3 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu. Panu atau panau atau tinea adalah masalah kesehatan pada kulit tubuh yang disebabkan oleh jamur bernama Candida. Gejala panu diawali dengan timbul bercak putih, coklat atau merah tergantung warna kulit penderita yang disertai rasa gatal. Bentuk panu rata sehingga tidak membuat penderita merasakan sakit, tetapi rasa gatal yang timbul terkadang membuat jengkel hati, terlebih jika terkena keringat.

Panu bisa menyerang siapa saja karena itu akrab dikatakan dengan penyakit rakyat, khususnya hinggap pada kulit orang-orang yang tidak mempedulikan kesehatan kulitnya. Umumnya penderita panu adalah remaja usia belasan, tetapi tidak memperkecil kemungkinan kehadiran panu pada penderita berumur lebih tua ataupun lebih muda. 

Bagian kulit yang mudah dihampiri oleh panu adalah bagian atas dada, lengan, perut, betis kaki, leher, ketiak, lipatan paha, wajah dan kepala. Yang jelas, dimana ada kulit yang sering terkena keringat, disitu pula panu menghantui. 

Cara Menghilangkan Panu


Jadi intinya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui cara menghilangkan panu dengan cepat bukan? Memang bisa, tetapi perlu diingat bahwa yang akan dibahas adalah metode pengobatan herbal atau tradisional, menggunakan beberapa tumbuhan dari alam.

Lengkuas

Rempah yang selalu hadir pada bumbu masakan sebagai penyedap rasa ini juga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan traidisional, salah satunya obat panu herbal.

Ambil rimpang lengkuas yang masih segar sebab kandungan air di dalamnya masih banyak, potong-potong lalu oleskan bagian daging lengkuas pada permukaan kulit yang didapati panu. Lakukan rutin sehabis mandi sampai panu berangsur-angsur menghilang.

Bawang Putih

Sama halnya dengan lengkuas yang wajib masuk dalam bumbu penyedap masakan, kegunaan bawang putih lain adalah mengobati panu.

Persiapkan 1 - 2 butir bawang putih, kupas kulitnya lalu potong menjadi 2 bagian. Gosokkan bawang putih pada bagian permukaan kulit yang terdapat panu. Pengobatan ini Anda lakukan sehari 2 kali sampai jamur penyebab panu menghilang dan terkelupas dari kulit.

Jeruk Nipis

Bahan terakhir adalah jeruk nipis, bukan lemon. Pasti Anda tahu kalau jeruk nipis memang ahli dalam hal kesehatan dan kecantikan, salah satunya menghilangkan panu secara efektif.


Potong beberapa buah jeruk nipis, lalu haluskan belerang. Campurkan jeruk nipis pada halusan belerang dan oles pada bagian kulit yang tertempeli panu. Rutin melakukan perawatan ini bisa menghilangkan jamur penyebab panu juga, tetapi butuh proses yang cukup memakan waktu, Anda sabar saja.

Setelah panu Anda hilang dengan cara menghilangkan panu di atas, upayakan bahwa Anda terus memperhatikan kondisi kesehatan kulit, jangan pernah sepelekan hal-hal kecil. Sebagai contoh, mandi setiap kali habis olahraga, cuci bersih tubuh pakai sabun antikuman jika Anda terguyur air hujan, dsb.