16 Berbagai Manfaat Daun Kemangi

Untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, daun kemangi menjadi salah satu solusi yang tepat dan juga murah dan terdapat manfaat daun kemangi yang bisa diperoleh. Daun kemangi bisa didapatkan dengan mudah karena banyak dijumpai di berbagai tempat ataupun lebih tepatnya banyak terdapat di kebun ataupun juga taman. Tumbuhan dari daun kemangi bisa memiliki tinggi hingga 1 meter dan memiliki daun hingga panjangnya 5 cm. Tetapi daun kemangi ini lebih terlihat seperti tanaman liar juga terlihat tidak terawat. Aroma yang khas dimiliki oleh daun kemangi sekarang sudah semakin sering untuk dijadikan sebagai penambah bumbu masakan agar semakin lezat.

Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi

Selain sebagai bumbu, manfaat daun kemangi yang lainnya adalah sebagai pelengkap sajian ikan atau ayam goreng yang disajikan bersama mentimun dan juga sambal.  Daun kemangi memiliki banyak manfaat yang bisa diambil di dalamnya. Begitu juga manfaat daun yang lainnya selama ini memang sudah diketahui, tetapi keistimewaan dari daun kemangi adalah bisa menjadikan tubuh semakin sehat dan juga berbagai manfaat daun kemangi yang lainnya. Tetapi sebelum itu, tentu harus mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam daun kemangi.

Kandungan Daun Kemangi

Kandungan yang ada di dalam daun kemangi tentunya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan yang timbul. Baik bagi pria maupun juga wanita dan untuk rentang usia dari balita hingga usia tua. Kandungan yang pertama adalah vitamin C yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dan membantu menyerap nutrisi secara maksimal. Adanya mineral yang terdapat pada daun kemangi juga bisa membantu memperkuat tulang dan memaksimalkan pertumbuhan badan. Selain kalsium juga terdapat fosfor yaitu untuk menjaga kepadatan tulang. Dan juga terdapat kandungan magnesium pada daun kemangi yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah sehingga nantinya bisa menjadikan aktivitas tidak terganggu dan tubuh selalu menjadi sehat dan bugar. Terdapat juga beta karotin yang ada dan memiliki peran untuk menjaga penglihatan agar selalu baik dan juga bisa menjadikan mata rileks.Anti mikroba yang terkandung di dalam daun kemangi juga bisa menjadikan menangkal bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dapat menghindarkan dari infeksi yang bisa timbul. Dan masih banyak beberapa kandungan lain dari daun kemangi yang ada di dalamnya dan akan mendapatkan manfaat daun kemangi yang maksimal dengan konsumsi secara teratur.

Manfaat Daun Kemangi

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari daun kemangi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umunya.

1.     Memperbaiki Aliran Darah

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah memperbaiki aliran darah yang ada di dalam tubuh. Kandungan dari daun kemangi yaitu magnesium berguna untuk menjadikan pembuluh darah menjadi lebih rileks juga bisa mengontrol kerja jantung. Sehingga aliran darah ke seluruh bagian tubuh bisa berjalan dengan lancar.

2.     Kemandulan

Daun kemangi memiliki manfaat untuk mencegah kemandulan. Terdapat sebuah zat yang terkandung di dalam daun kemangi yaitu zat arginin. Zat ini berfungsi untuk membuat sperma yang ada menjadi semakin kuat daya tahannya. Sehingga kemandulan bisa teratasi dengan baik.

3.     Sariawan

Untuk yang sering mengalami sariawan baik karena akibat panas dalam ataupun juga karena tergigit ketika makan, daun kemangi bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Yaitu dengan cara memakan beberapa daun kemangi lalu setelah itu minumlah dengan air hangat.

4.     Menjaga Jantung

Manfaat daun kemangi yang selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan dari jantung. Karena mineral yang ada di dalam daun kemangi baik untuk kesehatan jantung.

