20 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kranberi

Manfaat Buah Kranberi. Kranberi (cranberry) menjadi buah yang baik perawatan kulit halus dan cerah. Dibalik rasanya yang asam dan menyegarkan, terkuak banyak manfaat kranberi bagi kesehatan. Anda akan mengetahui semuanya pada artikel ini.

Kranberi merupakan buah yang tumbuh subur pada tanah gambut (rawa-rawa), di mana banyak tanaman yang justru mati pada kondisi lahan yang seperti demikian. Diperkirakan buah ini berasal dari Kanada, kemudian ada pula yang mengkalim pertama kali datang dari Amerika Utara. Buah kranberi dengan kualitas terbaik hanya dapat dipanen pada bulan September dan Oktober saja.

Buah kranberi sering dijadikan hidangan pelengkap dan bahan pembuatan saus ataupun kue. Anda tidak perlu khawatir akan efek samping buah kranberi, terutama bagi kesehatan. Dari satu penelitian melaporkan bahwa buah beri termasuk ke dalam makanan sehat, pada satu cangkirnya hanya terkandung 25 kalori.

Kandungan Nutrisi Buah Kranberi

Seperti buah pada umumnya, tentu kranberi juga membawa sejumlah manfaat kesehatan berkat kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi penting seperti:
  • Vitamin A, terkenal sebagai vitamin mata karena mengandung senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok, seperti retinil, retinol, retinil asetat dan palmitat. Senyawa retinol mempunyai peran aktif dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sehat.
  • Vitamin B-12, tergolong ke dalam vitamin B komplek yang turut serta dalam produksi sel darah merah dalam tubuh. Fungsi esensial dari vitamin B12 adalah menjaga sistem saraf tetap sehat dan memperlancar produksi DNA.
  • Vitamin C, senyawa antioksidan yang berperan penting untuk mencegah radikal bebas pemicu kerusakan organ dan memiliki kemampuan dalam meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas).
  • Vitamin E, senyawa yang bekerja sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, antioksidan ini mudah larut dalam lemak.
  • Vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak (serupa dengan vitamin E) yang tugas utamanya adalah membantu proses pembekuan atau penggumpalan darah yang dapat menghentikan pendarahan atau menurunkan kadar darah yang keluar akibat luka. 
  • Fiber atau serat, merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga sistem pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, darah tinggi, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya.

Masih tersimpan banyak vitamin dan mineral lain dalam buah kranberi yang tentunya berguna menjaga keseimbangan tubuh.

Manfaat Buah Kranberi Bagi Kesehatan

Selama ini Anda sudah tahu rasa dan pengolahan buah ini menjadi makanan lezat, tetapi apakah Anda pernah mencari tahu manfaat kranberi bagi kesehatan?
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kranberi
(c) http://www.csmonitor.com/
Berikut ini akan dipaparkan secara rinci mengenai manfaat buah kranberi yang sering dijadikan bahan perawatan kulit ataupun memelihara kesehatan tubuh, termasuk efek pengobatan berdasarkan hasil penelitian maupun pembahasan dalam dunia kedokteran.

1. Mengobati luka terkena panah
Menurut nenek moyang suku Indian kuno, buah kranberi merupakan warisan leluhur yang sengaja dihadirkan untuk membantu mengobati luka akibat tertancap anak panah. Kebenarannya belum diketahui pasti karena sekarang ini hampir tidak ada perselisihan yang menggunakan senjata tradisional.

2. Dijadikan bahan pembuat kue dan saus
Beberapa tahun silam, tepatnya 1680, seorang penduduk New Jersey bernama Mahlon Stacy, memberikan gambar buah kranberi pada saudaranya yang bertempat di Inggris. Ia menuliskan sepatah kalimat pada gambar yang mendeskripsikan secara singkat mengenai buah kranberi, termasuk fungsinya sebagai bahan saus lezat untuk menyantap daging rusa, kalkun, maupun unggas besar lain.

Dirinya juga mengatakan pada saudaranya melalui gambar tersebut bahwa buah kranberi bisa dicampurkan ke dalam bahan pembuat kue, rasa kue yang terbuat dari buah ini lebih enak daripada gooseberry atau ceri. Ceritapun berlanjut untuk mengabarkan bahwa dirinya mengaku mendapatkan buah ini dengan cara meminta orang Indian membawa banyak sekali buah ini ke rumahnya.

3. Bahan pengawet makanan
Di Amerika, penduduk asli yang tinggal sejak lama sering memanfaatkan unsur pengawet dari kranberi. Makanan yang biasa diawetkan adalah daging atau ikan kering yang mereka beri nama pemmican. Makanan tersebut dibuat dengan mencampurkan buah kranberi yang kemudian ditumbuk, dibulatkan, dan dijemur.

Pemmican mampu bertahan selama musim dingin yang panjang karena kandungan protein dan vitaminnya yang seimbang diperoleh dari pemmican. Sebetulnya, yang membuat pemmican tahan lama adalah senyawa vitamin C dan pektin yang tinggi pada kranberi.

Biasanya, penduduk Amerika asli yang mengawetkan pemmican dengan bantuan kranberi adalah para awak kapal yang rentan terhadap penyakit skorbut yang disebabkan oleh kekurangan atau defisiensi vitamin C dengan gejala pendarahan pada gusi, kulit, dan usus. Sebelum mereka berlayar, biasanya mereka membeli bertong-tong buah kranberi untuk dijadikan persediaan makanan selama perjalanan jauh mereka.

4. Mencegah infeksi pada luka
Masih diketahui keberhasilan buah ini dalam penyembuhan luka. Orang Indian telah lama memakai kranberi untuk mencegah keracunan darah akibat luka. Cara penggunaannya cukup mudah, mereka hanya perlu mencampurkan tumbukan buah kranberi dengan tepng jagung yang kemudian dibubuhkan di atas luka.

5. Membantu memperoleh berat badan ideal
Fenomena diet tidak pernah habis dibahas hingga kini maupun nanti, tetapi Anda juga harus tahu bahwa banyak orang yang justru sangat ingin mendapatkan berat badan ideal. 

Bila Anda termasuk, cobalah konsumsi makanan rendah kalori seperti kranberi. Dengan memperbanyak konsumsi buah kranberi setiap hari, secara bertahap Anda akan memperoleh berat badan ideal seperti yang diidamkan selama ini.

6. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih
Gangguan kesehatan ini tak diketahui banyak orang, terlebih pada kaum pria yang lebih sering mengalaminya. Para dokter kerap mengingatkan bahwa penyakit ini dapat mengundang malapekata bila tidak mendapat penanganan yang benar. Seperti misalnya infeksi dapat menjalar hingga merusak ginjal.

Banyak upaya untuk menurunkan penyakit ini, seperti konsumsi buah kranberi. Di dalam tubuh, senyawa yang terkandung dalam kranberi akan dilepas dan dibiarkan bekerja untuk memusnahkan mikro-organisme penyebab infeksi salran kemih dan serta menghancurkan bakteri yang bersarang di ginjal atau kandung kemih.

7. Mencegah laju pertumbuhan tumor
Pertumbuhan tumor pada beberapa titik tubuh dapat menyebabkan kerusakan organ, seperti pada paru-paru, payudara, dan prostat. Tidak ada yang tahu kapan tumor akan tumbuh di dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat baik melakukan langkah pencegahan untuk memastikan tumor tidak tumbuh. Anda bisa konsumsi buah kranberi yang menurut ahli dapat mencegah laju pertumbuhan tumor karena kaya akan senyawa polifenol.

8. Memelihara kondisi jantung
Jantung menjadi organ vital yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Kerusakan jantung bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kolesterol dan lemak berlebih. Dengan mengonsumsi jus buah kranberi secara teratur, maka kesehatan jantung akan terjaga. Hal ini tidak lepas dari peran flavonod di dalamnya yang mampu meningkatkan sistem kesehatan kardiovaskular Anda.

9. Mencegah bakteri patogen menempel pada selaput lendir
Bakteri patogen yang menempel di selaput lendir dapat meningkatkan bahkan langsung menghantarkan Anda pada penyakit ulkus lambung, plak, dan penyakit gigi (periodontitis). Sementara di sini, buah kranberi menyalurkan sifat antioksidannya untuk mencegah bakteri tersebut menempel pada selaput lendir.

10. Menurunkan kolesterol jahat
Sebelumnya sempat ditulis juga bahwa salah satu manfaat kranberi bagi kesehatan adalah melindungi jantung dari penyakit akibat tingginya kadar kolesterol. Kolesterol yang ditangani oleh kranberi jenisnya LDL (kolesterol jahat) dengan bantuan polifenol yang dikandungnya.

Baca: Cara menurunkan jumlah kolesterol darah yang berlebih

11. Melawan kanker secara in vitro
Senyawa berupa flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah kranberi terbukt ampuh melawan kanker secara in vitro. Tetapi sangat disayangkan bahwa sistem tubuh tidak bisa menyerap sempurna sehingga senyawa tersebut tak mampu bekerja optimal, ditambah dengan cepatnya proses eliminasi dalam darah membuat senyawa tersebut semakin tak berkutik untuk mencegah kanker.

12. Sumber antioksidan polifenol
Polifenol merupakan antioksidan yang termsauk ke dalam senyawa fitokimia. Saat ini sedang banyak diteliti manfaat polifenol bagi sistem jantung, pembuluh darah, dan reaksinya terhadap sistem kekebalan tubuh.

13. Mencegah radang gusi
Penyakit radang gusi (gingivitis) terjadi karena banyak hal, salah satunya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan tidak sehatnya rongga mulut. Diketahui bahwa buah kranberi dapat menurunkan risiko infeksi saluran kencing serta plak gigi berkat senyawa yang belum diketahui namanya.

Ternyata, senyawa tersebut adalah tanin yang juga memiliki khasiat anti pembekuan darah dan radang gusi. Terkait dengan pembekuan darah, di sini sifatnya sudah berlebihan dan justru berdampak buruk bagi kesehatan.

14. Memberi perawatan lebih pada kulit
Sudah banyak bahan baku produk perawatan kulit yang berasal dari buah kranberi, bahkan ada beberapa jenis masker yang secara utuh menggunakan kranberi.

Buah kranberi asli dapat mencerahkan kulit kusam dan kering, selain itu akan menghadirkan efek kesegaran pada wajah secara instan. Jika Anda tertarik mencoba masker alami, coba resep masker kranberi berikut.

Cara membuat masker kranberi untuk kulit berkilau:
  1. Sediakan mangkuk dan penuhi setengah dengan kranberi yang sudah dibersihkan.
  2. Tumbuk semua buah dalam mangkuk, kemudian campurkan satu mangkuk irisan apel, dan dua sendok makan air lemon. Semua bahan Anda blender hingga halus.
  3. Masker yang sudah jadi Anda oleskan pada wajah, diamkan 30 menit hingga mengering.
  4. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Penting untuk diketahui:
Hindari daerah yang rawan seperti mata, bibir, dan leher. Ketiga kulit pada area tersebut lebih tipis sehingga lebih sensitif dan mudah iritasi. Bila terjadi reaksi alergi, segera konsultasikan pada dermatolog.

Efek Samping Kranberi Bagi Kesehatan

Beberapa buah yang memberikan manfaat terkadang diiringi dengan efek samping, lantas bagaimana dengan manfaat buah kranberi ini?

Hingga kini belum ada penyelidikan lebih lanjut mengenai efek samping buah kranberi, banyak studi kasus dan studi pilot yang gagal membuktikan aksioma mengenai efek samping kranberi bila dikonsumsi bersamaan dengan warfarin (obat anti pembekuan darah) yang menyebabkan memar pada kulit.