35 Manfaat Bawang Bombay dan Kandungan Gizi


Manfaat Bawang Bombay
Manfaat Bawang Bombay – Bawang bombay adalah satu diantara type tanaman yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan atau sayur. Nama ilmiah dari si besar serta berdaging tidak tipis ini adalah Allium Cepa, ia termasuk juga didalam grup klasifikasi Plantae. Tahukah Anda, kenapa ia dimaksud bawang bombay? Hal semacam ini karena bawang ini kerap di bawa pedagang India dari kota Bombay. Tetapi bukanlah bermakna ia datang dari India, lantaran menurut riset bawang bombay ini datang dari lokasi Asia Tengah, serta masihlah ada peluang ia datang dari Palestina lalu menyebar sampai ke Eropa serta India.

Apabila Anda lihat bawang merah, ia mempunyai bentuk yang nyaris sama juga dengan bawang bombay, walau demikian bentuk bawang bombay jauh semakin besar dan mempunyai bau yang begitu khas untuk memberi aroma masakan. Perkembangbiakan bawang bombay ini dengan memakai bunga yang umumnya ada di ujung tangkai yang berupa umbi, jadi bunga itu bisa jadikan bibit tanaman kembali. 

Tahukah Anda, kandungan serta komposisi gizi yang ada di bawang bombay? Nyatanya komposisi gizi yang ada dalam si besar ini begitu beragam seperti Fosfor, Abu, Kalium, Kalsium, Kalori, Lemak, Serat, Karbohidrat, Protein, Zat Besi, Vitamin, Niacin, Natrium. Karena kandungan gizinya yang begitu banyak, oleh karenanya bawang ini kerap dipakai sebagai bahan penyembuhan sampai kecantikan.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Selanjutnya manfaat bawang bombay dalam dunia kesehatan, diantaranya : 

Anti-inflamasi 

Bawang bombay mempunyai karakter anti-inflamasi yang efisien melawan beberpa type bakteri seperti E. Coli serta Salmonella. Jadi tak salah bila bawang bombay dipakai untuk menyembuhkan infeksi pada saluran kemih. 


Menumpas kanker 

Bawang bombay juga mempunyai kandungan anti-oksidan serta quercitin. Kandungan ini bermanfaat untuk melawan kanker, senyawa ini dapat berperan sebagai anti inflamasi, pencegah alergi serta antibiotik. 

Melindungi kesehatan gigi serta mulut 

Kunyah bawang bombay mentah bisa menolong anda dalam melindungi kesehatan gigi serta mulut. Kekuatan itu juga dipunyai oleh buah Apel yang merangsang keluarnya air liur semakin banyak. 

Baik untuk kesehatan jantung 

Bawang bombay bakal menolong penipisan darah dan hindari pembekuan darah. Ia bakal kurangi kadar cholesterol jahat yang ada dari lemak tidak jemu, jadi untuk Anda yang menginginkan tingkatkan kadar cholesterol baik, begitu di sarankan konsumsi bawang bombay. 

Anti alergi 

Terkecuali mempunyai karakter anti-inflamasi, bawang bombay juga mempunyai karakter anti-alergi. Quercetin, yaitu satu zat antihistamin dalam bawang type ini yang begitu menolong untuk menyembuhkan alergi. Dibanding dengan zat lain, quercetin lebih gampang diserap pada badan.

Obat tradisional asma 

Tahukah Anda apabila penyembuhan tradisional di China kerap sekali memakai bawang bombay untuk meredakan asma? Bawang bombay bakal menghindar formasi senyawa sebagai penyebabnya otot di tenggorokan kejang. Zat alami di dalamnya juga dapat keluarkan lendir pada saluran pernapasan. 

Menghindar diabetes 

Sempatkah Anda rasakan satu gelas juice bombay yang masihlah mentah? Butuh Anda kenali apabila nyatanya juice ini dapat dibuktikan begitu ampuh untuk turunkan kadar gula yang ada didalam darah, bahkan juga sangat banyak dokter yang menyampaikan bawang bombay jauh tambah baik mengatur gula darah apabila di banding dengan obat-obatan. 

Mendetoksifikasi badan 

Bawang bombay ini begitu kaya dengan kandungan sulfur, di sulfur ada asam amino yang mempunyai nama cystine serta amethionine, ke-2 asam ini mempunyai pekerjaan singkirkan toksin seperti merkuri yang ada di badan, terkecuali sulfur bawang bombay juga mempunyai kandungan vitamin C, vitamin ini yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi badan. 

Menyembuhkan sakit telinga 

Kadang-kadang kita alami sakit di bagian telinga. Tetapi tidak butuh cemas sepanjang anda sediakan bawang bombay dirumah. Lantaran bawang ini dapat jadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasinya. Langkahnya, ambillah bawang bombay lantas dipotong serta ambillah getahnya untuk dioles-oleskan di bagian telinga yang sakit. 

Menghindar osteoporosis 

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang kerap menyerang lanjut usia. Tetapi hal itu dapat diatasi dengan konsumsi makanan tinggi kandungan kalsium mulai sejak awal. Salah nya ialah bawang bombay lantaran kandungan kalsiumnya cukup tinggi. 

Manfaat Bawang Bombay untuk Kecantikan 

Terkecuali bermanfaat untuk kesehatan, nyatanya bawang bombay juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti : 

Obat jerawat 

Untuk menyembuhkan jerawat, Anda tinggal melembutkan bawang bombay, lalu tempelkan dalam muka yang berjerawat, diamkan sepanjang 15 menit, basuh dengan air bersih. Kerjakan lewat cara teratur, jerawat bakal berangsur-angsur mengecil. 

Bikin muka terlihat merona 

Kandungan beragam jenis vitamin yang ada dalam bawang bombay ini dapat berperan serta dapat bikin muka jadi merona. Anda dapat membuatnya sebagai masker muka alami. Kerjakan hal semacam ini dengan teratur supaya anda dapat lebih cepat lihat manfaat bawang bombay untuk muka Anda. 

Diet 

Manfaat bawang bombay yang lain yaitu menolong program diet. Apabila Anda menginginkan coba diet sehat, Anda dapat memakai bawang bombay sebagai menu diet, tinggal membuatnya sebagai salad sayur, serta mengkonsumsinya tiap-tiap pagi. 

Menyuburkan rambut 

Rambut Anda tidak tebal serta kerap rontok? Janganlah cemas, tangani dengan bawang bombay. Bawang ini mengandung banyak sulfur yang bisa merangsang perkembangan rambut. Langkahnya, bawang bombay dibikin bersih lantas diblender sampai halus. Saring serta ambillah airnya, pakai untuk keramas tiap-tiap pagi.

Sesungguhnya bila diterangkan lebih detil ada banyak lagi manfaat bawang bombay yang dapat disibak disini. Tetapi lantaran terbatasnya saat, sangkanya apa yang kami sudah berikan diatas cukup untuk memberi wawasan anda tentang manfaat bumbu dapur yang satu ini.