10 Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Anda Tahu

Inilah manfat daun kelor yang perlu Anda ketahui bagi kesehatan dan konsumsi. Daun kelor merupakan jenis daun yang kurang begitu familiar bagi kebanyakan orang. Daun ini belum begitu mudah ditemukan diberbagai tempat. Daun kelor biasanya tumbuh di tempat-tempat tertentu yang biasanya ditanam secara sengaja oleh orang yang gemar dengan dunia hidroponik.

Manfaat Daun Kelor

10 Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Anda Tahu

Mengapaorang yang gemar dengn dunia hidroponik biasa menyediakan tanaman ini ke dalam daftar tumuhan mereka ? Jawabannya adalah kerena tanman ini memiliki begitu banyak manfaat yang berguna baik untuk menjaga kesehatan atupun pengobatan. Daun yang berwarna hijau tua dan memiliki bentuk yang relatif lebih kecil bila dibanding dengan daun lainnya mengandung berbagai zat yang dapat Anda gunakan bagi kesehatan dalam tubuh.

Meski tidak begitu familiar karena tidak tumbuh dibanyak tempat, akan tetapi tumbuhan ini sebenarnya dapat dengan mudah dibudidayakan. Hal tersebut dikarenaan tumbuhan ini biasa tumbuh di daerah tropis. Sama halnya dengan manfaat bayam, daun ini berguna bagi banyak sel dalam tubuh.

Antioksidan Yang Terkandung

Antioksidan yang terkandung di dalamnya ternyata mampu membersihkan berbagai kotoran yang ada pada tubuh Anda. Kotoran yang disebabkan oleh debu dan polusi udara pada perkotaan dapat menimbulkan gejala gangguan pada kesehatan Anda yang tidak bisa dianggap remeh. Dengan adanya fungsi yang terkandung didalam daun kelor tersebut Anda dapat meminimalisir dan mencegah berbagai hal yang mungkin dapat mengganggu kesehatan Anda.

Tidak hanya itu, ternyata dalam kandunganya juga menyimpan fungsi lain seperti menurunkan berat badan dan pelancara pada pencernaan si peminumnya. Apa manfaat lain yang dapat Anda temui dari daun kelor selain beberapa hal diatas ? Mari kita simak bersama.

-       Teh Yang Menyehatkan

Sudah banyak diketahui bahwa daun kelor dapat dijadikan minuman teh yang memberi banyak manfaat. Beberapa kalangan menganggap bahwa meminum teh daun kelor lebih baik dan lebih sehat daripada mengkonsumsinya dalam konsisi daun kelor masih segar.Estrak daun kelor memiliki nutrisi yang bagus bagi kesehatan. Akan lebih baik bila daun tersebut dibuat hingga benar-benar kering untuk bisa mendapatkan kandungan ekstak daun yang tinggi.

-       Menurunkan Berat Badan

Ternyata daun ini juga berfungi untuk melakukan rangsangan pada metabolisme sehingga dapat membakar kalori. Fungsi ini tentu akan baik bila Anda membutuhkan program diet yang tidak terlalu membutuhkan banyak biaya dan tentunya tidak mengandung bahan kimia. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping yang sering ditimbulakan dari banyak obat diet seperti dipasaran.

-       Sebagai Penambah Energi

Teh yang Anda minum tidak hanya berfungsi dalam kesehatan. Fungsi lain bagi tubuh juga dapat memberikan tambahan energi bagi aktifitas keseharian Anda. Mungkin Anda bisa mengganti kebiasaan pagi hari dari mengkonsumsi kopi atapun teh tubruk dengan sajian teh daun kelor.
Bisa pula Anda mencampurkannya dengan minuman lain sebagai jamu bagi penambah energi. Sangat baik bagi Anda yang memiliki aktifitas yang cukup menguras energi.

-       Nutrisi Bagi Otak Dan Mata

Fakta terkini menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik bagi perkembangan sel saraf otak dan mata. Mungkin selain Anda membiasakan diri untuk meminum teh daun kelor di pagi hari juga membiasakan diri untuk memberikan konsumsi bagi anak Anda. Pendapat lain menyebutkan bahwa khasiat daun kelor bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan keakuratan dalam penentuan keputusan saat mendesak.

