Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

Apabila dibandingkan dengan beras putih, ternyata manfaat beras merah untuk diet dinilai jauh lebih baik. Walaupun nasi yang berasal dari beras putih sangat bergunauntuk kesehatan tubuh, akan tetapi beras putih ternyata kurang cocok untuk dijadikan menu dalam program diet. Beras putih mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B, asam amino, serat, dan juga karbohidrat kompleks, akan tetapi apabila Anda sedang menjalani prograam diet, umumnya Anda bakal dianjurkan untuk kurangi konsumsi dari karbohidrat, terutama karbohidrat yang berasal dari nasi. Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, namun tetap ingin mengkonsumsi nasi, Anda bisa menggunakan beras merah untuk menggantikan beras putih yang biasa Anda konsumsi.

Manfaat Beras Merah untuk Diet


Seperti yang telah diketahui oleh masyarakat umum, apabila dilihat sekilas beras merah terlihat sama saja dengan beras putih, yang membedakan adalah terletak dari warnanya. Perbedaan lainnyaadalah harganya, beras merah relatif lebihmahal, karena beras merah merupakan jenis beras yang jarang dibudidayakan. Beras merah memiliki beberapa keunggulan apabila dibandingkandengan beras putih. Namun beras merah memiliki tekstur yang lebih keras, sehingga untuk memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu rasa dari beras merah juga tidak seenak beras putih, sehingga masih banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsinya.

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, manfaat beras merah untuk diet lebih banyak apabila dibandingkan beras putih, sebab beras merah memiliki kandungan zat antosianin yang beradadi lapisan merah yang terdapat pada beras merah. Antosianin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari antioksidan, antiglisemik, antikanker dan antihipertensi. Selain itu beras merah juga rendah akan kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Beras Merah untuk Diet Sehat yang Alami



  • Dapat membuat kenyang lebih lama

ketika Anda ingin berhasil melakukan diet dengan cara yang alami, mengkonsumsi beras merah untuk diet sangat baik untuk dilakukan, karena beras merah yang banyak mengandung karbohidrat kompleks begitu dianjurkan untukdapat bikin Anda lebih lama merasa kenyang.


  • Baik untuk pencernaan

Ketika Anda sedang menjalani program diet, mungkin Anda akan dibingungkandengan menu makanan apa saja yang harus Anda konsumsi, sebab biasanya terdapat banyak pantanganmakanan spesifik yg tidak bisa Anda konsumsi. Beras merah selain baik untuk membantu program diet, juga mempunyai kandungan serat 6 kali lebih banyak apabila dibandingkan dengan beras putih. Oleh karena itu beras merah sangat baik untuk melancarkan pencernaan, mengendalikan gula dalam darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi risiko wasir, serta dapat mencegah timbunan dari kolesterol jahat.


  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beras merah mengandung banyak gizi, seperti zat besi, mangan serta zinc yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah, sehingga dapat menghindarkan Anda dari risiko anemia dan juga sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat, sehingga sangat menyehatkan untuk Anda selama menjalani program diet.


  • Memproduksi sel-sel DNA

Beras merah ternyata juga dapat membantu Anda untu memproduksi sel-sel DNA. Manfaat beras merah untuk diet bisa Anda rasakan apabila Anda mengonsumsinya secara rutin. Namun sebaiknya pada saat mengkonsumsi beras merah abda imbangi dengan mengkonsumsi jus buah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan tubuh, walaupun beras merah memiliki rasa yang kurang enak, serta cara memasak beras ini juga cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun beras merah memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, sehingga beras merah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif makanan pokok untuk Anda yang sedang menjalani diet. Apabila Anda menginkan hasil diet yang sesau dengan keinginan Anda, maka Anda bisa mencoba untuk memasukkan beras merah dalam program diet Anda, Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat mengkombinasikan beras merah dengan sayur-sayuran,buah-buahan, protein, dan berbagai jenis lemak sehat. Jadi, apabila Anda telah mengetahui beberapa fakta tentang manfaat dari beras merah untuk diet dan kesehatan seperti yang telah dijelaskan diatas, semoga Anda dapat mencoba sendiri khasiatnya, sehingga diet yang Anda jalani dapat berjalan lancar dan sehat.