-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Lima Cara Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami

Post a Comment
Lima Cara Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami – Bahaya demam pada anak adalah akan berakibat kejang-kejang. Hal inilah yang membuat para ibu khawatir. Akan tetapi, biasanya kejang pada anak jarang terjadi sewaktu demam, memang bisa saja terjadi dari beberapa anak. Segeralah atasi kejang dengan cara yang baik dan jangan panik.

Banyak penyebab demam yang dapat terjadi pada anak seperti flu, masuk angin, infeksi karena virus dan bakteri, radang tenggorokan, diare serta infeksi pada saluran pernapasan. Di samping itu demam bermanfaat sebagai sistem kekebalan tubuh akan aktif kembali untuk produksi sel darah putih. Namun, sebaiknya deman pada anak jangan dibiarkan. Beberapa obat yang dapat anda berikan saat anak demam yakni dengan obat-obatan alami. Perhatikan uraian berikut ini.

Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Obat Alami

1. Menggunakan Air Kelapa Muda
Ketika panas, maka tubuh akan bekerja untuk mengeluarkan keringat lebih banyak. Untuk itu, disarankan memperbanyak minum air putih. Di samping itu,  Air kelapa muda yang banyak mengandung mineral seperti kalium. Sehingga sangat baik untuk mengatasi demam pada anak.

2. Menggunakan Temulawak
Temulawak banyak digunakan  sebagai perangsang nafsu makan, perut kembung dan pegal-pegal juga sebagai penurun panas. Temulawak mempunyai zat aktif xanthorrhizol, alpha, betha curcumena dan germacrene yang berfungsi antiinflamasi atau antiperadangan antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Cara mengolahnya cucilah 10 gram rimpang temulawak hingga bersih. Parutlah dan tambahkan 1/2 gelas air panas kemudian aduk merata. Tunggu sampai dingin, lalu peras dan ambil sarinya. Selanjutnya campur dengan 2 sdm madu bunga kapuk. Campuran madu dan temulawak dan aplikasikan 3 kali sehari pada anak.

3. Menggunakan Kunyit
Selain sebagai penurun panas ramuan alami ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Jadi, baik untuk digunakan. Caranya yang dilakuakan cucilah 10 gram umbi kunyit kemudian parut dengan menambahkan  1/2 gelas air panas. Aduklah sampai merata lalu dinginkan. Peraslah dan gunakan air sarinya. Jangan lupa tambahkan dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Bagilah  menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit tersebut, namun sebelumnya campurkan dengan 2 sdm madu bunga kapuk. Barulah anda berikan 3 kali sehari.

4. Menggunakan Lempuyang Emprit
Lempuyang empirit ini yang digunakan yakni rimpangnya dan rasanya pahit. Senyawa minyak atsiri berupa sekuiterpenketon yang terkandung di dalamnya dan berfungsi sebagai penurun panas. Cara membuatnya dengan mencuci 10 gram umbi lempuyang emprit. Parutlah dan tambahkan setengan air panas. Diamkan hingga mendingin, barulah diperas dan ambil hasil perasannya. Kemudian tambahkan 2 sdm madu bunga kapuk. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

5. Menggunakan Sambiloto
Seluruh bagian tanaman sambiloto ternyata dapat digunakan. Bahkan pada tahun 1991 diadakan penelitian di Thailand bahwa 6 g sambiloto per hari sama efektifnya dengan parasetamol. Caranya hanya merebus 10 gr daun sambiloto kering dan 25 gr umbi kunyit kering. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan air 200 cc, lalu saringlah. Sesudah terasa hangat tambahkan madu bunga kapuk sebanyak 100 cc atau mahoni. Berikan 3 kali dalam sehari.

Beberapa jenis obat tradisional berasal dari tanaman obat yang biasa digunakan oleh orang dahulu dan dipercaya ampuh dalam mengatasi demam pada anak. Karena dibuat dari bahan alami, maka relatif lebih aman dan  tidak menimbulkan efek samping yang berarti apabila benar dalam penggunaannya. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter