-->

Ad Unit (Iklan) BIG

7 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Post a Comment
Menjaga Kesehatan Mata. Mata merupakan salah satu organ vital manusia yang berfungsi sebagai alat penglihatan. Sebagai alat penglihatan, kesehatan mata tentu harus selalu dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita makan. Paling tidak makanan tersebut mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Oleh karena itu berikut 7 daftar makananan yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda:

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata
Menjaga Kesehatan Mata

1. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang sangat baik bagi bagi mata. Dari zaman dahulu, wortel memang dipercaya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan wortel memiliki beberapa kandungan seperti vitamin A, beta-karoten dan antioksidan yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit katarak. Disamping itu wortel juga memiliki manfaat lain, yaitu melepaskan radikal bebas dalam tubuh manusia.

2. Kuaci

Kuaci atau biji bunga matahari seringkali hanya dianggap sebagai camilan ringan pengganti popcorn. Sebenarnya lebih dari itu, karena kuaci sangat bermanfaat bagi mata. Kandungan yang terdapat dalam kuaci adalah selenium, zinc, vitamin E dan vitamin B2. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu kita terhindar dari katarak dan gangguan penglihatan karena fakor usia. Disamping itu kandungan vitamin B2 juga bermanfaat untuk mengatasi sensitivitas mata akibat dari cahaya.

3. Kacang-kacangan

Vitamin E yang terdapat dalam kacang-kacangan seperi almon dan kenari sangat bemanfaat untuk mencegah penyakit katarak.

4. Telur

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi telur. Telur memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin E, vitamin B12, vitamin D, cysteine, lutein dan zinc yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu dalam kuning telur juga terdapat kandungan sistein dan belerang dapat berfungsi untuk menjaga lensa mata agar tetap jernih dan sehat.

5. Alpukat

Selain enak dimakan ternyata alpukat juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya adalah seperti lutein. Buah alpukat memiliki kandungan lutein yang lebih besar dibanding dengan buah lainnya. sama halnya dengan buah lainnya, manfaat lutein dalam buah alpukat ini mampu mencegah degenerasi makular dan katarak. 

6. Ikan salmon

Jenis ikan ini mungkin sudah tidak asing lagi akan manfaat besarnya yaiut untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki jumlah kandugan omega 3 yang sangat besar. Dibanding dengan jenis ikan lainnya salmon adalah satu-satunya ikan yang memiliki kandungan omega sangat besar yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi ikan salmon akan memiliki penglihatan yang cukup baik. Mereka akan terhindar dari mata kering sehingga mata yang sehat akan selalu menemani aktivitas hariannya.

7. Coklat hitam

Siapa sih yang tidak suka dengan coklat? Coklat hitam atau dark chocolate memang sangat enak. Disamping rasanya yang enak ternyata mengkonsumsi coklat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Flavonoid yang terkandung dalam coklat akan berfungsi untuk melindungi pembuluh darah pada mata. Oleh karena itu kornea dan retina mata akan menjadi lebih kuat.

Nah itulah beberapa daftar makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata kita. daftar makanan diatas tentu hanya beberapa dari sekian banyak jenis makanan yang juga sangat bermanfaat bagi mata kita. Dalam hal ini yang terpenting adalah selalu penuhi kebutuhan nutrisi mata anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter