7 Manfaat Buah Naga Untuk Dikonsumsi

Sekilas Mengenai Buah Naga

Mungkin sebelum melihat bentuknya, banyak orang yang tidak memercayai keberadaan buah naga. Karena nama naga sendiri identik dengan nama hewan dalam mitos. Namun, bentuk buah naga yang memiliki bentuk dan kulit seperti naga ini memang benar adanya. Buah naga tumbuh di daerah tropis dan mulai menjadi populer. Bentuk buah dan rasa yang tidak biasa pada buah ini juga diiringi dengan harganya yang cukup mahal. Walaupun buah naga ini memiliki harga yang cukup mahal, namun tetap saja ada pembelinya. Jenis buah naga yang biasa dikonsumsi dan diolah kebanyakan adalah buah naga merah dan buah naga putih.

7 Manfaat Buah Naga

7 Manfaat Buah Naga Untuk Dikonsumsi
Berbagai manfaat buah naga bisa dirasakan bagi para penggemar buah. Buah memiliki rasa yang unik dan beragam. Ada buah yang memiliki rasa yang manis, ada juga yang berasa asam. Bahkan ada juga buah yang memiliki kombinasi rasa keduanya. Sehingga akan membuat indera lain pun ikut merasakan rasa yang ditimbulkan pada saat memakan buah ini. Buah naga, biasanya memiliki kombinasi rasa tersebut. Ada buah naga yang memiliki rasa manis saja, bahkan rasa buah naga terkadang agak tawar ketika dikonsumsi. Namun, walaupun memiliki rasa yang unik, buah naga ini memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaat untuk sebagai pencegah penyakit dan juga hal lainnya. Berikut manfaat buah naga yang bisa diketahui sehingga bisa dikonsumsi oleh Anda:

  • Menjadi Pencegah Penyakit Kanker


Penyakit kanker adalah penyakit yang dianggap menakutkan. Karena, bahaya penyakit kanker ini bisa mengakibatkan seseorang kehilangan nyawanya. Namun manfaat buah yang ada pada buah naga bisa membantu menjadi pencegah penyakit kanker yang mungkin saja bisa menyerang. Kandungan anti oksidan di dalam buah naga ini mampu mencegah kedatangan penyakit kanker. Kandungan anti oksidan ini bukan anti oksidan yang biasa. Namun, di dalamnya ini terdapat kandungan anti oksidan phytoalbumin. Kandungan inilah yang akan membantu proses pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan lain di dalam buah ini juga bisa membantu mengeluarkan racun logam yang di antaranya bisa menyebabkan kanker.

  • Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan anti oksidan pada buah naga ini juga bisa meningkatkan  sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga, Anda yang mengonsumsi buah naga ini bisa menjadi lebih terjaga kondisi tubuhnya. Cuaca yang sering berubah tiba – tiba panas atau tiba – tiba hujan ini tentunya bisa sangat menguji sistem kekebalan tubuh. Sehingga, untuk membuatnya tetap aman sebaiknya konsumsi buah naga ini dengan teratur.

  • Mencegah Penyakit Diabetes Melitus


Penyakit diabetes melitus ini sangat erat dengan penyakit orang yang terbiasa atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Kandungan di dalam buah naga ini mampu menghilangkan sel jahat yang muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Kandungan gula yang tidak banyak di dalam buah ini membuat buah ini tetap aman untuk dikonsumsi untuk penderita diabetes.

  • Mampu Membuat Nafsu Makan Meningkat


Kesulitan untuk meningkatkan nafsu makan bisa diatasi dengan cara mengonsumsi buah naga. Karena, di dalam buah naga ini terdapat kandungan vitamin B1 dan juga vitamin B2. Sehingga, hal ini sangat baik untuk dikonsumsi pada anak – anak yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan nafsu makan.

  • Menunda Penuaan Dini


Masalah penuaan dini memang kadang menjadi momok yang menakutkan bagi orang – orang yang aktif. Anti oksidan yang ada di dalam buah naga ini juga bisa membantu Anda supaya terhindar dari masalah penuaan dini.

  • Mencegah Penyakit Batuk Dan Asma


Penyakit batuk dan asma ini kadang saling berhubungan. Namun, manfaat lain dari buah naga ini juga bisa membantu mencegah penyakit batuk dan asma. Dalam buah naga, terdapat kandungan vitamin C yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat.  Jadi, siapa saja yang mengonsumsi buah naga ini bisa melawan infeksi yang menyerang tubuh.

  • Memiliki Kandungan Baik Untuk Tulang Dan Darah


Kandungan di dalam buah naga ini terdapat zat besi dan juga kalsium yang tinggi. Kandungan ini merupakan kandungan yang baik. Karena, kandungan zat besi ini dapat memenuhi 8 % dari kebutuhan hariannya. Jadi, kalsium dan zat besi ini merupakan kombinasi yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Jenis Buah Naga

Buah naga yang merupakan tanaman yang termsuk jenis kaktus ini memiliki beberapa jenis. Selain memiliki bentuk yang unik, buah naga ini juga memiliki harga yang cukup mahal. Tidak seperti buah lainnya yang tidak banyak memiliki jenis dan bentuk, buah naga ini memiliki beberapa jenis seperti sebagai berikut :

  • Buah Naga Putih


Buah naga putih ini seperti namanya, buah ini memiliki warna putih. Buah naga yang memiliki warna putih ini merupakan jenis buah naga yang paling mudah untuk dibudidayakan. Karena itu, buah naga jenis ini akan sangat mudah untuk ditemui di pasar tradisional maupun supermarket. Rasa buah naga putih ini hanya sedikit memiliki rasa manis, sehingga rasa ini akan sangat cocok untuk diolah menjadi es atau salah buah.

  • Buah Naga Merah


Buah naga merah ini memiliki daging yang berwarna merah. Tampilan buah naga merah ini sangat mirip sekali dengan buah naga putih. Dibandingkan dengan buah naga putih, buah naga merah ini memiliki tekstur lebih berair.  Buah naga merah ini biasanya memiliki rasa yang manis. Dan harga yang diberikan pada buah ini biasanya lebih mahal dua kali lipat dibandingkan dengan buah naga putih. Mengonsumsi buah naga ini secara utuh ini sangat nikmat. Rasa yang enak juga tidak kalah dengan pengolahan buah naga menjadi smoothies.

  • Buah Naga Kuning


Berbeda dengan buah naga putih dan buah naga merah, buah naga kuning ini memiliki kulit yang berwarna kuning. Untuk daging bagian dalamnya sendiri juga hampir menyerupai buah naga putih yang memiliki daging buah bagian dalam yang berwana putih, namun warna putih pada buah naga kuning ini berwarna putih cerah. Warna kuning ini ada pada bagian kulit buah naga. Buah naga jenis ini memang masih sangat jarang untuk ditemukan. Namun, sekalinya ada pun buah naga kuning ini memiliki harga yang sangat tinggi.

  • Buah Naga Hitam


Seperti buah naga kuning, buah naga hitam ini juga  masih jarang sekali ditemukan. Karena pembudidayaan buah naga jenis ini masih sangat baru. Warna alami yang muncul pada buah naga hitam ini disebabkan karena pupuk alami yang disebut dengan black natural. Pupuk ini mampu meningkatkan kandungan betakaroten yang terdapat di dalam buah naga dan membuat warna daging buah naga ini menjadi hitam pekat.

Baca juga : 22 Manfaat Buah Naga Berdasarkan Kandungan Nutrisinya

Buah Naga Tidak Memiliki Efek Samping

Untuk Anda yang mungkin merasa takut atau khawatir dalam mengonsumsi buah – buahan, ada baiknya mengonsumsi buah naga. Karena hingga saat ini, tidak ada penelitian yang membahasa masalah efek samping yang dihasilkan oleh buah naga. Karena itu buah naga ini jadi aman untuk dikonsumsi. Buah naga ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bahkan untuk para penderita penyakit dalam seperti penyakit diabetes, penyakit asma hingga penyakit jantung ini bisa ikut merasakan nikmatnya buah naga tanpa pantangan. Bahkan , untuk bayi yang masih berusia kurang lebih satu tahun pun sudah bisa mengonsumsi buah naga. Manfaat buah naga sendiri memang sangat banyak sehingga tidak perlu menghawatirkan masalah efek samping yang tidak ada di dalam buah tersebut.