5.     Menambah Pertumbuhan

Manfaat daun kemangi bisa menambah pertumbuhan sekaligus juga perkembangan tulang. Kalium dan juga fosfor terdapat pada daun kemangi dan baik untuk tulang. Untuk kamu yang memang memiliki masalah pertumbuhan, daun kemangi ini sangat cocok untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

6.     Kekebalan Tubuh

Untuk yang mudah sakit, daun kemangi bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya zat beta karotin di dalam daun kemangi menjadikan daya tubuh meningkat dan bisa menjadikan sel dalam tubuh mengalami regenerasi dan menjadi lebih baik.

7.     Demam dan Masuk Angin

Daun kemangi bisa meredakan demam dan masuk angin dengan cara dibalurkan kepada bagian tubuh bersama bahan lainnya seperti bawang merah dan minyak kayu putih yang dicampurkan menjadi satu.

8.     Batuk

Ketika tanda – tanda batuk muncul, daun kemangi menjadi solusi yang tepat. Bisa digunakan dengan meminum teh hangat atau dicampurkan pada bumbu masakan yang akan dimasak dan dimakan.

9.     Mata dan Mulut Sehat

Adanya kandungan vitamin A pada daun kemangi menjadikan mulut menjadi segar dan bisa menjadikan mata rileks dan sangat bagus dikonsumsi ketika sebelum tidur.

10.  Penuaan Dini

Daun kemangi bisa menunda datangnya penuaan dini. Adanya kandungan triptofan bisa mencegah penuaan dini yang bisa muncul kapan saja. Tentu konsumsi secara rutin bisa menjadikan khasiatnya semakin terasa.

11.  Anti radang

Daun kemangi bisa menjadikan obat anti radang yang ampuh. Tentu menjadi solusi yang tepat untuk obat anti radang dibandingkan harus membeli obat yang mengandung bahan kimia.

12.  Anti Alergi

Konsumsi daun kemangi bisa menjadikan anti alergi yang baik. Apabila mengalami alergi, daun kemangi bisa menjadi solusi pengobatan yang tepat.

Dan masih ada beberapa lagi manfaat daun kemangi yang masih bisa didapatkan ketika mengonsumsi daun kemangi yaitu adalah sebagai anti stres, dan bisa menjadi sebuah obat untuk perokok aktif karena bisa mengurangi kadar nikotin yang ada di dalam aliran darah. Manfaat daun kemangi lainnya khususnya untuk para wanita, beberapa manfaat dari daun kemangi bisa didapatkandan dengan cara dikonsumsi tentunya.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Wanita

Beberapa manfaat daun kemangi untuk wanita antara lain adalah

1.     ASI

Untuk para ibu yang baru memiliki anak, jika mengalami ASI yang terhambat. Daun kemangi bisa dikonsumsi secara langsung dan rutin.

2.     Keputihan

Daun kemangi ini memiliki manfaat untuk mengatasi bagi wanita yang mengalami keputihan. Kandungan eugenol yang ada pada daun kemangi bisa membunuh bakteri jahat yang ada di dalam organ intim wanita yang mengakibatkan keputihan tersebut.

3.     Sel Telur

Manfaat dari daun kemangi yang selanjutnya adalah daun kemangi bisa merangsang pembentukan dan sel telur menjadi lebih mudah mengalami pembuahan. Sehingga nantinya bisa memiliki anak dengan cepat dan cara yang alami.

Memang daun kemangi akan memiliki manfaat yang baik ketika dikonsumsi secara rutin dan bersih. Bukan hanya dikonsumsi secara langsung, tetapi daun kemangi juga bisa digunakan sebagai tambahan bumbu ataupun juga dicampurkan ke dalam minuman. Karena aroma daun kemangi yang tidak semua orang sukai menyebabkan daun kemangi jarang dikonsumsi dengan rutin. Dan juga daun kemangi bisa dibudidayakan karena sudah terbukti manfaat yang ada di dalam daunnya. Perawatan tumbuhan kemangi juga tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit. Hanya memberikan pupuk secara berkala dan sinar matahari yang cukup maka bisa tumbuh dengan maksimal. Sehingga bisa dikonsumsi secara rutin dan mendapatkan manfaat daun kemangi tentunya.