14 Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

Manfaat Buah Strawberry atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut stroberi merupakan salah satu jenis buah yang bisa dikatakan tidak terlalu sering dan mudah kita temui baik dipasar tradisional maupun di supermarket. Hal ini terjadi karena buah strawberry tidak mudah hidup dan berkembang di tempat sembarangan, akan tetapi umumnya hanya dapat tumbuh subur di daerah dataran tinggi dan memiliki suhu atau cuaca yang sejuk. Warna dan bentuknya yang lucu, cantik dan manis dengan warna merah merona membuatnya menjadi buah yang memiliki tampilan fisik yang sangat menarik, sehingga sering dijadikan garnish pada aneka hidangan penutup, dan minuman.

Manfaat Buah Strawberry

7 Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan

Strawberry memiliki rasa yang segar, manis dan asam yang sangat unik, sehingga selain dikonsumsi secara langsung, buah ini juga sering diolah menjadi selei, permen, sirup, es krim bahkan menjadi bagian dari obat-obatan. Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah strawberry sangat banyak diantaranya vitamin A, B, C, B2, B3, B5, B6, E, K, magnesium, sodium, kalsium, potasium, zat besi, asam folat, seng, beta karoten, dan antioksidan.

Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung didalam buah strawberry membuat buah ini sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit serta membantu memelihara kecantikan kulit Anda.

Dibawah ini akan kami uraikan secara singkat tentang apa saja manfaat strawberry untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

7 Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan

Berikut ini 7 manfaat buah strawberry bagi kesehatan yang penting untuk Anda ketahui, yaitu :

1.     Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Gangguan sistem pencernaan akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori, lemak, karbohidrat, dan minyak lambat laun akan membebani sistem pencernaan Anda, dan seringkali menjadi penyebab berbagai gangguan kesehata. Kandungan serat yang tinggi pada buah strawberry berfungsi untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan, melancarkan buang air besar dan menurunkan kadar gula darah.

2.     Meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh)

Kandungan vitamin C yang terkandung pada buah strawberry menjadikannya sebagai antioksidan alami yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua penyakit disebabkan oleh sistem imunitas dan kekebalan tubuh yang menurun, maka dari itu sangat penting untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

3.     Melindungi kesehatan mata

Kekurangan nutrisi, vitamin yang berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas yang seringkali menjadi penyebab gangguan kesehatan mata, terutama karena faktor pertambahan usia membuat setiap orang membutuhkan vitamin C, falvonoid, dan antioksidan  untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab ganggung fungsi mata, katarak, serta degenerasi makula.

4.     Anti kanker dan anti inflamasi

Kombinasi antara senyawa kimia sepeti fenol, vitamin C, folat, dan flavonoid ternyata menghasilkan sifat anti kanker dan anti inflamasi yang sangat efektif menghambat terbentuknya sel-sel kanker, dan melawan enzim COX (Cyclooxygenase) yang menjadi penyebab terjadinya inflamasi atau peradangan.

5.     Mencegah gangguan fungsi jantung

Jantung manjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia, dan bila terjadi gangguan fungsi jantung, maka ada berbagai penyakit kronis yang mengancam kesehatan manusia. Kandungan serat, folat, vitamin C dan flavonoid (antioksidan) dan rendahnya kalori dan lemak pada strawberry membuatnya menjadi sangat efektif untuk mengurangi kolesterol jahat pada darah dan memperkuat otot-otot jantung, sehingga fungsi jantung menjadi lebih maksimal.

6.     Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan nutrisi pada strawberry seperti magnesium, kalium, dan vitamin K membuatnya berfungsi untuk menjaga struktur dan kesehatan tulang.

7.     Memelihara kesehatan otak

Jaringan dan syaraf otak seringkali mengalami pelemahan seiring dengan pertambahan usia seseorang, sehingga bila tidak dijaga akan mengganggu fungsi otak. Vitamin C, antioksidan dan yodium yang terdapat pada strawberry berfungsi memelihara fungsi otak.

7 Manfaat Buah Strawberry Bagi Kecantikan

Setelah mengetahui 7 manfaat buah strawberry bagi kesehatan, maka selanjutnya adalah mengetahui 7 manfaat buah strawberry bagi kecantikan.

Berikut ini 7 manfaat buah strawberry bagi kesehatan Anda, yaitu :

1.     Membersihkan Kulit

Ekstrak buah strawberry dapat digunakan sebagai scrub alami untuk membersihkan kulit secara lebih optimal karena mengandung vitamin C, antioksidan, exfoliant dan asam salisilat.

2.     Mengangkat sel-sel kulit mati

Asam salisilat, vitamin C, exfoliant, dan antioksidat pada buah strawberry membuatnya sangat baik dijadikan masker wajah karena dapat berfungsi mempertahankan keremajaan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

3.     Membuat Kulit lebih cerah

Selain membersihkan kulit, dan meremajakan kulit kandungan nutrisi dan vitamin pada buah strawberry juga mampu melindungi kulit terhadap polusid dan paparan sinar ultraviolet, sehingga kulit nampak lebih cerah dan putih merona.

4.     Mengatasi jerawat

Kandungan vitamin C pada buah strawberry membuatnya mampu memproduksi kolagen dalam tubuh secara alami, dimana kolagen memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit, termasuk juga jerawat.

5.     Mengencangkan kulit

Kandungan anti oksidan dalam buah strawberry membuatnya mampu melawan radikal bebas dan racun (toxin), sehingga menghasilkan kulit yang halus, kencang dan mencegah kerutan.

6.     Memelihara kesehatan rambut

Selain bermanfaat untuk kulit, buah strawberry juga dapat memelihara kesehatan rambut karena kandungan vitamin dan nutrisi  yang mampu membuat rambut lebih bersinar dan mengkilap alami.

7.     Mengatasi kulit pecah-pecah pada kaki

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit pecah-pecah pada telapak kaki, maka buah strawberry dapat berfungsi sebagai scrub untuk digosokkan pada telapak kaki untuk melepaskan sel-sel kulit mati dan kasar yang terdapat pada kaki. Anda cukup mencuci kaki sampai bersih dengan air dingin, setelah itu oleskan krim kaki yang terbuat dari buah strawberry yang telah dibuat pasta dengan campuran gandum dan tetes gliserin.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, akan tetapi buah strawberry yang sebaiknya Anda konsumsi dan gunakan adalah strawberry versi organik karena Dirty Dozen yang setiap tahunnya mengeluarkan daftar buah dan sayur yang mengandung residu pestisida tertinggi ternyata memasukkan buah strawberry sebagai salah satu buah dengan resiko kandungan pestisida yang tinggi. Dan yang perlu Anda pahami adalah makanan yang mengandung pestisida dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk fungsi ginjal.

Buah strawberry memiliki khasiat yang banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan manusia, baik dengan cara dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dulu. Namun segala sesuatu sebaiknya dikonsumsi atau digunakan secara tidak berlebihan akan tetapi lebih baik sedikit namun rutin dan teratur. Kesehatan dan kecantikan merupakan investasi yang sangat berharga dan mahal harganya, maka dari itu ada baiknya bila mulai sekarang Anda mulai memilih menjaganya dengan cara-cara yang alami karena selain tidak memiliki efek samping dikemudian hari, juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

Semoga uraian singkat diatas dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat bagi Anda tentang manfaat buah strawberry.