Angkak, Obat Ampuh Demam Berdarah

Angkak, Obat Ampuh Demam Berdarah - Pada waktu musim penghujan seperti sekarang ini, bukan musibah banjir saja yang mesti kita waspadai bak momok yang menghantui masyarakat. Karena datangnya musim penghujan juga biasa dibarengi dengan mewabahnya penyakit demam berdarah. Selain mempercayakan penanganan penyakit ini ke dokter atau rumah sakit, kira-kira ada nggak ya obat yang ampuh untuk mengobati demam berdarah, kalau bisa yang murah gitu?

Kenyataanya, sampai sekarang ini penyakit demam berdarah itu belum ada obatnya. Nah, kalau kita terkena demam berdarah kemudian mendapatkan perawatan di rumah sakit sampai beberapa hari untuk menjalani rawat inap maka obat-obatan yang diberikan ke kita adalah cairan infus yang berguna untuk membuat darah encer. Adapun jenis obat selain infus adalah obat penurun panas atau demam, bukan obat yang fungsinya memerangi penyakit demam berdarah itu sendiri.

Seseorang yang menderita demam berdarah mengakibatkan kentalnya cairan darah di dalam tubuh. Kenapa hal itu terjadi? karena trombosit si penderita mengalami penurunan hingga di bawah batas normal. Jika demam berdarah yang dialami seseorang pada tingkat ringan, kasus biasa yang terjadi adalah pasien dapat sembuh sendiri tanpa mesti dirawat inap dengan catatan penderita memperbanyak minum air untuk memperkuat daya tahan tubuh. Ada pendapat di masyarakat bahwa minum jus jambu klutuk warna merah dapat menyembuhan demam berdarah lebih cepat. Jambu klutuk merah memang merupakan obat demam berdarah alami yang berkhasiat, karena mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Namun dari beberapa penderita demam berdarah merasakan, bahwa angkak merupakan obat demam berdarah yang jauh lebih mujarab dibandingkan dengan jambu klutuk.

Tahukah Anda apa itu angkak? mungkin saja sebenarnya Anda sudah pernah melihat bentuk asli dari angkak, namun Anda tidak tahu namanya. Menurut situs Wikipedia, angkak adalah : “Beras putih jenis tertentu yang dibiakkan atau difregmentasi dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga warna beras berubah menjadi merah. Penduduk Cina telah mengenal angkak sejak ratusan tahun silam, dan biasa digunakan orang Cina sebagai bagian dari campuran bumbu masakan dan kesehatan herbal. Di Amerika, angkak dikenal dengan nama Red Yeast Rice yang mulai populer dan diramu menjadi kapsul sebagai obat penurun kolesterol alami yang terbukti ampuh”.
obat demam berdarah
obat demam berdarah

Mengenal Manfaat Angkak

Disamping mampu menurunkan kolesterol ternyata angkak mempunyai khasiat mampu menaikkan trombosit darah cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian menggunakan objek tikus putih. Karena kemujarabanya inilah, angkak kemudian sangat direkomendasikan para ahli sebagai obat demam berdarah. Kinerja angkak dalam menaikan trombosit penderita demam berdarah terjadi cukup cepat, bahkan efeknya mampu dirasakan tidak sampai dalam hitungan hari.

Cara mengkonsumsi angkak sebagai obat demam berdarah ada 2 cara, yaitu:

  • Meminum seduhan air angkak – Ini merupakan cara simpel atau tidak ribet untuk mengkonsumsi angkak, caranya: seduh 1 sendok makan angkak menggunakan 2 gelas air panas hingga berwarna merah, lalu minum air tersebut. Anda boleh meminum dalam sehari berapapun karena tidak ada batasannya.
  • Dimasak menjadi sup ayam angkak – Ini adalah resep leluhur bangsa China untuk mengobati demam berdarah. Caranya: ayam direbus hingga kaldunya keluar, tambahkan ½ sampai 1 sendok makan angkak. Jika angkak terlalu banyak mengakibatkan sup terasa pahit. Agar sup makin lezat tambahkan lada dan garam sebagai penambah rasa, kemudian tumis bawang putih menggunakan minyak wijen terus masukkan ke dalam sup tersebut. Sup ayam angkak pun siap dihidangkan.

Memang cara pertama sangat praktis untuk dilakukan, namun tak ada salahnya Anda menyajikan dengan cara ke-2 karena kandungaan gizinya tentu lebih banyak dan lebih baik. Selain sup angkak sebagai obat ampuh untuk penderita demam berdarah sup ini juga baik dimakan oleh semua anggota keluarga Anda.

Karena angkak adalah jenis rempah dari china yang dapat menjadi obat demam berdarah, sangat dimungkinkan Anda mengalami kesulitan untuk memperolehnya. Namun saat ini rempah ini sudah tersedia di beberapa swalayan, khususnya swalayan jenis hipermarket seperti: Carefour dan Hypermart, angkak dijual dalam kemasan plastik dan dipajang di bagian bahan obat herbal Cina. Atau, Anda bisa menanyakan kepada SPG di sana, saya yakin mereka akan membantu Anda. Tidak menutup kemungkinan angkak pun tersedia juga di pasar tradisional, dan saat ini pun angkak sudah banyak dikemas sebagai obat cair. Jika ingin yang lebih alami, saran saya lebih baik Anda membuatnya sendiri.