Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil - Saat menjalani masa kehamilan, ternyata muncul beberapa keluhan-keluhan yang cukup mengganggu bunda. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh bunda adalah asam lambung naik saat hamil, saat ini terjadi dapat dua kemungkinan keluhan yang dialami bunda yakni maag dan juga heartburn. Saat bunda hamil di minggu-minggu awal, akan sering mengalami mual dan pengurangan rasa nafsu makan. Jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus bunda dapat terserang maag, atau bunda sudah mempunyai riwayat maag sebelumnya sehingga akan lebih memperburuk kondisi dan sangat mengganggu. Munculnya maag selama proses kehamilan disebabkan oleh asam lambung tinggi selama hamil. Selain itu, maag yang muncul juga disebabkan karena hormon-hormon selam hamil.
Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil
Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil
Jika bunda mengalami rasa mual dan pengurangan nafsu makan, bahkan diperparah hingga bunda tidak makan sama sekali akibat rasa mual tersebut itu semua dikarenakan pengaruh hormon progesterone. Hormon ini akan mengakibatkan penumpukan gas yang terjadi di saluran pencernaan sehingga mengganggu kondisi nafsu makan bunda yang mengakibatkan bunda selalu merasa kenyang. Beberapa cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil berikut dapat bunda coba untuk mengurangi resiko terserang maag saat proses kehamilan. Jika asam lambung naik saat hamil cukup mengganggu dan bahkan dapat menjadi memperburuk kondisi bunda jika dibiarkan saja, lebih baik mengatasinya dengan tips-tips berikut:
  • Hindari stress selama proses kehamilan. Selain bunda harus menjaga tekanan fisik bunda juga harus menghindari tekanan psikis, karena kondisi ini akan memperburuk kesehatan bunda dan memicu naiknya asam lambung.
  • Hindari maag dengan membiasakan dan sebisa mungkin untuk melakukan sarapan pagi. Jika banyak yang dikeluhkan oleh bunda dengan adanya morning sickness maka atasi terlebih dahulu dengan minum air putih hangat dan buatlah sarapan yang lebih variatif lagi. Sehingga, bunda tetap dapat sarapan di pagi hari untuk menghindari asam lambung naik saat hamil.
  • Ketika rasa mual datang dan nafsu makan tiba-tiba menurun maka bunda dapat mensiasatinya dengan lebih melakukan makan dalam porsi kecil namun sering dilakukan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya naiknya asam lambung tidak semata-mata berakibat pada maag namun juga heartburn, namanya cukup keren namun sesungguhnya ini adalah keluhan yang sering dialami oleh bunda seperti rasa panas dan terbakar ataupun tertusuk-tusuk pada bagian dada atau ulu hati. Peyebabnya tak lain adalah asupan makanan yang sudah bunda konsumsi yang telah masuk ke lambung terdesak oleh rahim yang sudah kian membesar sehingga kembali ke kerongkongan. Karena makan tadi sudah bercampur dengan asam lambung naik saat hamil maka akan berubah menjadi bersifat asam.

Asam lambung naik ke dada dipicu beberapa hal salah satunya adalah pengaruh meningkatnya hormon. Berikut beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mengatasinya yang menyebabkan rasa panas di dada serta rasa tertusuk-tusuk di ulu hati. Beberapa cara tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi maag tadi dengan mengatur pola makan bunda yang lebih sering makan dalam porsi yang lebih sedikit. Selanjutnya cara-cara lain adalah sebagai berikut untuk asam lambung naik saat hamil:
  • Hindari makan-makan yang dalam memicu munculnya heartburn, merupakan salah satu cara yang baik agar heartburn dapat diminimalisir secara maksimal. Makan-makan tersebut adalah makanan yang banyak mengandung lemak, dimasak dengan bumbu-bumbu yang sangat tajam, makanan yang sangat pedas, serta hindari minuman-minuman yang mengandung kafein serta soda.
  • Hindari makan langsung berbaring, artinya setelah makan langsung tidur, kebiasaan ini akan menyebabkan asam lambung naik saat hamil, bahkan akan naik dengan cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Setelah bunda makan baiknya duduk selama kurang lebih 2 jam terlebih dahulu sebagai jeda waktu setelah makan.
  • Bunda dapat mengatasinya dengan mengunyah permen karet, jika keluhan heartburn sudah bunda alami jangan langsung mengatasinya dengan minum obat bunda dapat memilih dengan mengunyah permen karet.

Demikianlah tadi beberapa cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil bagi anda yang memiliki keluhan asam lambung saat hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, salam sehat selalu ya bund!