Penyajiannya bagi aktifitas Anda yang padat dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi bisa Anda sediakan di meja tempat kerja ataupun sebagai jus. Dengan begitu pekerjaan akan maksimal tanpa menyita waktu.

-       Pelancar Fungsi Pencernaan

Seperti yang dikatakan di atas bahwa kegunaan daun kelor dapat membantu Anda memberikan kesehatan dan kelancaran bagi pencernaan. Untuk Anda yang sedang menderita dengan masalah pencernaan dapat membuat program kshatan dengan konsumsi secara rutin makanan ataupun minuman dengan bahan daun kelor

-       Kesehatan Dan Kekuatan Rambut

Daun kelor juga dapat merangsang pertumbuhan rambut agar lebih lebat dan lebih sehat. Selain merangsang pertumbuhan juga dapat mengkilapkan rambut yang kering. Bila Anda tidak menginginkan olahan daun kelor dalam bentuk makanan ataupun minuman, Anda dapat membuatnya menjadi minyak rambut dengan beberapa metode tertentu untuk membuatnya.

-       Pencegahan Penyakit Jantung

Manfaat bagi organ dalam tubuh dari kandungan daun kelor terbukti mampu memberi pencegahan pada penyakit jantung. Dikeluarkan pada studi hewan melalui laboratorium yang  terbit pada tahun 2009 lalu di “journal of Medicinal Food” yang mengatakan bahwa daun kelor berfungsi mencegah kerusakan pada jantung serta menghasilkan antioksidan.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara memberikan dosis sebanyak 2ribu miligram perkilogram berat badan yang akan mengkonsumsi dengan rentan waktu 30 hari. Dalam hal tersebut dapat memberikan perlindungan yang baik bagi jantung. Hal tersebut memberikan kesimpulan bahwa daun kelor dapat memberika efek yang signifikan bagi kesehatan dan perawatan jantung. Pada kasus yang lebih lanjut penelitin terus dikembangkan bagi kesehatan jantung manusia.

-       Pencegahan Penyakit Kanker

Sudah jelas bahwa kandungan antioksidan sangat bagus bagi pencegahan kanker. Keadaan kondisi tubuh yang sering berinteraksi dengan kawasan perkotaan yang kotor tentu membuat berbagai potensi seseorang terkena kanker. Selain itu kebiasaan seseorang yang sering mengkonsumsi makanan junk food juga mempengaruhi zat perusak ksehatan tubuh semakin menumpuk yang tentu akan membahayakan seseorang dengan serangan kanker. Penelitian menunjukan bahwa kandungan pada daun kelor dapat membunuh sel-sel penyebab penyakit kanker.

Maka dari itu untuk Anda yang tidak biasa mengkonsumsi minuman daun kelor mungkin bisa mencoba minuman ini sebagai terapi bagi kesehatan khususnya pencegahan potensi kanker.

-       Pencegahan Diabetes

Tingginya kandungan seng dan mineral pada daun kelor sangat diperlukan bagi produksi insulin dalam tubuh. Hal tersebut disebutkan dalam penelitian di University La Crosse, bahwa terjadi penyembuhan pada penyakit diabetes yang signifikan dan penyembuhan yang akurat pada penyakit ini.

-       Penahan Rasa Sakit

Layakya fungsi karbohidrat pada nasi, fungsi daun kelor juga dapat meminimalisir rasa nyeri dan sakit yang diderita seseorang. Terdapat pula penelitian pada “Journal of Chinese Integrative Medicine” yang menyebutkan hewan pada laboratorum yang diberika ekstra dau dan akar kelor dapat berfungsi untuk mengurangi tingkah laku kepekaan terhadap rangsangan rasa sakit dan rematik pada persendian.

Untuk bisa mengkonsumsinya secara berkala dan mudah dalam penyediaannya mungkin Anda bisa menyediakan tanaman ini di pekarangan rumah. Untuk persediaannya Anda hanya perlu memetiknya pada bagian yang sudah tua yang terdapat pada batang-batanya. Pilihlah daun kelor yang berwarna hijau bukan yang berwarna putih.

Ambil dan keringkan daun kelor tersebut hingga benar kering dengan suhu kamar yang tidak terlalu berubah. Dianjurkan untuk mendapatkan manfaat daun kelor yang bagus agar tidak mengeringkannya melalui sinar matahari langsung.