berada dalam kondisi yang sedih. Untuk meminimalkan hal ini, menangislah. Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa responden yang cenderung menangis saat sedang sedih ternyata memiliki resiko mengalami serangan jantung yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang menahan tangis atau menghadapi kesedihannya tanpa ekspresi apa-apa.

4.Menjadikan tubuh lebih rileks dan kuat
Mungkin anda pernah merasakan sendiri bagaimana perasaan yang timbul setelah anda menangis. Lega, tenang, dan nyaman. Dengan menangis anda juga akan menjadi seseorang yang terlatih untuk menciptakan rasa rileks dan terlihat lebih kuat pada saat mengalami hal yang sedih. Hal ini bisa terjadi karena setelah menangis, tubuh telah mengeluarkan hormon endorfin. Yaitu hormon yang sebenarnya memiliki fungsi sebagai penghilang rasa sakit bagi tubuh.

5.Menurunkan tingkat depresi
Menangis yang disebabkan karena sedih akan menciptakan sebuah perasaan yang berujung pada sebuah hal yang sering terpikirkan nantinya. Namun dengan menangis, protein albumin yang diproduksi oleh mata karena menangis dapat membantu tubuh untuk meregulasi metabolisme tubuh sehingga tingkatan depresi yang dialami akan menurun. Selain itu, menurunnya tingkat depresi karena menangis secara otomatis akan meningkatkan mood anda menjadi lebih baik.

Itu dia 5 manfaat dari menangis bagi kesehatan yang wajib anda ketahui. Karena itu beruntunglah anda bila menangis karena beragam alasan. Karena dengan menangis anda telah mendapatkan beberapa manfaat seperti yang dijelaskan di atas.