-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Terungkap! Ini 4 Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Kadar minyak berlebih pada wajah seringkali membuat tampilan tampak lusuh dan kusam karena debu dan kotoran lebih mudah menempel. Selain itu, riasan di wajah juga bisa jadi berantakan sebab produksi minyak tersebut. Siang hari seringkali menjadi waktu yang dibenci oleh mereka yang memiliki kulit berminyak, di mana wajah mereka sudah hampir seperti kilang minyak. Tak terkecuali di malam hari setelah lama beraktivitas, sehingga kertas minyak untuk wajah menjadi sahabat sehari-hari.

Produksi minyak berlebih pada wajah disebabkan oleh berbagai macam faktor. Adanya perubahan hormon di masa pubertas maupun masa kehamilan bisa memicu kulit berminyak.  Perubahan cuaca di mana suhu semakin meningkat pun mengharuskan kulit untuk memproduksi minyak agar terjaga kelembabannya. Selain itu, faktor genetik dan stres juga bisa menjadi penyebab. Dan tak menutup kemungkinan bahwa kosmetik yang anda pakai berpengaruh pula pada kondisi kulit.

Memiliki kulit berminyak sebenarnya ada untungnya, yakni kulit menjadi rentan mengalami penuaan dini karena minyak membantu mencegah terjadinya kulit kering dan mengerut. Namun, kulit berminyak rawan mengalami masalah kulit berupa jerawat dan komedo bila tak dirawat dengan benar. Bila anda salah satu pemilik tipe kulit berminyak, anda perlu menyiasatinya dengan cara-cara berikut.

Bersihkan wajah secara rutin
Pilih produk yang mampu membersihkan menyeluruh sampai ke pori-pori guna mencegah timbulnya jerawat. Sabun cuci muka berjenis bar cenderung mengeringkan kulit, sehingga cocok dipakai yang memilki kulit berminyak. Rajin-rajinlah membersihkan wajah 2 – 3 kali dalam sehari, khsusunya sebelum tidur malam. Sesekali cucilah wajah dengan air hangat untuk mengurangi kadar minyak.

Pilih produk yang tepat
Kulit berminyak identik dengan pori-pori kulit yang besar. Untuk itu, produk dengan efek cooling akan berguna mengatasinya. Aplikasikan toner atau gel pendingin setelah mencuci muka dengan air hangat. Selain itu, mengompres kulit wajah dengan es batu sebelum berhias akan mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga membuat hasil riasan anda lebih awet.

Pola hidup yang sehat
Keseimbangan tubuh anda juga berpengaruh pada kondisi kulit. Terapkan pola hidup sehat sedini mungkin untuk membantu menjaga kondisi kulit. Selain berolahraga ringan secara teratur, konsumsi air putih yang cukup juga anda perlukan. Perhatikan pula makanan yang anda konsumsi. Demi kulit yang sehat, kurangilah konsumsi makanan berlemak/berminyak.

Perawatan alami
Beberapa metode perawatan alami seperti mencuci muka dengan air garam atau memakai masker bahan-bahan organik juga dapat mengatasi  masalah kulit berminyak. Air yang dilaruti garam mengandung antibakteri dan berubah kadar pH nya sehingga berguna mengatasi masalah wajah berminyak, termasuk jerawat. Bila anda tertarik menggunakan.

bahan-bahan yang dapat anda temui di rumah untuk dijadikan masker, anda bisa  memanfaatkan mentimun, putih telur, atau jeruk nipis.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter