-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Porepack Tidak Manjur Atasi Komedo? Benahi Langkah Pemakaiannya Dengan 4 Cara ini!

Komedo merupakan salah satu masalah kulit akibat produksi minyak dari kulit yang umum dijumpai selain jerawat. Komedo bisa muncul di wajah khususnya wilayah hidung dan dagu, juga di area tubuh yang lain seperti punggung dan dada. Jenis komedo ada dua macam, komedo hitam (terbuka) dan komedo putih (tertutup). Keduanya mengganggu penampilan dan menimbulkan kesan seolah kebersihan diri kurang terjaga.

Cara untuk membersihkan komedo pun ada beberapa macam. Yang pertama dengan menggunakan porepack atau strip pengangkat komedo. Kedua, dengan peeling atau eksfoliasi kulit dari kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Ketiga, dengan mengekstraksi komedo lewat bantuan perawat di salon atau klinik kecantikan ketika facial. Bisa pula melalui macrodermabrasi untuk memberantas komedo dengan bantuan alat khusus dan produk kimia.

Salah satu cara terpraktis untuk mengatasi komedo adalah dengan menggunakan porepack yang mudah ditemui di pasaran dan mudah dipakai. Akan tetapi, seringkali dikeluhkan bahwa cara ini tak benar-benar efektif membersihkan komedo secara menyeluruh. Merk produk yang beredar mungkin memiliki satu yang paling diunggulkan, namun itu akan sia-sia saja bila ternyata cara penggunaannya kurang tepat.

Petunjuk pemakaian porepack mungkin hanya seputar membasahi hidung yang sudah dibersihkan agar porepack bisa menempel dengan sempurna, kemudian mencabutnya setelah 1-2 jam. Namun, tak dijamin bahwa langkah tersebut akan memberikan hasil memuaskan. Anda perlu mencoba tahapan berikut untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

1. Cuci wajah dengan sabun atau scrub
Sebelum memulai, kebersihan wajah menjadi poin penting. Cuci wajah dengan sabun yang berfungsi membersihkan pori-pori atau yang berupa scrub. Bila memungkinkan, anda juga bisa melakukan peeling pada wajah. Setelah selesai, bilas dengan air hangat sampai bersih

2. Buka pori-pori dengan bantuan air hangat
Untuk memudahkan pengangkatan komedo, biarkan pori-pori kulit wajah terbuka. Ini bisa dilakukan dengan menguapi wajah dengan uap air panas yang diletakkan di baskom, atau dengan mengompres kulit menggunakan air hangat.

3. Tempelkan porepack
Pasang porepack andalan di hidung yang masih dalam keadaan basah agar mudah menempel, dan diamkan selama 1 – 2 jam atau sesuai petunjuk. Setelah mencabutnya, semestinya komedo sudah bersih dari hidung.

4. Lanjutan
Bila dirasa kurang bersih, anda bisa kembali mengompres wajah dengan air hangat untuk kemudian membersihkan sisa-sisa komedo dari hidung dengan bantuan alat pembersih komedo manual yang berbentuk tangkai panjang dengan ujung lingkaran logam tipis atau capit yang tidak tajam. Pastikan alat sudah disterilkan sebelum dipakai dan jangan gunakan 

dengan kasar agar tak melukai kulit. Setelah selesai, basuh wajah dengan air dan akhiri dengan penggunaan masker yang berfungsi untuk menutrisi kulit sekaligus menutup pori-pori. Sebagai alternatif, kompres wajah dengan es batu atau air teh hijau yang dibekukan juga dapat dilakukan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter