Tips Sahur Baik Agar Tidak Mudah Lemas

Tips Sahur Baik Agar Tidak Mudah Lemas
Tips Sahur Baik Agar Tidak Mudah Lemas
Bagi seorang yang beriman, jangan pernah menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas keseharian. Salah satu asalan utama dan sudah umum dari zaman dulu hingga sekarang adalah tubuh mereka terasa lemas dan tidak mampu untuk beraktivitas seperti biasanya. Padahal jika kita mengikuti hawa nafsu dan bergembira dalam berpuasa, pasti hal tersebut tidak akan menghampiri Anda.

Sahur merupakan salah satu penentu apakah pada esok hari Anda akan merasa lemas atau tidak pada saat puasa di waktu siang hari. Oleh karena itu, agar Anda tetap merasa segar selama berpuasa, maka Anda harus mengerti akan tata cara yang baik dan pola makan sahur secara baik dan benar.
Berikut ini akan dibagikan Tips Sahur Baik Agar Tidak Mudah Lemas untuk Anda yang akan menjalankan puasa ramadhan.

1. Makan dengan porsi normal
Pada saat makan sahur, jangan pernah dengan porsi yang terlalu banyak dari porsi biasanya ketika sahur. Karena, hal tersebut justru dapat berdampak pada kesehatan perut Anda pada esok harinya. Perut akan merasa kekenyangan dan tidak nyaman, dan yang akan terjadi adalah Anda akan merasakan begah, mual, ataupun bisa juga perut menjadi sakit, hal itu dapat menganggu kualitas puasa. Selain itu juga, makan yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh Anda akan mengalami cepat dehidrasi. Tapi, jika porsi makan sahur yang terlalu sedikit juga berdampak tidak baik, karena dapat mengurangi energi dalam tubuh sehingga tubuh dapat menjadi lebih cepat lemas.

2. Makan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks
Perbanyak konsumsi asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, gandum utuh, biji-bijian, buah-buahan segar serta sayur-mayur. Kandungan karbohidrat kompleks dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lebih lama dan juga dapat memperlambat sistem pencernaan, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi karena mampu membantu tubuh untuk menyerap air secara efisien.

3. Jangan terburu-buru
Pada saat makan sahur, ketika waktu mengunyah makanan janganlah terlalu cepat, karena akan membuat kadar gula darah menjadi terganggu, sehingga yang terjadi adalah beberapa jam kemudian setelah sahur, perut akan merasa lapar kembali. Tubuh juga akan bekerja lebih keras untuk dapat menyerap nutrisi makanan jika Anda makan terlalu cepat. Akibatnya, sewaktu proses penyerapan nutrisi akan menjadi kurang sempurna.

4. Minum air putih yang cukup
Pada saat sahur, sebaiknya perbanyak minum air putih. Mengapa demikian, karena air putih jauh lebih baik dibanding dengan air teh ataupun kopi, karena kedua minuman tersebut hanya bisa menjadikan tubuh mengalami kekurangan cairan. Meski minuman yang manis menghasilkan tambahan energi, namun energi yang dihasilkan sifatnya instant atau akan lebih cepat hilang sehingga tubuh Anda mudah untuk menjadi lemas.