12 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara meningkatkan daya ingat ataupun konsentrasi sangatlah penting, terutama ketika usia masih muda, sebab kegiatan saat ini adalah hal yang paling menentukan bagaimana nasib kita di masa mendatang. 

Daya ingat setiap orang berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang cepat dalam menangkap, memahami, dan mengingat sesuatu yang dilihat ataupun didengarnya, ada pula jenis otak yang lambat. Bisa jadi kesulitan mengingat tersebut dikarenakan adanya gangguan pada otak seperti Alzheimer atau Demensia.

Faktor lain yang menyebabkan otak lambat dalam mengingat adalah jarang dilatih. Dikatakan demikian karena para ilmuwan membuktikan bahwa otak yang sering dilatih akan berpeluang besar dalam hal daya ingat (konsentrasi) dan kualitas kecerdasan.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Ada beberapa solusi untuk membantu Anda menambah kemampuan otak dalam hal mengingat yang saya kutip dari Top 10 Home Remedies berikut ini.

1. Kacang Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang yang banyak diolah menjadi produk suplemen. Ini karena tingginya antioksidan dan asam lemak esensial omega-3 yang dapat meningkatkan memori otak. Selain itu, kandungan antioksidan pada kacang almond juga baik untuk kesehatan mata Anda.

Berikut tips menggunakannya:
  1. Rendam 5 sampai 10 butir kacang almond semalaman.
  2. Dipagi harinya, kelupas kulit kacang dan tumbuk atau giling kacang almond tanpa kulit sampai halus.
  3. Buatlah secangkir susu hangat, kemudian air susu dituangkan dalam panci bersama kacang almond yang telah digiling. Rebus.
  4. Tambahkan sedikit gula atau madu hutan untuk pemanis alami.
  5. Minum setiap hari selama sebulan atau dua bulan berturut-turut.

2. Rosemary

Tanaman ini diberi julukan ‘embun laut’, merupakan rempah dengan aroma wangi yang biasa dijadikan bumbu aya dan daging seafood. Aroma wangi yang keluar dari rempah ini menurut ahli dapat membantu meningkatkan memori otak yang lemah. Pendapat tersebut diperkuat dengan adanya hasil riset pada tahun 2013 yang dilakukan di salah satu Universitas di Inggris bahwa ditemukannya fungsi dari aroma rosemary untuk meningkatkan memori prospektif, yang penting untuk fungsi sehari-hari.

Cara penggunaan rosemary:
  1. Rebus setangkai rosemary kering dalam satu gelas air mendidih selama 5 menit. Apabila Anda mempunyai tanaman rosemary segar, rebus setangkai dalam air panas secukupnya selama 5 menit.
  2. Saring air dan tambahkan madu atau gula untuk memberikan rasa manis.
  3. Minum air rebusan tersebut setiap hari selama beberapa minggu.

Bagi Anda yang malas membuat, cukup menghirup aroma minyak rosemary dengan cara menyemprotkan minyak rosemary pada kamar.

Catatan: 
Sampai saat ini belum diketahui betul efek rosemary, karena itu tidak disarankan penggunaan untuk anak-anak dibawah usia 18 tahun. Hindari risiko sekecil apapun.

3. Jinten Hitam (Habbatussauda)

Jinten hitam (nama ilmiah: Nigella Sativa) adalah tanaman obat yang juga digunakan tergolong rempah-rempah. Di dalam jinten hitam terdapat banyak antioksidan yang membantu mengasah otak, disertai sifat anti-inflamasi dan neuron yang melindungi otak dari kerusakan.

Cara penggunaan jinten hitam:
  1. Persiapkan bubuk jinten hitam dan madu secukupnya.
  2. Campurkan satu setengah sendok teh bubuk jinten hitam dengan madu secukupnya. 
  3. Minum atau konsumsi dua kali sehari selama beberapa minggu.

Atau, Anda bisa membeli suplemen jinten hitam dalam bentuk utuh yang bisa dikonsumsi sesuai anjuran yang tertera pada kemasan atau botol.

4. Minyak Ikan Kod

Banyak vitamin untuk membantu tumbuh kembang otak anak yang terbuat dari minyak ikan kod. Suplemen atau vitamin tersebut banyak membantu si kecil dalam menjaga dan meningkatkan daya ingat berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Di dalam minyak ikan kod juga terdapat Docosahexaenoic acid (DHA) yang membantu mencegah pembentukan plak pada otak yang mana berpotensi memicu penyakit Alzheimer.

Bagi Anda yang sudah dewasa tetap disarankan konsumsi minyak ikan kod agar otak semakin kuat dalam mengingat. Untuk dosis yang tepat ataupun sesuai, sebaiknya konsultasikan pada ahli gizi (dokter). 

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa (Coconut oil) dapat meningkatkan kualitas otak dan fungsi kognitif. Selain itu, minyak kelapa juga diyakini membantu mencegah penurunan fungsi otak dan menangkal Alzheimer. Anda bisa konsumsi satu sendok teh minyak kelapa murni secara teratur setiap hari selama beberapa minggu atau memasukkannya pada makanan.

6. Kayu Manis dan Madu

Rempah dan cairan kental manis ini memiliki banyak kandungan yang diantaranya berkhasiat sebagai peningkat memori dan pereda ketegangan saraf otak. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dengan menghirup aroma kayu manis saja sudah membantu meningkatkan moeori dan fungsi kognitif otak.

Sementara madu bisa Anda konsumsi setiap hari menjelang tidur. Manfaat yang akan Anda peroleh adalah kualitas tidur lebih terjaga serta membantu mencegah stres metabolik nokturnal. Dengan tidur yang berkualitas maka beban pekerjaan yang menanti siap Anda hadapi dengan senang hati.

7. Lebih Rutin Menjalankan Olahraga

Olahraga mempunyai hubungan erat dengan kesehatan otak. Dengan menggerakkan tubuh secara rutin, maka penyakit seperti obesitas dan serangan jantung yang bisa menurunkan fungsi otak akan menjauh. Menjalankan kegiatan olahraga dapat mencegah tertimbunnya plak di dalam arteri dan pembuluh darah yang memicu penyakit jantung. Selain itu, olahraga juga membantu oksigen dan nutrisi mudah dialirkan oleh darah ke dalam otak. Tanpa olahraga, maka akan terjadi disfungsi otak yang terasa secara signifikan.

Tips Menambah Daya Ingat Lainnya:

  • Coba bermain game yang membuat otak berkonsentrasi. Contoh permainan dengan kriteria seperti demikian bisa Anda temukan pada sudoku dan teka-teki silang.
  • TIdur teratur dan cukup. Manfaat tidur selain mengembalikan energi, menghilangkan rasa lelah pada tubuh ternyata juga membantu mengembalikan fungsi otak kiri ataupun kanan manusia. Ketika bangun tidur, tentu Anda merasa otak jauh lebih segar dan siap menampung segala materi yang harus dipelajari.
  • Meditasi. Kegiatan ini sangat baik untuk otak, karena bertujuan untuk melatih seberapa fokus otak pada suasana sekitar.
  • Konsumsi makanan bergizi, terutama yang menjadi sumber nutrisi yang dapat meningkatkan daya ingat.
  • Hindari stres. Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang nantinya akan mempengaruhi daya ingat otak.
  • Santai. Untuk mencapai kesuksesan bukan berarti Anda harus kerja pagi pulang malam setiap hari. Sesekali tidak ada salahnya Anda bersantai, melamun dan lakukan aktivitas tanpa arti. Kegiatan tersebut memang terlihat tidak berguna, tapi tanpa sepengetahuan Anda ternyata melamun akan membantu kinerja otak dalam meningkatkan daya ingat.
  • Hindari perut kosong. Sebelum otak digunakan untuk berkonsentrasi, isilah perut Anda dengan makan sesuatu yang menyehatkan. Hindari perut kosong yang nantinya akan mempersulit Anda dalam mengingat.

Cara meningkatkan daya ingat intinya tidak lepas dari kegiatan yang melatih otak dan pengistirahatan otak. Dengan kuatnya fungsi otak dalam mengingat segala sesuatu, Anda tidak perlu khawatir ketika ulangan atau ujian mendapat nilai jeblok.