Ketahui 8 Jenis Makanan Penambah Darah Rendah

Ketahui Jenis Makanan Penambah Darah Rendah – Seharusnya beragam jenis makanan maupun buah-buahan yang mampu menambah darah senantiasa ditambahkan sebagai menu makanan wajib dalam setiap harinya. Buruknya banyak orang yang mengabaikan, kemungkinan menganggap makanan tersebut tidaklah berpengaruh pada tubuh. Padahal jika asupan zat besi tidak mencukupi dapat meningkatkan masalah kesehatan yang baru.

Salah satu faktor yang membuat tubuh anda lebih lemah dari biasanya adalah kekurangan sel darah merah atau gejala anemia. Sudah jelas hal tersebut akibat  asupan zat gizi tidak dipenuhi dan diserap baik oleh tubuh. Selain kekurangan zat besi, juga kurangnya asam folat dan Vitamin A, B12 dan C. Untuk mengatasinya tidak hanya menggunakan obat-obatan, sebaiknya konsumsilah makanan penambah darah rendah seperti berikut ini.

Ketahui Jenis Makanan Penambah Darah Rendah

1. Daging Merah
Adapun beberapa golongan daging merah adalah daging sapi, kambing, kerbau dan domba. Meskipun daging merah memiliki kolesterol tinggi dan zat karsinogen, sehingga menjadikannya selalu dikatakan bahwa daging merah penyebab dari berbagai penyakit. Menurut study ada porsi yang tepat dalam mengonsumsi daging merah supaya tidak berbahaya untuk kesehatan, yakni konsumsi 70 gram daging merah per hari.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah jenis seafood yang mengandung vitamin B12 sangat tinggi, sehingga mampu membantu dalam menangani penderita anemia. Selain itu, vitamin B12 yang masuk ke dalam tubuh dapat membelah sel dan menjaga sistem saraf  beserta sel. Hal ini dibutuhkan dalam pemprosesan bentuk dari DNA.

3. Kacang Almond
Kacang almond maupun biji almond banyak mengandung zat besi yang mampu memberikan pengoptimalan dalam mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Nah, sebaiknya anda harus mengonsumsi satu ons dari kacang almond dalam setiap harinya,  karena akan dapat mencukupi kebutuhan zat besi harian anda.

5. Sawi
Sayuran yang diperlukan oleh penderita anemia adalah jenis sayuran yang kaya akan zat hijau daun atau klorofil. Salah satunya terdapat pada sayuran sawi hijau atau sawi putih. Hal ini karena kandungan di dalamnya berupa vitamin A, B, dan C yang bermanfaat dalam meregenerasi sel darah merah. Bukan hanya itu, di dalam sayur sawi juga ditemukan mineral, sebut saja kalium, magnesium dan potassium.

6. Kembang Kol dan Bunga Kol
Beberapa kandungan zat gizi di dalam sayuran yang satu ini sama halnya dengan sayuran brokoli. Manfaat yang di dalamnya mampu meregenerasi hemoglobin (Hb) dengan sangat baik. Sayuran berwarna kehijauan ini juga mengadung asupan yang penting bagi tubuh di antaranya yakni kalsium, kalium, protein, thamine dan niasin.

7. Buah Jeruk
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah Jeruk akan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita anemina. Hal tersebut karena mampu memperbanyak sel darah merah di dalam tubuh. Selain vitamin C, buah jeruk ini juga mengantongi kandungan lain yang berupa asam folat, antioksidan dan serat.

8. Buah  Stroberi
Buah stroberi sangat dibutuhkan secara lebih oleh tubuh, terutama bagi penderita kekurangan darah. Adapun kandungan di dalam buah strowberi adalah vitamin C dan Vitamin B9 atau  dikenal dengan asam folat. Tentunya anda harus mengonsumsi buah ini yang rasanya asam-asam manis dimana ciri fisiknya berwarna merah.

Anda harus rajin mengonsumsi jenis makanan daging, seafood, sayuran dan buah-buahan yang telah disebutkan  di atas, lantaran telah terbukti baik akan kandungan dan manfaat baik dalam menambah darah rendah.