11 Manfaat Baking Soda Untuk Gigi dan Kulit Tubuh

Kegunaan dan Manfaat dari Baking Soda Untuk Kesehatan Gigi dan Perawatan Yang Dapat Mencerahkan Kulit Tubuh. Baking soda atau soda kue memiliki nama ilmiah Sodium Bikarbonat. Merupakan kelompok bahan pembuat kue yang biasa dipakai untuk menjadikan kue mengembang ketika dipanggang, membentuk tekstur kue lebih menarik, dan membuat kue lebih renyah.

Kegunaan baking soda sekarang tidak hanya untuk membuat makanan atau kue, tetapi juga sudah merembet ke bidang kesehatan dan kecantikan. Diketahui bahwa baking soda memiliki manfaat untuk memutihkan gigi, mencerahkan warna serta melembabkan kulit. Anda bisa merawat kulit dengan biaya murah, pakai saja baking soda.

Mendeteksi Kulit Dengan Pengujian

Bila sebelum ini Anda tidak pernah sekalipun menjajal baking soda untuk merawat kulit, maka sebaiknya lakukan pengujian terlebih dahulu untuk mengetahui apakah jenis kulit Anda cocok bila terkena baking soda atau tidak. Melakukan pengujian bahan pada kulit sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang bisa membawa dampak permanen yang tidak diinginkan.

Proses uji bisa dilakukan dengan beberapa percobaan sederhana. Buatlah adonan baking soda dengan air biasa. Setelah berbentuk seperti pasta, Anda poleskan sedikit pada leher atau punggung telapak tangan. Bila dalam sepuluh menit tidak ada efek samping yang Anda rasakan, tandanya kulit Anda tidak intoleran terhadap baking soda. Namun bila ada masalah yang timbul seperti terasa panas atau gatal, maka segera bersihkan dan itu tandanya kulit Anda tidak cocok terhadap bahan kue ini.

Manfaat Baking Soda Untuk Gigi dan Kulit

Manfaat Baking Soda

Di sosial media ataupun artikel kesehatan yang beredar di jagat maya, telah banyak yang membahas perihal manfaat baking soda untuk perawatan kulit maupun kegunaannya untuk menjaga kesehatan gigi. Tetapi, apakah sepenuhnya benar bahwa soda kue bersedia membantu Anda tampil lebih mempesona ditambah senyum manis yang terbantu oleh cerahnya warna gigi?

Berikut telah dirangkum dari banyak referensi terpercaya mengenai manfaat dari baking soda sebagai produk perawatan kulit dan pencerah warna gigi, juga kegunaan lain yang masih berkaitan.

Deodoran Alami

Bila memasuki tanggal tua produk ‘kesayangan’ Anda yang membantu Anda terjaga dari masalah ketiak berkeringat maupun beraroma tidak sedap sudah habis, bisa dipastikan Anda kebingungan harus bagaimana mengatasinya. Kebetulan sekali, pada saat seperti ini Anda bisa memanfaatkan kemampuan baking soda sebagai pengganti deodoran bermerek yang biasa Anda gunakan.

Pastikan Anda sudah melakukan pengujian seperti yang sebelumnya dituliskan. Ambil sejumput atau segenggam baking soda, kemudian Anda campurkan pada air setengah gelas atau dikira takarannya agar ketika diaduk bisa membentuk pasta seperti lotion. Oleskan ketiak Anda sehabis mandi dengan pasta baking soda ini, dan beraktifitaslah seperti biasanya tanpa harus khawatir ditimpa masalah burket. 

Meredakan Gatal

Lingkungan yang kotor bisa menjadi tempat bermain yang menarik perhatian nyamuk. Bila rumah Anda berantakan dan jarang sekali dibersihkan tiap ruangan serta benda-bendanya, maka jangan heran bila di rumah Anda banyak sekali nyamuk yang pada akhirnya membuat kulit Anda gatal akibat digigit nyamuk.

Berhubungan dengan rasa gatal yang timbul, tentu Anda menjadi kesulitan tidur bila pada malam hari kulit terus terasa gatal. Pada saat yang cukup krusial ini, Anda bisa ke dapur untuk membuat ramuan obat gatal alami. Gunakan bubuk baking soda murni untuk mengusap bagian kulit yang gatal selama beberapa kali. Dalam beberapa menit, rasa gatal akan reda dan hal ini bisa mencegah Anda terus menggaruk kulit yang berujung pada iritasi ringan.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat baking soda untuk mengatasi masalah pencernaan telah dibuktikan oleh banyak keluarga di Amerika. Baking soda akan segera bertindak menetralkan asam lambung bila sudah masuk ke dalam tubuh. Pada gilirannya baking soda akan memberi reaksi meredakan rasa mulas, gangguan pencernaan, serta sakit maag.

