Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan

Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan

Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan - Bayi yang berada di dalam kandungan sang ibu juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya yang sempurna. Bayi mendapatkan nutrisi melalui tali plasenta yang tersambung dengan sang ibu. Namun, tahukah bahwa tali plasenta tidak hanya berfungsi untuk menyalurkan sari makanan dari ibu kepada janin yang dikandung. Ternyata ada Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan yang lain yang perlu diketahui oleh ibu hamil.

Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan Yang Perlu Diketahui
Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan
Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan
Plasenta memiliki peranan penting dalam menutrisi janin dalam rahim. Gizi yang diperoleh janin berasal dari sumber makanan yang dimakan oleh ibu yang disalurkan melalui plasenta. Zat gizi ini adalah hal sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin, sehingga apabila terjadi gangguan pada plasenta maka bisa berdampak bagi janin. Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan memang memiliki peranan yang penting. Namun selain menyalurkan makanan, ada beberapa fungsi plasenta yang lain bagi pertumbuhan janin. Berikut manfaat plasenta bagi bayi dalam kandungan yang perlu ibu hamil ketahui:

Plasenta Sebagai Tempat Pertukaran Ekskresi

Janin yang mendapatkan nutrisi dari ibu juga harus mengeluarkan sisa metabolisme dari sisa makanan yang janin terima, jika tidak dikeluarkan maka sisa metabolisme tersebut akan menjadi racun bagi janin. Melalui plasenta tersebut janin mengeluarkan sisa metabolisme yang sudah tidak terpakai. Sisa metabolisme ini melalui plasenta akan menuju pada sistem aliran darah ibu dan diproses di ginjal untuk dikeluarkan melalui jalur ekskresi ibu.

Plasenta Sebagai Tempat Perkuatan Sistem Imun Pada Bayi

Fungsi plasenta yang lain adalah sebagai tempat perkuatan sistem imun pada janin dari berbagai serangan virus dan bakteri. Karena janin belum memiliki sistem imun sendiri, maka sistem imun pada janin berasal dari sang ibu yang dihubungkan oleh plasenta.

Plasenta Sebagai Tempat Distribusi Oksigen

Sama halnya dengan kita, janin di dalam rahim ibu juga membutuhkan oksigen untuk tumbuh kembang janin. Oksigen ini berfungsi untuk melancarkan segala macam proses metabolisme dalam tubuh janin yang terjadi pada sel dan jaringan tubuh janin. Kurangnya asupan oksigen yang diterima oleh janin juga akan berpengaruh terhadap perkembangan janin.

Plasenta Sebagai Tempat Penyaluran Nutrisi Bagi Bayi

Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan adalah sebagai tempat penyaluran sumber nutrisi yang diperlukan oleh bayi dalam tubuh. Nutrisi ini berfungsi untuk tumbuh dan berkembangnya janin. Penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan nutrisi yang diasup karena juga akan berpengaruh terhadap janin yang sedang dikandung. Karena plasenta tersebut terhubung dengan aliran darah ibu, maka apa yang dikonsumsi oleh ibu juga akan secara tidak langsung ikut terkonsumsi oleh janin yang dikandung. Hendaknya makan makanan yang bergizi agar sang calon bayi mendapatkan nutrisi yang tepat sehingga tumbuh kembangnya juga sempurna.

Demikianlah beberapa Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan. Terdapat beberapa fungsi yang mengejutkan dari plasenta yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Bahwa yang diketahui bahwa plasenta hanya sebagai penyalur makanan dari ibu kepada janin yang dikandung. Setelah mengetahui beberapa fungsi plasenta, hendaklah bagi para ibu hamil untuk lebih memperhatikan asupan makanan agar janin yang dikandung mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang bayi yang sempurna. Kurangnya gizi yang diperoleh oleh janin akan menyebabkan gangguan tumbuh kembang bayi. Kurangi makanan yang mengandung kafein dan perbanyak sayur dan buah serta air putih yang cukup untuk pasokan oksigen bagi janin. Semoga informasi ini bermanfaat anda, khususnya bagi para ibu hamil.

Fungsi Plasenta Bagi Bayi Dalam Kandungan | MAM | 5