Cara Unik Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Alkaline

Diet Alkaline Bertubuh proporsional atau langsing adalah dambaan setiap orang. Dengan memiliki bentuk tubuh yang proporsional, seseorang akan terlihat lebih ideal. Banyak hal yang orang lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, mulai menjaga pola makan, berolahraga sampai dengan mengonsumsi obat-obatan. Bagi orang yang memiliki tubuh kurus, mungkin hal ini tidak begitu menjadi masala, namun untuk orang yang bertubuh, kondisi ini akan menyiksa.

Cara Unik Menurunkan Berat Badan

Diet Alkaline
Cara Unik Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Alkaline
Bagaimana tidak, pola makan berlebihan langsung berdampak pada tubuh mereka, hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang bertubuh kurus, berpapun makanan yang masuk, tubuh mereka akan tetap kurus. Berbagai diet telah dicoba untuk menurunkan berat badannya, namun tak jarang dari mereka merasa tersiksa, karena harus memakan makanan yang tidak enak sampai dengan mengurangi porsi makan. Akhir-akhir ini, sekitar tahun 2013, ditemukan metode diet baru, yaitu diet alkaline. Sepintas terdengar, nama diet ini mirip dengan salah satu merk baterai. Diet ini berbeda dengan diet lainya, karena selain dapat memberikan bentuk badan yang ideal, diet ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Metode diet ini dipopulerkan di Indonesia oleh Indobarian.


Diet alkaline biasa disebut dengan pH diet atau acid-alkaline die karena berfokus pada mengganti acidic foods degan alkaline foods. Diet alkaline ini dilakukan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh acidosis. Jika tubuh kita mengalami acidic maka yang akan terjadi adalah ginjal akan bekerja berlipat-lipat untuk menetralisir acidic foods, serta kekurangan mineralyang akhirnya mengambil dari tulang untuk membuat darah lebih alkaline ada beberapa resiko penyakit yang siap mengintai jika kondisi ini terus berlangsung seperti terkenanya osteoporosis, kanker atau gagal ginjal. Secara teori, tubuh manusia memerlukan makanan yang bersifat basa karean tubuh manusia sudah bersifat asam.

Baca: | Perut buncit? |

Diet alkaline lebih menekankan pada menjaga pH tubuh yang normalnya berkisar antara 7,35 sampai dengan 7,45. Menjaga pH tubuh bermanfaat untuk mengatasi segala permasalahan tubuh seperti persoalan mood, ingatan, insomnia, daya tahan. Dasar pandangan diet alkaline ini adalah kandungan alkaline di dalam darah. Hal ini dipicu oleh beberapa jenis makanan yang dapat mengganggu keseimbangan alkaline sehingga menyebabkan pH menjadi tinngi yang berefek pada menaiknya berat badan. Contoh makanan yang mengandung asam tinggi adalah nasi, daging, ataupin pasta.

Para ahli gizi berpendapat, bahwa untuk menjalankan diet alkaline, kita tidak tidak perlu menghindari semua jenis makanan yang mengandung asam, namun diharuskan untuk menjaga keseimbangan dengan  mengurangi porsi makanan yang mengandung asam. Seperti halnya diet lain, diet alkaline juga menyarankan seseorang untuk lebih banyak mengonsumsi makanan sehat dan alami seperti sayur dan buah serta mengurangi makanan produksi pabrik yang banyak mengandung alkohol atau gula. Program diet ini dapat berjalan dengan memperhitungkan banyaknya makanan alkaline dan asam yang masuk ke tubuh.

Baca: | Merampingkan Perut |

Secara teori, menurut diet alkaline, jumlah makanan alkaline yang masuk ke tubuh adala 70 persen, sedangkan sisanya 30 persen adalah makanan asam. Sehingga pada diet alkaline ini, seseorang tidak lagi menghitung jumlah kalori yang masuk namun memperhitungkan berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsi. Terlebih, diet ini tidak membatasi atau menghalangi seseorang untuk mengonsumsi makanan tertentu, namun menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Jika dilakukan dengan teratur, diet ini dapat dirasakan dengan bertambahnya energi, berat badan yang ideal, kulit sehat, membantu sistem pencernaan, dan mengurangi ras nyeri pada tubuh. Anda tidak disarankan untuk melakukan diet berlebihan, pada diet alkaline, anda tetap disarankan mengonsumsi makanan asam, bersifat lemak.

Makanan yang dianjurkan untuk diet alkaline adalah makanan segar yang berasal langsung dari pohonnya seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Serta mengurangi makanan asam seprti makanan manis, daging, ikan, unggas dan berbagai makanan olahan lainnya. Dengan banyak mengonsumsi makanan alami, jumah kalori dalam tubuh akan berkurang serta berat badan menjadi ideal. Untuk menjalankan diet alkaline ini, anda harus konsisten dan tetap menjaga pola makan. Bukan berarti ketika berat badan anda telah berada pada posisi ideal, kemudian anda seenaknya mengonsumsi makanan, maka tubuh anda bisa kembali melar. Diet alkaline adalah diet sehat yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan namun juga menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit.