Tips Diet Pisang Untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Pisang - Diet pisang atau biasa disebut juga dengan morning banana diet adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang sangat populer di Jepang. Namun tidak hanya di jepang, saat ini diet pisang juga telah populer di Indonesia dan sudah banyak juga yang mencobanya.Buah pisang sangat kaya akan serat dan vitamin C, sehingga pisang sangat baik digunakan untuk diet. Sesuai dengan namanya, morning banana diet, diet yang satu inisangat menekankan sarapan pagi dengan mengkonsumsi buah pisang serta air putih. Berikut ini beberapa tips diet pisang untuk mendapatkan tubuh langsing yang Anda idamkan.

Tips Diet Pisang Untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Pisang
Diet Pisang
Ketika sarapan pagi, makanlah 1 atau 2 buah pisangserta duagelas air putih. Pada saat makan siang, Anda dapat mengkonsumsi makanan apa saja asalkan tidak mengandung banyak minyak dan kalori tinggi. Sebagai makanan selingan, Anda dapat mengkonsumsi ½  atau 1 buah pisang, namun sebaiknya ini dilakukan apabila Anda benar-benar sedang lapar atau ingin ngemil. Sedangkan untuk makan malam, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, namun jangan lewat dari jam 8 malam.

Agar diet yang sedang Anda jalani dapat memberikan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsi ice cream, susu, serta dessert pada saat makan malam. Ketika mengkonsumsi buah pisang, sebaiknya pisang yang dikonsumsi adalah pisang dengan suhu ruangan dan bukan pisang yang telah disimpan di dalam kulkas ataupun digoreng. Selain itu, sebaiknya waktu makan dimulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 8 malam saja. Diluardari jam tersebut sebaiknya Anda hanya mengkonsumsi air putih saja.

Pada dasarnya tips diet pisang ini memang tidak bisa membakar lemak, akan tetapi pisang memiliki serat yang tinggi, jadi pisang dapat membuat perut menjadi kenyang lebih lama serta dapat melancarkan sistem pencernaan selain itu pisang juga dapat memaksimalkan metabolisme dari tubuh sehingga proses penurunan berat badan bisa lebih cepat.

Salah satu teori mengatakan bahwa diet dengan pisang bisa membantu untuk melangsingkan tubuh sebabdi dalam pisang terkandung karbohidrat tak larut atau yang biasa disebut juga dengan ‘resistant starch’. Zat ini diklaim bisa membantu untuk pengelolaan berat badan, sebab dapat memicu terjadinya pembakaran lemak dan bisa menimbulkan efek yang mengenyangkan.

Di negara barat, diet pisang atau juga mulai populer dan mendapatkan perhatian khusus dari pakar nutrisi dan gizi. Beberapa hasil dari penelitian terbaru memang telah membuktikan bahwa resistant starch yang terdapatpada pisang dapat membantu mempercepat pembakaran lemak. Resistant starch sebenarnya juga terdapat didalam makanan lainnya seperti kentang serta kacang-kacangan. Akan tetapi kentang dan kacang sebelum disantap harus didinginkan terlebih dahulu untuk membantu pembentukan dari resistant starch.

Fakta bahwa pisang adalah makanan yang baik dan juga sehat juga didukung dengan adanya kandungan protein serta potasium di dalam pisangyang sangat berguna untuk melangsingkan tubuh. Akan tetapi agar dapat sukses dalam melangsingkan tubuh dengan cara yang sehat, tentu saja diperlukan sebuah kedisiplinan yang lebih serius. Apabila Anda ingin melakukan diet dengan menggunakan pisang, Anda bisa membuat smothie dari pisang yang di campur dengan beberapa potong es batu dan plain low-fat yogurt yang mengandung sekitar 150 kalori dan 12 gr protein.

Biasanya rasa lapar bisa dengan mudah muncul setelah kita menyantap makanan yang mengandung banyak karbohidrat murni seperti pisang. Oleh karena itu smothie dari pisang seperti ini dapat membuat Anda tetap merasa kenyang dan juga berenergi. Cara lain agar Anda tetap dapat merasa kenyang dan berenergi namun tidak harus mengasup banyak kalori adalah dengan menyantap makanan sehat yang banyak kandungan air serta serat, contohnya adalah seperti kacang-kacangan, sayuran serta buah. Menambahkan proteinyang berasal dari low-fat yogurt, telur, daging yang tidak berlemak serta kacang dapat membantu kita untuk mengatasi rasa lapar.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengimbangi tips diet pisang ini dengan melakukan olahraga secara teratur, hal ini bertujuan agar kalori yang dibakar bisa lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Apabila saat ini Anda sedang menjalankan program diet yang lain, maka diet pisang dapat Anda tambahkan untuk dapat memaksimalkan program diet yang sedang Anda lakukan.