Bila perut Anda mulas dan tidak tahu obat apa yang cocok, maka menggunakan baking soda bisa menjadi pilihan alternatif. Ambil ½ sendok teh penuh baking soda, lalu campur dalam setengah gelas air. Minum tiap dua jam bila mulas maupun gangguan pencernaan serupa tak kunjung membaik. Jangan mengonsumsi lebih dari 7 sendok teh baking soda dalam 24 jam. Bila sakit perut Anda tidak mereda juga keesokan harinya, maka kunjungi dokter untuk meminta solusi yang tepat.

Pemakaian baking soda juga tidak diperbolehkan terlalu sering, karena seharusnya hanya digunakan untuk pengobatan sesekali. Oleh sebab itu, jangan asal dalam mengonsumsi suatu bahan maupun zat yang belum diketahui efek sampingnya. Dikhawatirkan akan berdampak serius. Seperti di sini, bila baking soda dikonsumsi berlebihan dengan tujuan mengobati gangguan pencernaan, maka bisa menyebabkan elektrolit dan ketidakseimbangan asam basa yang serius.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit yang mati harus diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan sel kulit baru yang tumbuh setiap hari. Efeknya pada wajah seperti timbulnya jerawat dan kulit tampak kering. Untuk menghindari masalah ini, para wanita biasanya tahu harus melakukan apa. Kebanyakan memilih untuk melakukan scrubbing agar kulit tetap terjaga.

Proses pengangkatan sel kulit mati ini biasa disebut eksfoliasi. Dalam beberapa kasus, baking soda dipakai untuk menguji apakah efektif untuk membantu proses eksfoliasi. Apa hasilnya? Ternyata memang  bahan kue yang satu ini benar-benar membantu banyak orang menghemat pengeluarannya untuk produk perawatan kulit.

Anda bisa mengoleskan seluruh kulit sepulang kerja dengan pasta baking soda tipis-tipis. Selagi menunggu lotion alami buatan Anda ini bekerja, sebaiknya Anda rendam kaki ke dalam ember berisikan air yang dicampur baking soda juga. Dengan melakukan ini secara rutin –tetapi tidak berlebihan- maka Anda bisa memperoleh kulit tubuh dan wajah yang menarik.

Memperbaiki dan Mencegah Efek Kulit Terbakar

Bila suatu hari Anda lupa menerapkan tabir surya karena sebuah alasan, maka ini bisa membawa bencana pada Anda di lain hari. Kulit yang terpapar sinar matahari langsung bisa rusak, kering, dan kusam. Bahkan orang yang memiliki kulit sensitif bisa mengalami iritasi. Untuk mencegah efek jangka panjangnya, Anda bisa menerapkan baking soda sebagai ramuan penyegar kulit.

Berendamlah di bathtub berisikan air hangat dan ½ cangkir baking soda. Selagi berendam, nikmati prosesnya dan rileksasikan tubuh Anda. Kegiatan ini selain mampu menjaga kulit mengalami kerusakan akibat terbakar seharian juga bisa membuat pikiran dan jiwa Anda lebih tenang akibat rutinitas harian yang terkadang membuat penat pikiran.

Menambah Performa Olahraga

Banyak atlet pelari yang terlibat dalam praktek yang dikenal sebagai “soda doping” – atau mengonsumsi kapsul soda kue sebelum berlari. Hal ini sudah terbukti mampu meningkatkan kecepatan lari, bahkan banyak perenang yang juga mengonsumsinya sebelum mengikuti suatu kompetisi.

Alokesehatan tidak menyarankan Anda untuk mencoba ini di rumah, apalagi tanpa didampingi dan diberi arahan oleh pelatih yang kompeten. Sebaiknya jadikan ini sebagai ilmu pengetahuan saja. Kebenaran akan manfaat soda kue yang satu ini telah diungkap oleh para peneliti:

“Bahwasanya natrium bikarbonat pada dasarnya adalah zat alkali yang bekerja meningkatkan pH darah. Kinerja tersebut dapat menyeimbangi kadar keasaam yang terproduksi di otot selama olahraga. Jenis olahraga yang paling cepat dan banyak menghasilkan asam laktat adalah lari cepat atau berenang.”

Membersihkan Plak Gigi

Baking soda memiliki tindakan abrasif rignan yang berguna untuk menghilangkan plak dan bisa saja membersihkan karang gigi. Suatu data yang menunjukkan lima hasil studi klinis terkontrol menemukan adanya pengurangan jumlah plak yang meningkat pada peserta studi yang secara teratur menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda dibanding sebagian lain yang tidak.

Membunuh Bakteri 

Pada tempat yang sama: mulut, baking soda juga bersifat antibakterial yang telah diketahui mampu membunuh bakteri Streptococcus mutans yang beraktifitas merusak gigi secara signifikan. Anda bisa berkumur dengan air bercampur baking soda atau menggosok gigi dengan pasta yang mengandung soda kue untuk mencegahnya berkembang biak di dalam mulut.

Atau Anda bisa mengusir bakteri perusak gigi ini dengan memulai pembuatan pasta baking soda. Gunakan jari telunjuk untuk membalurkan seluruh permukaan depan, atas, dan belakang gigi, Kenakan juga bagian gusinya. Diamkan selama  15 menit, lalu kumur-kumur untuk membuang baking soda yang menempel beserta bakteri-bakterinya yang bakal ikut terbuang.

Penggunaan baking soda pada gigi harus hati-hati. Meski kemampuannya di sini terbilang baik, tetap pemakaian berlebihan justru bisa merusak enamel akibat sifat abrasif yang dimilikinya. 

Memutihkan Gigi

Untuk memanfaatkan baking soda sebagai produk alami yang mampu memutihkan gigi, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya yakni setrobrei matang dan baking soda. Hancurkan satu buah stroberi matang dan campur dengan ½ sendok teh baking soda. Balurkan campuran kedua bahan ini pada gigi Anda dan biarkan tidak lebih dari lima menit. Sesudahnya bersihkan gigi, sikat, dan berkumur-kumurlah. 


Manfaat baking soda untuk memutihkan gigi memang telah dibuktikan banyak orang, namun tidak sedikit juga yang salah dalam pelaksanaannya. Stroberi termasuk buah manis yang juga bisa membuat mulut dalam keadaan asam. Rasa manisnya bisa merusak gigi, dan keasaman mulut bisa merusak gigi. Maka sebaiknya Anda tidak melakukan metode ini lebih dari sekali dalam satu minggu.

Memperindah Rambut

Dikutip dari Alodokter, baking soda ternyata juga sering dipakai oleh sebagian wanita untuk memperindah rambutnya. Mungkin Anda selama ini megenal fungsi dari produk-produk rambut seperti serum dan hairspray. Kedua produk tersebut bisa membuat kulit kepala kotor. Bila tumpukan zat di kulit kepala dan rambut tidak segera dibersihkan, maka bisa merusak struktur rambut.

Untuk membersihkan penumpukan zat-zat dari pemakaian produk rambut, Anda bisa menambahkan satu sendok teh baking soda pada shampoo. Gunakan untuk keramas seperti biasa. Sesudahnya, Anda akan melihat perbedaan pada rambut Anda, lebih bersinar dan mudah ditata.


Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan soda kue sebagai shampoo kering untuk menjadikan rambut tampak berkilau dan mudah disisir. Buatlah ramuan dari campuran bahan berupa satu sendok makan baking soda dan satu tetes minyak lavender, aduk. Celupkan sisir bergigi lebar pada ramuan tersebut, kemudian sisir rambut dari akar ke ujung satu arah. Dalam sesaat, rambut Anda akan mudah diatur, terlihat bersih dan terbebas dari bau tidak sedap.

Mempercantik Kuku 

Perlu Anda ketahui kalau proses menicure pericure bisa menimbulkan infeksi. Ada baiknya Anda mencoba cara yang lebih aman dan ramah, yaitu menggunakan baking soda. Campurkan tiga sendok teh soda makan ke dalam satu gelas air, lalu aduk sampai lembut. Celupkan sikat kuku ke pasta tersebut, lalu gosokkan pada kuku Anda dengan gerakan memutar. Terakhir bilas dengan air hangat.

Untuk mendapati kulit yang sehat dan cantik, Anda tidak perlu menggelontorkan banyak uang hanya untuk mendapatkan produk perawatannya. Cukup telusuri dapur Anda dan buatlah racikan produk alami sendiri. Begitupun untuk memperoleh gigi, rambut, dan kuku yang juga perlu dijaga.