-->

Ad Unit (Iklan) BIG

7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal lebih dalam manfaat temulawak khususnya bagi kesehatan berkat banyaknya kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar segala sistem yang berjalan tetap stabil.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan tanaman obat dari suku temu-temuan (Zingiberaceae). Negara kelahiran tanaman ini yakni Indonesia, lebih khusus di Pulau Jawa, setelah itu mulai mengitari seluruh negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tak jarang juga rimpang temulawak tumbuh di China, Indochina, India, Jepang, Barbados, Korea, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

Kegunaan temulawak atau orang Sunda menyebutnya koneng gede tak lain hanya sebagai bumbu dapur. Tanaman ini berkerabat dengan jahe (Baca: Manfaat Jahe) karena sama-sama tumbuhan terna yang berbentuk rimpang. Tempat tumbuh tanaman ini bisa pada dataran rendah mencapai ketinggian 1500 meer di atas permukaan laut dan beradaptasi di hutan tropis. Sementara struktur tanah yang gembur adalah lahan dimana rimpan temulawak dapat tumbuh subur.

Khasiat Temulawak

Jika Anda ingin menjelajah lebih jauh mengenai tanaman ini, banyak penduduk kerajaan yang menggunakan temulawak sebagai jamu dan obat. Rimpang temu lawak memiliki sifat farmakologi seperti mencegah penyakit hati (hepatoprotektor), mencegah peradangan (anti inflamasi), menurunkan jumlah kolesterol berlebih, pencahar (laxative), peluruh kencing (diuretik), dan pereda nyeri pada sendi.

Khasiat lain dari segenggam rimpang temulawak yaitu meningkatkan nafsu makan (sangat tepat untuk anak berusia 7 tahun ke atas), memperbaiki produksi ASI pada ibu menyusui, dan membersihkan kotoran yang ikut mengalir dalam darah. Karena menyimpan karbohidrat komplek, pati temulawak sering diolah menjadi bubur bergizi yang diberikan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan.

Selain itu, di dalam temulawak terdapat linelool, geraniol, yang merupakan hasil produksi dari minyak atsiri golongan fenol yang memiliki daya repellan terhadap nyamuk Aedes aegypti, sehingga racun tersebut dapat digunakan untuk mengusir nyamuk yang mengganggu jam tidur Anda.

Manfaat Temulwak

manfaat temulawak

Khasiat dan manfaat temulawak berikut ini tentu tidak lepas dari kemampuan zat seperti pati, protein, abu, serat, kerkumin, minyak atsiri, phelandren, kamfer, turmoerol, borneol, sineal, dan xanthorrizol yang terdapat di dalamnya.

1. Penghancur batu empedu
Kolagoga merupakan zat yang juga tersimpan dalam tanaman ini, salah satu fungsinya sebagai obat peluruh atau penghancur batu empedu. Faktor pencetusnya adalah hiperkolesterolemia, penyumbatan dan radang pada saluran empedu.

Pasien dianjurkan melakukan pengobatan dari tumbuhan yang mengandung zat kolagoga ini disertai dengan menjalani diet kolesterol tingkat lanjut selama 3 atau 4 bulan setelah batu empedu hancur atau larut.

2. Perangsang nafsu makan
Tidak terkondisikannya nafsu makan dapat memancing berbagai penyakit. Untuk mengembalikan nafsu makan diperlukan langkah yang kiranya dapat merangsang atau memperbaiki keinginan makan.

Temulawak mengandung sifat karminativum yang mana secara pra klinis maupun klinis mempunyai kemampuan dalam hal meningkatkan nafsu makan. Sementara cara pemakaian itu sendiri dapat Anda lihat dari panduan berikut.
  • Siapkan 25 gr rimpang temulawak, 10 gr asam jawa dan sedikit gula merah.
  • Rebus ke dalam 600 cc air sampai air tersisa 300 cc, terakhir saring dan minum sampai habis.

3. Pelihara saluran cerna
Dari hasil uji secara pra klinik ditemukan adanya serbuk rimpang yang mempunyai peranan di dalam cairan lambung sehingga memberikan efek positif terhadap usus halus, yaitu mengurangi kontraksi yang terjadi serta membantu proses metabolisme tubuh.

Cara penggunaan bisa Anda ikuti sbb:
  1. Sediakan 8 gram koneng gede segar.
  2. Rebus dalam air yang cukup bersuhu 90 derajat selama 15 menit.
  3. Tuang air rebusan sembari disaring ke dalam gelas.
  4. Minum ramuan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari di sela jam makan.

4. Mengatasi radang sendi
Temulawak bersifat anti-inflamasi berkat kandungan kurkumin yang tertanam di dalamnya. Jumlah zat kimia tersebut setara dengan 100 mg fenilbutazon, yaitu zat yang biasa digunakan untuk mengurangi nyeri dan radang sendi.

Mekanismenya yaitu melalui penghambatan migrasi yang dilakukan sel-sel leukosit ke daerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yang bernama prostagladin. Berlangsungnya proses tersebut secara klinis ditemukan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

5. Menurunkan lemak dalam darah
Komponen yang diperkirakan mempunyai peran untuk menurunkan lemak dalam darah dari tanaman rimpang ini adalah kurkuminoid. Di samping itu para peneliti juga menemukan kemampuan dari ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6. Memelihara kondisi kesehatan
Zat berupa kurkumin berguna sebagai antioksidan yang mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, serta menepis radikal hidroksil yang membantu memelihara kondisi kesehatan tubuh.

Anda bisa minum air rebusan ekstrak temulawak kering sehari 3 kali dengan takaran tiap minum sebanyak 250 - 500 mg.

7. Mengobati jerawat
Belum diketahui secara pasti bahwa temulawak berkontribusi dalam membunuh bakteri penyebab jerawat ataupun hal lain. Tetapi khasiatnya untuk mengobati jerawat telah banyak membantu sebagia orang.

Jika Anda tertarik silahkan lihat resep berikut:
  1. Cuci rimpang temulawak dengan ukuran 1 jari, kemudian iris seperlunya.
  2. Rebus semua irisan dalam 4 gelas air putih matang sampai mendidih.
  3. Tunggu hingga air tersisa 2 gelas, kemudian tunggu dingin, saring dan tambahkan madu ke dalam larutan.
  4. Terakhir, minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas sampai jerawat hilang.
Manfaat temulawak yang terakhir bisa menjadi alternatif herbal yang jauh lebih baik dan tanpa efek samping, disamping itu melihat segi finansial tentu membuat Anda lebih berhemat ketimbang membeli obat jerawat dengan harga selangit.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter