13 Manfaat Buah Zaitun

Sekilas Buah Zaitun

Buah ini berasal dari dataran Mediterania.Buah ini diperkirakan sudah ada sejak 8000 tahun silam. Pada masa kerajaan Mesopotamia, Sumeria dan Asyria buah ini adalah komoditas perdagangan yang dijual dengan harga tinggi. Bahkan hingga saat ini pun, buah zaitun merupakan komoditas ekspor negara-negara Timur Tengah seperti Suriah, Yordania, Irak hingga Qatar. Buah zaitun tumbuh di wilayah iklim tropis dan iklim sedang seperti Laut Tengah, Asia dan Afrika.

Secara binomial, buah zaitun adalah anggota suku oloceae. Buah ini berasal dari pohon Oleo Europea. Pohon ini termasuk pohon yang berumur panjang. Pohon zaitun adalah pohon tahunan dan sering disebut pohonh hijau abadi. Hal ini dikarenakan umurnya bisa mencapai ribuan tahun.  Pohon zaitun memiliki bunga cantik berbentuk lonceng.

Buah zaitun dapat dimakan mentah ataupun setelah pengawetan. Buah zaitun dapat diambil minyaknya setelah melalui proses pemanasan dan pemerasan. Buah zaitun dapat dijadikan minyak yang berguna merawat kecantikan. Pernahkah anda mendengar nama Ratu Cleopatra dari Mesir?Ratu Cleopatra sangat terkenal akan kecantikannya. Nah, ratu tersebut menjadikan buah zaitun sebagai bahan dasar kosmetik untuk merawat kecantikannya.

Buah zaitun memiliki kandungan triasilgliserol. Triasilgleserol adalah sejenis lemak tak jenuh tunggal dari kelompok omega 9 (asam oleat). Asam oleat di dalam buah zaitun mencapai 55-83% kandungan buahnya. Perlu diketahui, keberadaan omega 9 ini lebih besar manfaatnya dibanding omega 6 dan 3. Selain itu, buah zaitun kaya akan vitamin E yang berguna dalam merawat kulit, rambut dan tulang.

Di dalam 1 sendok minyak zaitun terkandung 119 kalori dan 14 gram lemak. Minyak ini terbuat dari buah zaitun yang dipanaskan. Dengan komposisi kalori yang besar, minyak zaitun dapat menjadi pengganti makanan berat pada saat-saat tertentu. Saat ini, buah Zaitun biasanya dikonsumsi dalam bentuk makanan siap saji seperti topping  pizza dan salad.

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun

13 Manfaat Buah Zaitun

Buah zaitun kaya manfaat. Buah ini dapat menjadi penyembuh bagi banyak penyakit ringan maupun berat. Dalam ilmu kedokteran modern, buah zaitun semakin sering dipakai sebagai campuran komposisi pil/tablet tertentu. Pada uraian berikut, akan dibahas 10 manfaat buah zaitun bagi manusia.

  • 1.     Buah zaitun anti penuaan dini

Buah zaitun memiliki antioksidan yang banyak. Keberadaan antioksidan tersebut dapat menjaga kesehatan sel kulit dan jaringan. Selain itu, antioksidan buah zaitun dapat mempertahankan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah penuaan dini.

  • 2.     Buah zaitun pencegah Asma

Buah zaitun memiliki manfaat untuk membersihkan paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan vitamin C yang besar di dalam buah zaitun dapat membunuh kuman-kuman penyebab terjadinya radang pada paru-paru.

  • 3.     Buah zaitun adalah obat mata

Mata yang sudah mulai kabur sebaiknya diberi tambahan asupan gizi alami ala buah zaitun ini. Sebab, buah zaitun memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A yang dimiliki buah zaitun dapat memperbaiki daya penglihatan yang menurun.

  • 4.     Buah zaitun adalah obat diabetes

Buah zaitun ternyata mampu mengikat gula berlebih di dalam pankreas untuk kemudian dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Buah zaitun juga berkhasiat memelihara kandung empedu dari penumpukan lemak jahat.

  • 5.     Buah zaitun mencegah penyakit jantung

Buah zaitun dapat mencahar lemak jahat di dalam tubuh terutama pada pembuluh kapiler jantung. Buah ini dapat mengoptimalkan peredaran darah dari dan ke luar jantung. Mengkonsumsi buah zaitun pada kadar tertentu secara teratur dapat menyembuhkan penderita jantung koroner.

  • 6.     Buah zaitun dapat merawat kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang cukup besar di dalam satu butir buah zaitun dapat mengencangkan kulit bahkan di atas usia 40 tahun. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak buah zaitun ke kulit sebelum tidur secara rutin.

  • 7.     Buah zaitun anti jerawat dan komedo

Buah zaitun memiliki antioksidan yang dapat membersihkan jerawat dari luar maupun dari dalam. Penggunaan buah zaitun dari luar dilakukan dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada wajah selama lebih kurang 10 menit sehabis mandi. Setelah itu bilas dengan air bersih.

  • 8.     Buah zaitun dapat membuat rambut tumbuh lebih subur

Buah zaitun memiliki vitamin E yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan rambut. Biasakan membasuh kulit kepala dengan minyak zaitun selama 20 menit sebelum mandi. Rambut tebal dan hitam akan didapat dalam waktu cepat.

  • 9.     Buah zaitun anti kanker


Buah zaitun mengandung zat yang disebut Lutein. Lutein berfungsi sebagai anti radikal bebas penyebab kanker di dalam organ tubuh. Berbagai jenis kanker seperti kanker hati, pankreas, lambung, payudara dan lainnya dapat disembuhkan dengan buah zaitun ini.

  • 10.  Buah zaitun memperlancar pencernaan

Buah zaitun dapat membantu pencernaan lebih cepat. Selain itu, buah zaitun dapat menstimulus usus untuk menghasilkan lendir yang berguna dalam pendistribusian sampah ke usus dua belas jari.

  • 11.  Buah zaitun adalah obat anemia

Anemia atau yang biasa disebut gejala kurang darah ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah zaitun secara teratur. Buah zaitun dapat mengobati anemia lantaran mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dengan zat besi tersebut, produksi sel darah merah di dalam tubuh dapat lebih optimal.

  • 12.  Buah zaitun mengobati osteoporosis

Osteoporosis adalah pengurangan kepadatan tulang. Dalam hal ini, kandungan zat besi ala buah zaitun dapat mempertahankan sel-sel tulang yang mulai rusak agar menjadi normal kembali.

  • 13.  Buah zaitun membantu pertumbuhan Balita hingga remaja

Anak-anak usia 5-10 tahun membutuhkan zat besi yang cukup banyak guna menunjang pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Untuk itu, mengkonsumsi buah zaitun dapat membantu pertumbuhan anak-anak secara lebih optimal.

Buah zaitun atau yang sering juga disebut olive oil ternyata memiliki beragam fakta menarik. Pada 1492, Colombus membawa buah zaitun untuk pertama kalinya ke banua Amerika. Berikutnya, dalam sejarah Romawi kuno, para ibu hamil di Kota Roma biasanya mengoleskan minyak zaitun ke kulit guna mecegah munculnya stretch mark. Lain lagi dengan wanita Yunani Kuno yang menjadikan buah zaitun sebagai kosmetik untuk eyeshadow.Para atlet Yunani selama Olimpiade kala itu menjadikan minyak zaitun sebagai sabunpelumas kulit sebelum berkompetisi. Lebih ekstrim lagi, para mayat di Yunani justru diberi balsem yang terbuat dari minyak zaitun guna menghindari bau busuk.

Saat ini, keberadaan minyak zaitun yang berasal dari buah zaitun ini dinaungi oleh sebuah organisasi internasional yang disebut The International Olive Oil Council (IOC).Organisasi tersebut bermarkas di Kota Madrid, Spanyol. Organisasi ini beranggotakan 23 negara di seluruh dunia. Sebanyak 86% negara-negara yang bergabung di dalam IOC ini  adalah penghasil buah zaitun. Tujuan organisasi ini adalah mengelola standar dan kualitas minyak zaitun yang beredar di pasar dunia. Dengan keberadaan organisasi internasional tersebut semakin menegaskan bahwa manfaat buah zaitun tidak bisa dipandang sebelah mata.