-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Pengobatannya

Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Pengobatannya - Penyakit asam urat adalah bentuk peradangan (Arthritis) yang menyebabkan serangan yang parah tiba-tiba,rasa sakit, nyeri, kemerahan, kehangatan, dan pembengkakan (inflamasi) pada beberapa sendi. Arthritis yang merupakan peradangan menyakitkan dan pembengkakan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam tubuh. Tingkat darah asam urat biasanya tinggi pada orang dengan asam urat karena mereka menghasilkan jumlah yang berlebihan. Gejala pertama dari arthritis asam urat biasanya tiba-tiba mengalami sendi, panas merah, bengkak. Sendi yang paling umum terlibat adalah di dasar jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, tapi hampir semua sendi dapat terlibat (misalnya, lutut, pergelangan kaki, dan sendi kecil dari tangan). Pada beberapa orang, rasa sakit akut begitu kuat. Serangan awal biasanya berlangsung hanya beberapa hari dan paling sering menyerang pada jempol kaki, tapi pada penderita tertentu waktu rasa sakit bisa bertahan lebih lama, mempengaruhi sendi lainnya, atau bahkan beberapa sendi sekaligus pada waktu bersamaan. Hal ini juga dapat dikaitkan dengan batu ginjal. Di antara banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko asam urat atau penyebab asam urat adalah alkohol. Makanan tertentu juga dapat memicu asam urat, meskipun hal ini kurang diperhatikan oleh masyarakat sekarang.
Penyakit Asam Urat
Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab Penyakit Asam Urat

Asam urat pernah salah dianggap sebagai penyakit yang sering menyerang orang kaya dan terkenal, karena disebabkan oleh makan terlalu banyak meminum anggur berkualitas. Meskipun diet dan minum alkohol yang berlebihan dapat mempengaruhi pada penyebab asam urat, tapi sebenarnya bukan itu penyebab utama penyakit ini.

Asam urat merupakan hasil dari penumpukan abnormal dari kristal urat natrium  pada sekitar tulang rawan sendi dan kemudian dikeluarkan ke dalam cairan sendi. Kristal urat juga dapat terbentuk di ginjal bisa menyebabkan batu ginjal. Asam urat berasal dari pemecahan alami RNA dan DNA (materi genetik dalam sel). Beberapa makanan mengandung sejumlah besar asam urat, terutama pada daging merah dan organ internal (seperti hati dan ginjal), minyak ikan dan kerang.

Asam urat yang dalam jumlah normal bisa terlarut dalam darah, dengan mudah melewati ginjal, dan dikeluarkan dari tubuh biasanya dalam bentuk urin sebagai sampah. Asam urat dalam jumlah tinggi akan terkumpul di sendi dan membuat orang lebih mungkin untuk mengembangkan terkena serangan asam urat.

Makanan yang Menyebabkan Asam urat

Beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari pengurangan makanan yang kaya purin. Makanan yang termasuk golongan ini adalah bir dan minuman beralkohol lainnya, teri, sarden (dalam bentuk minyak ikan), telur ikan, ikan haring, ragi, daging organ (misalnya, hati, ginjal), kacang-kacangan (misalnya, kacang kering, kacang polong, dan kedelai), ekstrak daging, consommé , gravies, jamur, bayam, asparagus, kembang kol, dan burung. Mengurangi berat badan bisa membantu mengurangi kadar asam urat pada orang-orang yang bermasalah dengan berat badan.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Terdapat dua konsep kunci penting untuk mengobati asam urat. Pertama, perlu diingat untuk mengatasi peradangan akut dari sendi yang terkena radang sendi yg menyebabkan encok. Kedua, adalah kegiatan untuk mengontrol terus menerus penyakit ini untuk mencegah serangan di masa depan peradangan akut dan mengecilkan endapan kristal urat natrium dalam jaringan.

Menjaga konsumsi cairan yang cukup membantu mencegah serangan penyakit asam urat. Asupan cairan yang cukup telah terbukti dapat mengurangi penyebab terjadinya batu gintal di organ penderita. Alkohol diketahui memiliki efek diuretik yang dapat berkontribusi terhadap dehidrasi serta pengendapan yang menyebabkan serangan asam urat akut. Alkohol terbukit telah mempengaruhi metabolisme asam urat bisa kemungkinan menyebabkan hyperuricemia. Oleh sebab itu, alkohol mempunyai dua efek utama yang bisa memperburuk asam urat sebagai resistan (penghambat) ekskresi asam urat di ginjal serta dengan menyebabkan dehidrasi, dimana ini keduanya mempengaruhi terjadinya yaitu pengendapan kristal asam urat dalam sendi.

Diet Sehat

Perubahan pola makan bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Karena bahan kimia purin dikonversi oleh tubuh menjadi asam urat, makanan yang kaya purin dihindari. Contoh makanan yang kaya purin termasuk daging kerang dan organ seperti hati, otak, ginjal, dan roti manis. Jika seseorang mengkonsumsi daging atau makanan laut bisa menyebabkan persentase serangan asam urat meningkat berdasarkan kesimpulan para peneliti, sedangkan konsumsi susu  mampu mengurangi risiko. Protein asupan purin atau kaya konsumsi sayuran tidak berhubungan dengan peningkatan risiko asam urat. Asupan alkohol menjadi faktor kuat dalam peningkatan risiko asam urat (bir dan minuman keras adalah faktor yang sangat kuat). Fruktosa dari sirup jagung dalam minuman ringan juga meningkatkan risiko asam urat. Perlu dicatat bahwa bahkan diet terbaik yang menghindari makanan dan minuman yang meningkatkan risiko asam urat hanya akan menurunkan kadar asam urat oleh 1 mg / dL. Dengan melakukan olah raga rutin diharapkan bisa menurukan berat badan yang bisa mengurangi terhadap risiko serangan asam urat berulang.

Meskipun belum ada obat yang pasti bisa menyembuhkan, kebanyakan orang dengan asam urat dapat tetap menjalani kehidupan normal asal bisa tetap mengontrol kadar asam urat. Pengobatan dapat terdiri dari satu pengobatan atau kombinasi pengobatan.

Pada tubuh sebenarnya sudah ada fungsi untuk membersihkan asam urat yaitu ginjal tetapi memiliki fungsi ginjal yang bagus juga tergantung dari faktor keturunan. Pada akhirnya, setiap anggota  keluarga tidak akan mengalami penyakit asam urat yang sama walaupun salah salah dari anggota keluarganya mengalami penyakit ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter