13 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Manggis Manggis akan berbuah setelah 6 hingga 12 tahun selepas di tanam dari biji benihnya. Buah ini biasanya apabila dimakan terasa begitu segar, ini dikarenakan rasanya yang teramat lezat. Buah ini sangat dikenal karena sedap dan juga lezat apabila dikonsumsi sewaktu masih mentah. Buah yang memiliki kulit tebal yang tidak diperbolehkan untuk dimakan serta mempunyai isi yang berwarna putih yang rasanya begitu manis. Manggis dibuka dengan mengopek bukan dengan dipotong. Buah dengan rasa nikmat yang berwarna merah keunguan ini memang diminati oleh banyak orang. Banyak yang tak menyangka bila buah manggis ini bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk tubuh manusia. Sampai saat ini buah manggis memang dijuluki sebagai ratu buah karena khasiat yang dikandungnya begitu super. Manggis mampu mengobati dan mencegah penyakit yang berbahaya seperti halnya kanker. Padahal buah ini sering kita makan akan tetapi terkadang kita tidak tahu pasti manfaat dari buah ini.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buah ini memang dikenal bisa mengobati berbagai jenis penyakit yang sering menyerang kesehatan kita.

Inilah beberapa manfaat buah manggis yang kita dapatkan diantaranya yaitu:


  • Manfaat buah manggis mampu mencegah dan juga menyembuhkan penyakit kanker. Buah ini dipercaya mampu mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita penyakit leukemia, menahan proses perkembangan kanker usus dan lain sebagainya.
  • Manfaat buah manggis juga mampu menyembuhkan penyakit asma. Buah ini sebagai obat alternatif yang dapat menyembuhkannya karena mempunyai kemampuan yang bisa melawan infeksi.
  • Manfaat buah manggis mampu menurunkan kolesterol berlebih dalam tubuh. Biasanya kolesterol menempel pada dinding dan dapat menyempitkan pembuluh darah. Namun hal ini bias diatasi dengan adanya manggis.
  • Manfaat buah manggis dapat mencegah adanya penyakit jantung. Buah ini dipercaya mampu memulihkan elastisitas pada pembuluh darah yang diperoleh dari zat antioksidan dari buah ini.
  • Kandungan nutrisi yang ada pada buah manggis mampu melancarkan peredaran darah.
  • Manfaat buah manggis yang lainnya yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah manggis ini memang banyak kita jumpai dipasaran ataupun di toko buah. Dikalangan masyarakat buah yang satu ini dimanfaatkan sebagai obat diare, keputihan, radang amandel wasir dan lain sebagainya. Akar dari buah manggis ini dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Selain dari buahnya kulitnya pun bisa kita ambil manfaatnya. Banyak yang berfikiran bahwa kulit manggis tidak bermanfaat sehingga mereka hanya mengambil buahnya saja. Namun kenyataannya apabila di olah dengan baik dan benar, kulit manggis ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kulit manggis memiliki kadar kalori yang rendah sehingga sangat cocok apabila dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit diabetes. Bahkan akhir-akhir ini banyak beredar ekstrak kulit manggis yang dijual dalam kemasan kapsul ataupun tablet yang sekarang ini banyak diminati dan dicari banyak orang.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya kulit buah manggis yaitu:


  • Kulit manggis bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung.
  • Bermanfaat juga untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
  • Dapat mencegah penuaan dini.
  • Mampu membantu menurunkan berat badan anda.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.
  • Dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan juga jamur.
  • Dapat mengobati tekanan darah tinggi.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya kulit manggis. Kulit manggis memang berpotensi mampu menyembuhkan penyakit-penyakit yang mahal dan juga berat. Memang banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari buah manggis. Entah dari  buahnya sendiri, dari kulitnya, dari akarnya ataupun bagian lainnya. Memang buah manggis ini terbukti sangat berkhasiat untuk kesehatan.