13 Manfaat Buah Rambutan

Mengenal Buah Rambutan

Buah ini memiliki ‘rambut-rambut’ kecil yang melapisi seluruh bagian kulitnya. Warnanya bervariasi, mulai dari merah, oranye, kuning, serta ada yang agak sedikit kecokelatan. Buah ini tumbuh bermusim-musim. Buah rambutan termasuk jenis buah-buahan yang tumbuh di daerah tropis. Dalam bahasa ilmiah buah ini sering disebut ‘Nephelium Lappaceum L’.

13 Manfaat Buah Rambutan

13 Manfaat Buah Rambutan

Buah rambutan memiliki kandungan zat yang dapat mendatangkan manfaat bagi manusia. Buah rambutan kaya akan karbohidrat. Karbohidrat pada buah rambutan dominan terletak pada daging buahnya yang kenyal dan manis. Buah rambutan juga mengandung banyak protein. Protein tersebut juga terletak pada daging buahnya. Kandungan protein buah rambutan dapat dicerna lebih cepat oleh tubuh dibanding kandungan protein hewani seperti daging ayam. Protein ini bermanfaat dalam menghasilkan sel-sel dan jaringan guna menggantikan jaringan yang telah mati. Berikutnya, buah rambutan mengandung banyak mineral penting yang diserap dari dalam tanah seperti kalsium, zat besi, zinc, magnesium, fosfor, antosianin, niacin dan potasium. Buah rambutan juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut termasuk vitamin yang larut di dalam air. Tidak kalah pentingnya, buah rambutan kaya akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

13 Manfaat Buah Rambutan

Seperti telah dijelaskan di awal, buah rambutan mengandung banyak sekali khasiat bagi manusia.  Adapun dalam uraian kali ini, kita akan membahas 13 manfaat buah rambutan bagi manusia. Mau tahu apa saja manfaat buah rambutan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

·         Buah rambutan sebagai pendukung program diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, sebaiknya melibatkan buah yang satu ini. Buah rambutan kaya akan protein dan karbohidrat dengan kandungan kalori tidak terlalu tinggi. Dengan kadar kalori tersebut, buah rambutan dapat menjadi solusi untuk menggantikan makanan berat selama diet.

·         Buah rambutan menjaga kesehatan ginjal

Salah satu kandungan di dalam buah rambutan yang dapat menyehatkan ginjal adalah kadar airnya yang cukup tinggi. Di dalam 1 kg rambutan, minimal terdapat 1,5-2 gelas air (setelah diserap oleh tubuh). Selain itu, buah rambutan adalah buah yang memiliki fungsi detoksifikasi. Detoksifikasi buah rambutan akan menyasar organ ginjal, dikarenakan metabolisme kandungan air di dalam tubuh sudah pasti akan berujung pada organ vital tersebut. Proses detoksifikasi buah rambutan juga dibantu oleh kandungan fosfornya yang cukup tinggi.

·         Buah rambutan dapat menjaga kesehatan kandungan

Para ibu hamil tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah rambutan. Buah rambutan tetap aman bagi tubuh selama dikonsumsi secara tidak berlebihan. Kandungan vitamin A di dalam buah rambutan dapat menambah stamina dan pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil. Dengan sendirinya para ibu hamil akan terhindar dari resiko anemia. Biasanya, ibu hamil sering mengalami kelelahan, letih dan lunglai pada saat kandungannya mulai membesar.

·         Buah rambutan penyembuh hipertensi

Hipertensi berhubungan erat dengan tekanan darah di dalam jantung. Kandungan magnesium dan potasium di dalam buah rambutan dapat menstabilkan peredaran darah di dalam bilik dan serambi jantung sebelum dipompakan ke seluruh tubuh. Jadi, bila anda atau anggota keluarga tergolong pengidap hipertensi, sering-seringlah memakan buah yang satu ini.

·         Buah rambutan anti diare

Hal ini sangat berbeda dengan asumsi dasar sebagian perawat/bidan yang biasanya ‘mengkambinghitamkan’ buah rambutan sebagai penyebab diare. Hal itu jelas keliru! Buah rambutan justru mampu melancarkan pencernaan. Jadi, bila seorang anak sering BAB setelah memakan buah rambutan, itu bukan penyakit!  Hal itu adalah respon tubuh sebagai bagian dari pengobatan buah rambutan. Buah rambutan sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus 12 jari dan mampu menetralkan lambung dari kadar lemak yang cukup tinggi.

·         Buah rambutan anti radang

Peradangan biasanya berawal dari kurang optimalnya penyerapan di dalam organ pencernaan terutama lambung dan usus. Nah, dalam hal ini, kandungan flavonoid di dalam buah rambutan dapat mempercepat penghancuran lemak dan kolesterol pada dinding lambung dan usus. Bila lambung dan usus telah disterilkan, maka dengan sendirinya peradangan apapun akan hilang.

·         Buah rambutan penyembuh kolesterol

Kolesterol jahat adalah momok bagi tubuh. Keberadaan kolesterol ini dapat merusak komponen darah, sel dan jaringan tertentu. Kolesterol muncul akibat metabolisme lemak yang kurang sempurna di dalam lambung. Nah, buah rambutan dapat membantu pencernaan lemak lebih cepat dari biasanya.

·         Buah rambutan menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A di dalam buah rambutan dapat menambah nutrisi bagi sel-sel kulit. Terutama bagi penderita kulit bersisik sangat disarankan memperbanyak memakan buah rambutan.

·         Buah rambutan menyehatkan mata

Ya, selain dapat menyehatkan kulit, kandungan vitamin A di dalam buah rambutan dapat menjaga kesehatan mata. Bagi penderita katarak, rabun dekat dan rabun jauh, buah rambutan dapat membantu membersihkan bagian belakang kornea bila dikonsumsi pada kadar tertentu.

·         Buah rambutan menyembuhkan sariawan

Sariawan muncul dikarenakan tubuh kekurangan vitamin C. Buah rambutan adalah solusi untuk mengatasinya. Sebab, buah yang satu ini kaya akan vitamin C.

·         Buah rambutan pencegah kanker

Buah rambutan tidak saja dapat menyembuhkan penyakit ringan, melainkan juga ampuh dalam menyembuhkan penyakit berat seperti kanker. Kandungan Niacin dan Zinc di dalam buah rambutan dapat mengikat lebih banyak oksigen di dalam darah. Oksigen ini sangat dibutuhkan dalam penyembuhan sel-sel dan jaringan yang diserang oleh kanker. Dalam hal daya tahan tubuh, kandungan vitamin C alami yang dimiliki buah rambutan dapat mempertahankan jaringan yang belum terserang kanker agar tetap normal dan sehat.

·         Buah rambutan menyembuhkan kencing manis

Sejalan dengan kapasitasnya dalam membersihkan ginjal, buah rambutan sekaligus dapat mencegah dan mengobati penyakit kencing manis. Kencing manis berawal dari gangguan yang terjadi di dalam kandung kemih dalam menyaring darah yang dipadati gula. Dalam hal ini, buah rambutan dapat membersihkan cairan limbah dari campuran darah pada dinding organ ginjal sebelum dikumpulkan di kandung kemih. Untuk pengobatan kencing manis ini, yang digunakan adalah biji buah rambutan. Beberapa biji buah rambutan ditumbuk halus, lalu diseduh seperti meminum teh.

·         Daun rambutan adalah obat untuk rambut yang beruban

Bagi anak muda yang sudah beruban, sebaiknya mempraktikkan pengobatan ala daun rambutan ini. Sediakan beberapa helai daun rambutan, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu aduk dengan air hangat secukupnya. Kemudian balurkan ke seluruh kulit kepala, Biarkan selama 20-30 menit. Lakukan hal ini secara teratur 1x2 hari selama beberapa minggu. Banyak orang telah mencoba metode ini dan berhasil menghitamkan kembali rambut yang telah beruban.

Di balik buahnya yang kenyal dan manis itu, buah rambutan ternyata memiliki banyak keistimewaan lain sebagaimana telah diuraikan di atas. Buah yang juga sangat ‘digandrungi’ semut ini memang terbilang istimewa karena dapat menjadi ‘obat yang manis.’ Jarang-jarang ada obat yang rasanya manis. Tapi itu lah kenyataannya. Sekian banyak manfaat buah rambutan ada di balik ‘kemanisan’ rasanya.