Informasi Lengkap Seputar Kanker Serviks

Ciri-ciri penyakit kanker serviks ini mungkin saja akan sangat sulit untuk bisa dirasakan, umumnya akan lebih terlihat nyata pada saat sudah memasuki stadium lanjut. Penyakit kanker serviks ini dikenal juga sebagai kanker leher rahim, yang lokasinya ada pada jaringan leher rahim. Hal yang demikian inilah yang menjadikannya jadi pembunuh yang paling menakutkan, pada tahapan awal akan sulit untuk bisa dideteksi, akan tetapi apabila baru diketahui pada stadium lanjut akan sangat sulit untuk bisa diobati. Nah, sebelum kami akan membahas lebih dalam lagi mengenai gejala penyakit kanker serviks, sebaiknya kita mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kanker yang sangat berbahaya ini pada wanita.

Faktor penyebab penyakit kanker serviks pada wanita


  • Berhubungan intim dengan banyak orang.
  • Melahirkan banyak anak.
  • Merokok.
  • Menikah di usia muda atau berhubungan intim di usia muda.
  • Memakai kontrasepsi oral atau pil KB.
  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang melemah.
Infeksi HPV ini merupakan salah satu faktor resiko utama yang bisa sebabkan penyakit kanker serviks. Selain dengan faktor yang sudah kami jabarkan di atas, lantas bagaimana gejala penyakit kanker serviks yang sebenarnya?

Stadium awal penyakit kanker serviks

Ciri-ciri penyakit kanker serviks stadium awal ini memang tidak bisa dirasakan, hampir mustahil untuk bisa menemukan adanya tanda-tanda terinfeksi penyakit kanker serviks pada stadium awal. Hal ini dikarenakan tidak adanya tanda yang berarti pada tahapan awal pada penyakit kanker serviks tersebut, wanita sangat disarankan agar melakukan tes rutin seperti dengan melakukan emeriksaan sel HPV pada leher rahim apa normal atau pun tidak. Prognosis yang tak lain adalah kesempatan untuk bisa sembut akan sangat besar, apabila sel tersebut bisa ditemukan di awal. So, apabila Anda telah merasakan bahwasannya mempunyai faktor tinggi untuk terkena penyakit kanker serviks, maka ada baiknya Anda memeriksakan dengan tes pap smear atau pun dengan melakukan screaning lainnya untuk bisa mengetahui adanya pekembangan sel seputar leher rahim.

Stadium sedang penyakit kanker serviks

Pendarahan di vagina
Terjadinya pendarahan di vagina yang tidak teratur atau pun tidak normal ini adalah salah satu ciri paling umum dari penyakit kanker serviks. Pendarahan ini bisa saja terjadi antara periode menstruasi atau pun sehabis berhubungan sek atau pun kapan saja selama tidak berhubungan dengan masa atau pun siklus menstruasi atau haid Anda. Terkadang pendarahan d vagina ini akan menunjukkan terdapat keputihan yang sedikit tercampur dengan darah, selain hal itu pendarahan pada saat menstruasi ini juga bisa berlangsung sedikit lebih lama jika dibandingkan dari biasanya. Pendarahan vagina ini juga bisa terjadi pada wanita menopause yang tak lagi mempunyai periode menstruasi. Ciri utama pendarahan di wagina yang disebabkan oleh penyakit kanker serviks ini diantaranya datang tidak pada periode menstruasi, terjadi di saat berhubungan intim, terjadi sehabis saat menapause, ada kombinasi keputihan di darah, serta juga masa menstruasi yang jauh lebih lama dari biasanya.

Rasa sakit selama berhubungan intim
Bila Anda tidak seperti biasanya pada saat melakukan hubungan intim dan cenderung sangat sakit tanpa diketahui apa penyebabnya. Pastikan Anda langsung konsultasi dengan dokter yang terkait supaya memeriksakan masalah yang sedang Anda hadapi tersebut. Kecenderungan rasa sakit selama berhubungan intim ini jadi salah satu faktor paling tinggi yang bisa sebabkan penyakit kanker serviks.


Rasa nyeri di pinggul
Nyeri di bagian pinggul ini ternyata juga menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam hubungannya yang bisa menjadi salah satu ciri utama penyakit kanker serviks.

Stadium lanjut penyakit kanker serviks

Ciri-ciri paling umum penyakit kanker serviks stadium lanjut ini biasanya sangat terlihat mulai dari fisik hingga degan bentuk tubuh serta perasaa penderitanya. Berikut ini adalah ciri-ciri yang umum terjadi :
  • Sakit di punggung.
  • Neyeri tulang atau pun patah tulang.
  • Kelelahan.
  • Keluarnya urin atau pun feses dari vagina.
  • Nyeri di kaki.
  • Nyeri di panggul.
  • Kaki bengkak.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Menurunnya berat badan.
Itulah tadi informasi lengkap seputar kanker serviks yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.