Ini Penyakit yang mudah datang bagi anda yang kurang tidur

Ini  Penyakit yang mudah datang bagi anda yang kurang tidur

Tubuh memiliki kapasitasnya sendiri untuk melakukan beragam kegiatan, dan tidur adalah salah satu cara bagi untuk untuk beristirahat agar keesokan harinya anda kembali dapat fresh saat beraktivitas. Namun faktanya, tingkat kehidupan saat ini terkadang menjadi salah satu mengapa banyak orang yang harus bekerja keras sehingga seringkali mengabaikan waktu untuk istirahat tidur saat malam hari dalam waktu yang cukup.

Selain dapat memberikan efek positif terhadap tingkat kesegaran tubuh dan otak, dengan tidur dalam waktu yang cukup juga dapat membantu tubuh untuk memperbaharui sel-sel yang rusak. Maka dari itu, jika anda termasuk ke dalam kategori yang kurang tidur, berikut terdapat beberapa penyakit yang rentan menghampiri anda yang kurang tidur.
Penyakit yang mudah datang
1. Daya ingat menurun
Tubuh yang terus bekerja tanpa istirahat akan menyebabkan otak menjadi lelah, kemudian hal tersebut akan memberikan pengaruh buruk pada ingatan serta kemampuan pada otak. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling sering dirasakan ketika tubuh mengalami kurang istirahat saat malam hari.

2. Flu dan batuk
Kurang tidur akan direspon oleh tubuh secara berlebihan sehingga menjadikan daya tahan tubuh menjadi lemah. Sekalipun anda tetap menjaga pola makan teratur ataupun dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat, tetapi pada dasarnya kurangnya istirahat tidak dapat digantikan oleh asupan apapun selain dengan cara melakukan istirahat yang cukup.

Kurang tidur akan menyebabkan tubuh memiliki daya tahan yang lemah sehingga anda akan lebih mudah terserang berbagai virus penyakit ringan hingga berat. Namun yang paling sering terjadi adalah penyakit flu dan batuk.

3. Depresi 
Hormon kortisol merupakan salah satu hormon yang menjadi penyebab bagi tubuh mengalami gelisah, hingga depresi. Bila tubuh merasa sangat lelah, maka wajar bila efek yang akan dirasakan adalah akan merasa gelisah. Hal tersebut dikarenakan tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon kortisol ketika anda kurang istirahat saat malam hari.

4. Diabetes
Rasa asam dalam mulut akan cenderung meningkat saat anda kurang tidur, sehingga hal tersebut akan menyebabkan anda memiliki hasrat untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat manis. Secara tidak disadari, saat anda sering mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat maka gula darah perlahan akan meningkat.

5. Osteoporosis
Menurunnya level kepadatan tulang dapat disebabkan oleh kurang tidur. Karena waktu tidur yang kurang dari 6 jam setiap harinya secara berkelanjutan dapat menurunkan kepadatan pada tulang. Selain itu komposisi mineral yang terdapat pada tulang akan menurun drastis sehingga dapat menyebabkan anda seringkali mengalami nyeri pada bagian persendian.

6. Stroke
Penyumbatan yang terjadi pada bagian pembuluh darah arteri adalah penyebab stroke. Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidur adalah salah satu cara bagi tubuh untuk mengeluarkan racun serta salah satu cara untuk menghindari tubuh mengalami penyumbatan pada bagian pembuluh darah arteri atau yang lebih familiar dengan sebutan stroke.

7. Inkontinesia urin
Ketika anda kurang tidur, biasanya anda akan sering mengalami perasaan ingin buang air kecil dalam frekuensi yang sering atau di kenal dengan sebutanInkontinesia urin. Ini menjadi salah satu efek negatif yang terjadi bila kurang tidur. Produksi urin yang berlebih akan menyebabkan anda merasakan sering ingin buang kecil jika kurang tidur, atau lebih sering frekuensinya saat menjelang pagi hari.

Beberapa poin mengenai penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur di atas semoga dapat menjadi pertimbangan untuk anda agar lebih memperhatikan waktu istirahat lebih intens setiap harinya.