Waspadai Tanda-Tanda Ginjal Mulai Mengalami Masalah

Waspadai Tanda-Tanda Ginjal Mulai Mengalami Masalah | Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang memiliki peranan sangat besar di dalam tubuh kita. Karena ginjal inilah yang akan bertugas menyaring cairan atau darah, agar tidak terjadi penumpukan cairan atau zat beracun di dalam tubuh. Karena tugasnya yang berat inilah, maka tak perlu heran jika ginjalpun akhirnya kerap mengalami gangguan. Terlebih jika tidak adanya kesadaran untuk menjaga dan merawat organ ginjal ini. Bahkan banyak dari kita yang terkadang sering mengabaikan adanya tanda-tanda organ ginjal yang mulai mengalami masalah. Akibatnya gejala yang awalnya ringan akhirnya berubah menjadi parah dan semakin serius. Oleh sebab itu cobalah untuk menyadari akan adanya tanda-tanda ginjal mengalami gangguan mulai sekarang. Dan inilah beberapa tanda ginjal yang mulai bermasalah.

Waspadai Tanda-Tanda Ginjal Mulai Mengalami Masalah

Inilah Tanda-Tanda Ginjal Mulai Mengalami Masalah.

  1. Mudah Lelah.

Terkadang aktivitas yang terlalu padat menjadi sebuah alasan yang logis untuk kita mengalami lelah atau cape. Namun jika ternyata rasa lelah dan lesu ini terus mengganggu dan seringkali datang meskipun kita sudah membatasi rutinitas kita, maka sebaiknya waspadalah. Karena cepat merasa lelah dapat menjadi salah satu tanda adanya ginjal yang mulai bermasalah. Saat ginjal mengalami gangguan, maka akan terjadi penumpukan racun atau kotoran dalam tubuh, yang akhirnya mengalir ke dalam darah dan menjadikan tubuh lebih cepat merasa lelah serta kehilangan konsentrasi.

  1. Mengalami Insomnia.

Adapun tanda-tanda ginjal yang mulai bermasalah yaitu timbulnya masalah insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Adanya penumpukan kotoran atau racun di dalam tubuh inilah yang membuat kita sulit untuk cepat terlelap. Biasanya tubuh yang banyak menyimpan kandungan racun cenderung akan lebih mudah mengalami stres. Dan karena stres ini pula yang akhirnya membuat gangguan tidur, dan juga masalah obesitas. Perlu untuk diketahui, bahwa obesitas memang mempunyai keterkaitan pada penderita penyakit ginjal yang sudah parah.

  1. Timbul Masalah Kulit.

Umumnya orang yang mengalami permasalahan pada organ ginjalnya maka akan menderita penyakit kulit seperti kulit yang terasa gatal dan juga kering. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan racun dan kototan yang tidak dapat dikeluarkan dengan baik oleh organ ginjal. Selain itu, tugas lain dari ginjal adalah untuk mendukung proses produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan kadar mineral tubuh dan juga melindungi kesehatan tulang. Sehingga apabila terjadi masalah pada tulang dan terjadi ketidakseimbangan pada kadar mineral dalam tubuh maka kulitpun akan menderita gatal dan juga kering.

  1. Sering Buang Air Kecil.

Satu tanda ginjal mengalami gangguan yang sangat mudah untuk dikenali adalah terjadinya permasalahan seringnya buang air kecil, khususnya pada malam hari. Ketika ginjal tidak dapat lagi menyaring cairan atau racun maka secara otomatis tubuh akan memberikan reaksi seperti ingin terus buang air kecil. Timbulnya keinginan untuk terus buang air kecil juga menjadi tanda adanya masalah di bagian saluran kemih atau gejala masalah prostat untuk laki-laki. Ginjal memiliki tugas untuk memproduksi air seni, dan jika tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik maka pola buang air kecilpun menjadi terganggu. Bahkan walaupun tidak banyak meminum air putih, tetap akan membuat frekuensi buang air kecil ini menjadi meningkat.

  1. Air Seni Bercampur Darah.

Adapun tanda-tanda organ ginjal mulai mengalami masalah yaitu dapat diketahui dengan adanya air seni yang bercampur dengan darah. Ketika ginjal sehat maka akan menjaga sel darah merah tetap berada didalam tubuh dan tidak akan bisa keluar bersama dengan air seni. Air seni yang kita keluarkan merupakan zat beracun atau kotoran yang telah disaring oleh organ ginjal ini. Dan saat ginjal mendapat gangguan maka akan membuat sel darah merah mengalami kebocoran dan akhirnya masuk kedalam air seni ini. Dan hal inilah yang akan membuat air seni bercampur dengan darah pada saat dikeluarkan oleh tubuh. Ginjal yang mengalami masalah tidak hanya akan membuat urin bercampur dengan darah, tetapi juga akan menimbulkan urin yang berbusa.

  1. Terjadi Pembengkakan.

Terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh juga dapat menjadi tanda organ ginjal yang mulai mengalami masalah. Sebab akibat fungsi ginjal yang tidak bisa berjalan dengan baik akan memicu terjadinya retensi sodium. Hal ini akan mengakibatkan masalah pembengkakan di bagian tubuh tertentu seperti pada tangan, kaki, dan juga wajah. Pembengkakan ini merupakan akibat dari ketidakmampuan organ ginjal dalam mengeluarkan cairan atau racun dari dalam tubuh. Apabila cairan ini terus menumpuk, maka akan menimbulkan pembengkakan, dan jika tidak secepatnya mendapatkan perawatan maka dapat berisiko pada komplikasi di organ jantung dan juga hati.

Demikian penjelasan mengenai tanda-tanda ginjal mengalami masalah, yang sebaiknya harus kita waspadai.