-->

Ad Unit (Iklan) BIG

17 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Sirsak. Buah sirsak (Annona muricata) merupakan tanaman yang lahir di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak melestarikan buah dengan banyak julukan seperti nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, nangka buris, dan srikaya jawa ini.

Daging buah sirsak yang sudah matang memiliki warna putih dengan biji hitam yang sedikit. Sementara bagian yang sering dimanfaatkan adalah daun sirsak karena menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, Anda bisa mengetahuinya pada artikel manfaat daun sirsak yang telah dipublikasi beberapa waktu lalu.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Pada bagian buah, daun, bahkan pohonnya sangatlah berguna bagi kelagnsungan hidup makhluk hidup lain, khususnya manusia. Berbagai kandungan yang disimpannya dapat memainkan peran sebagai alat penunjang kesehatan tubuh seperti karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. 

Buah ini juga menyimpan serat pangan yang merupakan substansi non-gizi, kadar seratnya mencapai 3,3 gram pada 100 gram daging buah. Beberapa mineral seperti fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg) juga terkandung di dalam 100 gram buah sirsak. 

Manfaat Buah Sirsak

manfaat buah sirsak

Banyaknya jumlah nutrisi seperti yang telah dijelaskan menjadikan buah ini bermanfaat bagi kesehatan jika sudah masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh. Zat gizi akan diserap dengan baik oleh usus kemudian di sebarkan ke seluruh jaringan tubuh melalui darah.

Beberapa khasiat buah sirsak yang jarang diketahui orang adalah pada bagian biji yang menyimpan racun. Biji racun sering difungsikan oleh para petani sebagai insektisida alami, layaknya biji pada buah srikaya. Karena itu ketika Anda hendak membuat jus sirsak, hilangkan biji hitam yang menyempil pada daging buahnya.

Sementara kegunaan lain di bidang kesehatan juga tidak sedikit, para ahli pengobatan tradisional mendaftarkan buah ini sebagai salah satu bahan baku pembuatan obat herbal yang mampu menjaga kondisi tubuh tetap stabil. Berikut ini banyaknya manfaat buah sirsak dibalik kandungan seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annonacin, annomuricin, annohexocin, anonol, anomurine, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid, dan muricapentocin.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan senyawa mulai dari acetogenins hingga muricapentocin yang telah disebutkan barusan berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.

2. Pemasok Energi Bagi Tubuh
Kandungan karbohidrat pada buah sirsak mempunyai khasiat sebagai penambah energi. Di samping itu terdapatnya vitamin B1 juga menambahkan kadar energi untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh seperti jantung, otak, paru-paru, dan ginjal dengan cara bertindak sebagai ko-enzim untuk merubah glukosa menjadi energi.

3. Meningkatkan Konsentrasi
Keistimewaan lain dari tiamin yaitu menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak. 

4. Membantu Produksi Hemoglobin
Fungsi dari riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting, yaitu membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sulitnya menyerap gizi dan mencerna makanan dapat mengganggu sistem pencernaan manusia sehingga masalah seperti sembeli ataupun diare mudah datang.

Untuk itu di perlukan vitamin B2 yang akan membantu melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Dengan begitu pula secara otomatis masalah yang bersangkutan dengan pencernaan dapat terminimalisir.

6. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Dari hasil penelitian terungkap sebuah keistimewaan dari buah sirsak yaitu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan para ahli sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak.

7. Melawan Kanker
Sejumlah riset yang memilih vitamin C sebagai objek penelitiannya banyak membuahkan hasil kalau vitamin tersebut dapat melawan kanker dengan menghambat sel-selnya. Selain itu fungsi lain dari vitamin C adalah mengurangi efek dari kemoterapi seperti mual. Apa kaitannya dengan sirsak? Jika Anda sudah membaca dari atas tentu sudah tahu kalau dalam buah sirsak terdapat banyak kandungan vitamin C -nya.

8. Mencegah Katarak
Rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya mampu mengurangi risiko pandangan menjadi kabur serta masalah kesehatan pada mata lain seperti katarak dan buram.

9. Mengurangi Risiko Diabetes
Meskipun manis, kadar gula dalam buah sirsak tidaklah tinggi sehingga mampu mengurangi risiko terhadap diabetes. Tetapi jika Anda tidak ingin terjadi apa-apa terhadap kondisi kesehatan Anda, lebih baik hindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak berlebihan jika kadar gula dalam darah sudah tinggi.

Khasiat Buah Sirsak Lainnya:

  1. Membentuk matriks pada tulang dan gigi.
  2. Mengendurkan kontraksi otot tegang.
  3. Mengatur keseimbangan asam dan basa dalam darah.
  4. Memacu proses metabolisme dalam tubuh.
  5. Respirasi seluller.
  6. Menciptakan sel darah merah berkat kandungan zat besi.
  7. Mengurangi kram sehabis olahraga.
  8. Meminimalisir produksi radikal bebas.

Jumlah manfaat maupun khasiat dari buah sirsak tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah. Caranya cukup rutin makan buah sirsak tiap hari ataupun minum jus sirsak yang tanpa diberi tambahan gula.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter