Tau? Cara Merawat Kesehatan Mata

Cara Merawat Kesehatan Mata
Cara merawat kesehatan Mata - Mata adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk kelangsungan hidup. Tanpa mata manusia akan sulit melakukan berbagai aktivitas. Sekarang ini banyak sekali sekali orang yang sudah mengalami sakit mata seperti min karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk menghindari berbagai gangguan mata kita harus melakukan perawatan mata agar mata tetap sehat.

Cara merawat kesehatan mata yang pertama adalah dengan memakan makanan yang baik untuk mata. Makanlah makanan yang mengandung banyak vitamin A, C dan E yang bisa anda dapatkan dibuah-buahan dan sayuran. Selain itu, ad jga makanlah makanan yang mempunyai kandungan anti oksidan seperti sayuran hijau, wortel, labu, ubi dan kuning telur. Makan juga makanan yang mengandung sulfur, lisetin dan sisteina seperti bawang merah, bawang putih dan bawang Bombay. Selain itu makanlah makanan yang mengandung DHA atau asam lemak yang terdapat pada ikan salmon, mackerel dan sarden.

Cara merawat kesehatan mata yang kedua adalah dengan melakukan olahraga mata. Bukan hanya tubuh yang membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan. Namun, mata juga perlu olahraga agar syaraf dan otot yang tergang karena seharian membaca buku atau bermain computer bisa meregang kembali. Olahraga mata bisa dilakukan dengan menggosok-gosok tangan sampai terasa hangat kemudian ditempelkan dibagian mata selama tiga detik dan diulangi selama tiga kali. Cara merawat kesehatan mata lainya bisa dilakukan dengan olahraga memutarkan bola mata seperti ke atas, ke samping dan kebawah atau dengan gerakan berputar seperti arah jarum jam sebanyak 10 kali. Selanjutnya dengan cara focus anda bisa menggunakan sebuah pensil dan anda bia melihatnya secara focus dengan jarak 12 cm dari hidung, ulangi sebanyak 10 kali. Cara olahraga mata yang terakhir adalah dengan memijat pelipis mata menggunakan ibu jari. Pijat dengan gerakan searah dan berlawanan sebanyak 20 kali.

Cara merawat kesehatan mata selanjutnya  adalah dengan memberikan istirahat yang cukup. Istirahatkan mata dengan tidur yang cukup selama 8 jam sehari. Selain itu cara menjaga kesehatan mata juga dengan cara menjaga jarak pandang. Jangan terlalu dekat ketika anda menonton televise, beri jarak minial 100 cm. Begitu juga ketika anda membaca buku, beri jarak 30 cm agar mata tidak sakit. Jangan terlalu lama berada didepan layar computer yang terang dan jangan bermain hp dengan layar yang terang sambil tiduran.

Cara merawat kesehatan mata selanjutnya  adalah menghindari kebiasaan mengucek mata. Ketika mata terasa gatal itu berarti ada banyak kuman didalam mata. Jangan menguceknya, anda bisa membersihkan mata anda dengan membasuhnya menggunakan air bersih.

Cara merawat kesehatan mata selanjutnya  adalah dengan berhenti merokok, karena dengan merokok dapat mengakibatkan katarak dan kerusakan sarf optic. Selanjutnya adalah menggunakan kaca mata yang tepat. Gunakan kaca hitam untuk melindungi mata anda dari sinar UV matahri dan juga kaca utuk melindungi mata anda saat ada diruang atau tempat yang berdebu.

Cara merawat kesehatan mata selanjutnya  adalah menghindari menggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam karena bia menyebabkan iritasi mata yang ditandai dengan mata berwarna merah, pedas dan gatal. Cara merawat kesehatan mata yang terakhir  adalah jangan terlalu sering menggunakan tetes mata. Gunakan saat mata terasa perih dan gatal seminggu sekali. Karena jika terlalu sering justru akan membuat mata menjadi iritasi.

Demikianlah cara merawat kesehatan mata agar mata tetap sehat. Karena mata memiliki peran yang sanagt penting untuk kehidupan manusia. Sehingga kita perlu menjaga dan merawatnya dengan baik.