-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Perubahan kesehatan psikologis wanita selama kehamilan menurut usia

Post a Comment
Perubahan kondisi fisik ibu hamil menurut usia. Wanita hamil akan mengalami perubahan tertentu pada tubuh atau psikologi mereka. Bergantung pada usia kehamilan akan ada perubahan yang berbeda yang harus diperhatikan ibu.

Perubahan kesehatan psikologis wanita

Agar memiliki kehamilan yang sehat, ibu harus memiliki gaya hidup yang stabil serta kesehatannya. Silakan lihat informasi di bawah ini untuk mengetahui tentang Perubahan kesehatan psikologis wanita selama kehamilan menurut usia !

  1. Wanita hamil berusia 20-an

  • Secara fisik

20 adalah usia ideal untuk kehamilan karena tubuh Anda sangat mudah beradaptasi terhadap perubahan selama kehamilan. Secara khusus:

  • Anda akan berisiko paling rendah untuk komplikasi selama kehamilan seperti diabetes gestasional, hipertensi kronis dan preeklampsia.

  • Bayi Anda berisiko rendah terkena sindrom Down atau spina bifida. Pada usia 25 tahun, risiko memiliki anak dengan sindrom Down adalah 1 / 1.250 dan saat berusia 35 tahun adalah 1/378.

  • Setelah melahirkan, Anda akan mendapatkan kembali kekuatan dan memiliki lebih banyak energi untuk dapat merawat dan beradaptasi dengan setiap tahap perkembangan bayi.

Perubahan kesehatan psikologis wanita selama trimester pertama kehamilan

  • Secara psikologis

Sekarang perkawinan adalah sesuatu yang baru bagimu, selain kamu baru memulai karirmu dan banyak teman di sekitar belum punya anak. Jadi sekarang kamu bisa mendapat respon sebagai :

  • Temukan dukungan emosional dari calon ibu lainnya agar Anda bisa lebih memahami kebahagiaan yang Anda miliki dan apa yang Anda butuhkan untuk mempersiapkannya.

  • Konfrontasi emosional dengan cara mengatur antara pekerjaan dan keluarga. Maukah Anda mencoba melakukan keduanya atau akan menunda karir atau belajar lagi?

  • Seorang bayi dapat membuat pasangan yang baru lahir dengan mudah stres dan begitu bayi lahir, Anda dan suami Anda akan sangat sibuk, apakah ada waktu yang tersisa untuk satu sama lain?


  1. Wanita hamil berusia 30-an


  • Secara fisik

Anda memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi. Namun, dengan mayoritas wanita sehat, mereka masih memiliki kehamilan yang sehat di usia ini. Inilah yang perlu diingat:

  • Anda berisiko tinggi terkena diabetes gestasional dan preeklampsia serta bayi Anda lebih rentan terhadap sindrom Down atau kelainan kromosom lainnya. Antara 30 dan 35 tahun, tingkat kelainan kromosom kehamilan adalah 1/200, yang setara dengan risiko keguguran dari amniosentesis. Karena itu, dokter hanya membutuhkan amniosentesis untuk wanita berusia di atas 35 tahun.

  • Jika Anda memerlukan beberapa jenis perawatan untuk bisa hamil, Anda akan cenderung memiliki kehamilan multipel daripada wanita hamil alami.

  • Kemungkinan besar Anda akan menjalani operasi caesar karena kesehatan Anda mungkin tidak cukup untuk kelahiran normal. Dengan wanita berusia 20-an, dokter cenderung lebih sabar dengan persalinan per vaginam dan kemungkinannya kecil untuk menjalani operasi.

Perubahan kesehatan psikologis wanita selama trimester kedua kehamilan

  • Secara psikologis

Wanita berusia 30-an sering merasa lebih siap untuk menjadi ibu dan Anda harus mengetahui hal berikut:

  • Jika ini adalah bayi pertama Anda, Anda memiliki cukup waktu untuk diri Anda sendiri, untuk pernikahan dan Anda telah mencapai tujuan tertentu untuk karir Anda, Anda harus beristirahat dan menghabiskan waktu bersama Anda. Bayi lebih

  • Jika Anda tertarik untuk melihat bagaimana wanita lain hamil, Anda dapat bergabung dengan forum dan organisasi yang relevan dan tidak akan terlalu sulit.

  • Pernikahan Anda berada pada fondasi yang kuat, yang memberi Anda lebih banyak stabilitas dan kepercayaan diri Anda dan juga hubungan Anda yang lain begitu Anda memiliki anak.

  • Pada usia berapapun, bertukar pengalaman dengan ibu lain selalu membantu


  1. Wanita hamil berusia 40-an


  • Secara fisik

Mayoritas ibu hamil benar-benar normal. Namun, risiko komplikasi meningkat setelah usia 40 tahun.

Jika Anda melahirkan banyak kehamilan, risiko kelahiran prematur atau berat lahir rendah akan meningkat.

Risiko janin kromosom abnormal terus meningkat. Pada usia 40, kejadian sindrom Down adalah 1/106.

Jika Anda dalam kondisi sehat, memiliki pola makan yang baik dan tidak memiliki beberapa penyakit pra-kehamilan seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. maka pada umumnya risiko komplikasi kehamilan tidak akan terlalu tinggi. berusia 20 atau 30 tahun

Perubahan kesehatan psikologis wanita selama trimester ketiga kehamilan

  • Secara psikologis

Pastikan Anda sudah siap untuk memiliki bayi saat ini, terutama jika Anda menikah terlambat atau jika Anda sudah bertahun-tahun menjalani perawatan untuk hamil. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda harapkan:

Keyakinan dan kekuatan Anda dalam hidup dapat membantu Anda lebih sabar dalam perawatan bayi Anda.

Bila sudah lama menunggu dan menginvestasikan banyak uang untuk hamil, kemungkinan besar Anda akan menjadi ibu. Namun, Anda perlu ingat bahwa tidak ada yang bisa menjadi ibu 100% sempurna.

Anda mungkin tidak akan memiliki banyak teman dengan anak kecil pada tahap ini, jadi jangan ragu untuk berteman dengan ibu yang lebih muda. Ketika anak-anak menjadi perhatian utama dan cerita yang paling banyak dibicarakan, masalah usia tidak masalah untuk saat ini.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter