Sudah Tahu Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Sudah Tahu Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Sudah Tahu 7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan?


Kunyit banyak dikenal sebagai bahan dapur yang melengkapi bumbu masakan juga sebagai pewarna alami untuk makanan. Rempah asli Asia Tenggara yang masih satu rumpun dengan jahe-jahean ini ternyata juga mulai dimanfaatkan sebagai bahan produk perawatan kecantikan.

Adalah kandungan antiseptik, antioksidan, dan antiinflamasi dari kunyit yang membuat tanaman penghasil warna kuning ini bermanfaat bagi kulit. Anda punya banyak stok kunyit atau bubuk kunyit di rumah? Selain sekedar mengonsumsinya sebagai jamu atau menjadikannya bumbu dapur, cobalah memanfaatkannya untuk perawatan kulit. Khasiat yang bisa anda dapatkan dengan pemakaian rutin adalah sebagai berikut.

Artikel lainnya..


Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

1. Mengurangi pigmentasi dan mencerahkan kulit

Kulit gelap karena terbakar sinar matahari? Lakukan perawatan dengan parutan kunyit atau pasta dari bubuk kunyit. Kandungan dari kurkuma ini dapat membantu mengatasi pigmentasi akibat paparan matahari, sekaligus mencerahkan warna kulit secara bertahap. Kombinasi dengan bahan lain seperti yogurt dan susu dapat mengoptimalkan hasil.

2. Memudarkan flek hitam

Khasiat kunyit dalam mengatasi pigmentasi kulit juga berlaku dalam masalah flek hitam yang biasa muncul pada wajah. Cukup oleskan campuran kunyit dan madu secara rutin.

3. Menyembuhkan jerawat

Sifat antiseptik dan antiinflamasi dari kunyit bisa anda andalkan untuk menyembuhkan jerawat yang meradang. Anda bisa membuat masker dari campuran susu dan parutan kunyit, atau membuat pasta dari bubuk kunyit dan susu.

4. Mengencangkan kulit

Berkat kandungan antioksidannya, anda pun bisa melakukan perawatan anti-aging dengan kunyit. Terapkan masker kunyit untuk membantu mencegah dan menyamarkan kerutan pada wajah secara alami.

5. Menyembuhkan masalah kulit

Kulit yang memerah atau muncul ruam karena iritasi, terbakar, atau sensitif juga dapat diatasi dengan bahan ini. Selain itu, berbagai penyakit kulit seperti psoriasi dan eksim yang menimbulkan rasa gatal juga dapat terbantu dengan kunyit.

6. Menghilangkan dan mencegah rambut halus pada wajah

Tumbuhnya rambut-rambut halus pada wajah seringkali menjadi keresahan tersendiri bagi kaum wanita. Membuat scrub dari bahan kunyit dapat membantu menghilangkan rambut halus yang bertumbuh di muka. Selain itu, masker campuran kunyit dan pepaya yang telah dihaluskan juga dapat mencegah tumbuhnya rambut.

7. Mencerahkan warna bibir

Masalah bibir gelap akibat merokok, konsumsi kafein, atau paparan sinar matahari bisa teratasi dengan bantuan kunyit. Kupas seruas kecil kunyit dan celupkan sedikit pada madu alami, untuk kemudian diaplikasikan pada bibir layaknya memakai lip gloss. Bilas setelah 15 – 30 menit dan ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Metode perawatan secara manual dengan bahan alami memang tak menjanjikan hasil yang cepat dan instan. Namun, kunyit merupakan bahan alami yang tak memberikan efek samping sehingga sudah pasti aman untuk digunakan. Perawatan secara rutin perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sudah Tahu Manfaat Kunyit untuk Kecantikan | Afrianti Rahayu | 5