Cara Mengobati dan Mengatasi Segala Jenis Penyakit Dengan Daun Sukun

Mengobati dan Mengatasi Segala Penyakit Buah sukun adalah salah tanaman yang mengandung karbohidrat tinggi yang tumbuh di Indonesia. Nama “sukun” berasal dari bahasa jawa yang artinya tanpa biji. Seperti yang diketahui, sukun adalah buah tanpa biji. Sukun memiliki nama berbeda-beda di tiap-tiap daerah. Ada yang menyebutnya kulur atau timbul di daerah sunda, kulu di Aceh dan lain lagi. Dari sekian nama tersebut, buah sukun memiliki bentuk dan rasa yang sama. Tanaman ini berbentuk seperti buah nagka dan memiliki tekstur buah yang empuk dan lembut mirip seperti roti. Sehingga oleh orang barat, buah sukun dijuluki breadfruit. Tak hanya rasanya yang lezat, buah sukun juga memilik kandungan karbohidrat yang tinggi, namun rendah kalori.

Mengatasi Segala Jenis Penyakit Dengan Daun Sukun

Cara Mengobati dan Mengatasi Segala Jenis Penyakit Dengan Daun Sukun

  • Sukun yang biasanya tumbuh dengan tinggi 30 m memiliki bentuk daun yang besar yang mengkilap, sementara di dasar daunnya terasa kasar. Berikutnya kita beralih ke daun sukun yang memiliki khasiat luar biasa. Tak banyak orang tahu bahwa daun sukun memiliki khasiat bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, daun sukun dapat mengobati penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung, gagal ginjal, asam urat, dan banyak lagi. Hal ini dikarenakan daunnya mengandung senyawa yang berkhasiat bagi tubuh seperti asam hidrosionat, polifenol, tannin, quercetin dan artoindosin. Senyawa tersebutlah yang kemudian dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, khususnya senyawa ortoindonesion dan quercetin yang banyak digunakan untuk bahan obat.

  • Daun ini pada awal mulanya, hanya digunakan untuk obat tradisional, mengobati penyakit ringan sepert panu, sariawan dan pegal-pegal. Digunakan untuk obat sariawan dengan cara menghancurkan dan menempelkannya di bagian mulut yang terkena sariawan. Sedangkan untuk mengobati pegal biasanya menggunakan rendaman daun sukun untuk merendam kaki. Seiring berkembangnya era, daun tersebut banyak diteliti dan mampu mengobati berbagai penyakit kronis. komponen aktif obat-obatan. Berikut kami ulas, manfaatnya secara lebih detail.



  • Daun ini dapat mengobati penyakit jantung. Penyakit jantung pada umunya disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Caranya, ambil daun sukun tua dari pohon, cuci bersih, kemudian jemur hingga kering, setelah itu rebus daun sukun menggunakan lima gelas air. Rebusan tersebut kemudian disaring dan minumlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



  • Khasiat lainnya adalah sebagai anti kanker. Hal ini tak lepasa dari kandungan daun sukun tersebut yakni anti-inflamasi atau anti radang. Daun ini bisa untuk mencegah kanker sedini mungkin. Cara meramunya adalah dengan merebus satu lembar daun sukun tua dengan lima gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tambahkan lagi lima gelas air, tunggu sampai mendidih dan tambahkan lagi lima gelas air. Sering melalui proses panjang tersebut, saringlah airnya dan minum secara teratur. 


  • Daun sukun dapat mengobati penyakit ginjal. Daun ginjal dapat mengobati ginjal karena kandungan saponin, asam hidrosianat, polifenal, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol di dalamnya. Dengan mengonsumsinya secara teratur, batu ginjal dapat larut bersama urine. Selain itu terlihat perbaikan pda ginjal berupa hilangnya dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Caranya adalah dengan meminum air rendaman daun sukun.


Sedangkan bagi anda yang menderita asam urat, anda juga bisa memanfaatkan daun sebagai obat yakni dengan cara menyeduh satu genggam daun sukun yang telah dikeringkan. Kemudian tambahkan gula batu atau madu. Tak hanya penyakit itu saja yang bisa disembuhkan, ada berbagai penyakit lain seperti menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah dan mencegah inflamasi dan peradangan. Pilihlah daun yang tua yang berwarna kecoklatan untuk pengobatan. Begitu besar manfaatnya, sehingga saat ini daun sukun banyak diproduksi menjadi ektrak daun sukun.

Demikianlah paparan tentang manfaat daun sukun yang belum banyak kita ketahui. Setelah mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk mencobanya untuk pengobatan. Daun sukun, selain sehat juga alami dan tidak mengandung bahan kimia.