14 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Serta Kecantikan Kulit

Manfaat buah jambu biji selain untuk dikonsumsi karena rasanya yang lezat serta segar, ternyata jambu biji juga berkhasiat menyembuhkan penyakit serta menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Lantas apa saja kelebihan dari buah jambu biji ini dan zat penting apa yang terkandung di dalamnya? Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Serta Kecantikan Kulit

Sekilas Info Tentang Jambu Biji

Jambu biji mempunyai nama latin yaitu Psidium guajava dan masih masuk ke dalam keluarga dari Myrtaceae. Di beberapa daerah terutama Indonesia, jambu biji sering disebut dengan nama jambu klutuk atau jambu siki. Mengapa demikian? Karena jambu klutuk ketika dimakan, biji-biji yang keras akan berbunyi klutuk-klutuk saat dikunyah. Buah jambu biji ini adalah buah yang umum dan mudah ditemukan di wilayah Asia. Bentuk buahnya bulat dan buahnya ada yang berasa manis ada pula yang rasanya sangat masam. Daging buah jambu biji warnanya ada yang putih, ada pula yang berwarna merah muda. Bijinya terkenal sangat banyak dan berukuran kecil-kecil. Belakangan ditemukan varietas yang lebih unggul yang rasanya begitu manis dan hampir tidak mempunyai biji.

Nutrisi Penting dalam Jambu Biji

Seperti yang telah diketahui bersama, jambu biji ternyata sangat kaya dengan vitamin C, dan kandungannya lebih besar dibandingkan buah jeruk serta buah kiwi. Selain itu kandungan seratnya terutama jenis pektin yang adalah serat larut, kemudian kandungan mineral yaitu magnesium serta mangan, begitupula asam amino esensial contohnya tryptophan sangat besar kandungannya. Jambu biji ternyata juga mengandung asam elagat, asam korbigen serta asam linoleat yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam satu buah jambu biji dengan berat 275 gram bisa memenuhi kebutuhan vitamin C hingga dua orang anak usia rentang 13 sampai 20 tahun. Daripada buah nanas, jambu biji, mempunyai 30 kalori yang lebih banyak setiap porsinya, protein tiga kali lipat serta serat empat kali lebih besar.

Manfaat dan Khasiat Jambu Biji Bagi Kesehatan serta Kecantikan

Setelah mengenal secara singkat tentang jambu biji serta mengetahui beberapa kandungan bahan aktif di dalamnya, berikut ini akan kami sampaikan mengenai banyak khasiat dari jambu biji bagi kesehatan serta kecantikan tubuh dan kulit:


  1. Jambu biji berkhasiat menyembuhkan infeksi yang menyerang. Manfaat buah jambu biji ini dapat kita temukan karena kandungan dari vitamin C yang tinggi. Selain itu buah ini juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Saat Anda sedang sakit radang tenggorokan ataupun flu, bisa mengkonsumsi buah ini, karena bisa mempercepat kesembuhan dari infeksi.
  2. Jambu biji bisa mencegah penyakit kanker. Vitamin C yang banyak serta flavonoid dari jambu biji mampu menjadi antioksidan kuat yang bisa menghambat produksi dari nitrosamin yang merupakan zat pemicu kanker. Vitamin C juga mampu menstimulasi kerja selenium untuk penghambatan sel kanker baik itu kanker prostat, usus besar, payudara maupun kanker paru-paru. Zat likopen di jambu merah bisa menghentikan oksidasi lemak dan juga bisa mencegah penyakit kanker.
  3. Mengantisipasi penyakit jantung koroner. Kandungan kalium pada jambu biji bisa membuat detak jantung lebih teratur. Asam linoleat serta asam elagat, asam korbigen dan serat bisa mengikat lemak dan menghindari pembentukan plak yang memicu penyakit jantung koroner.
  4. Mampu menangani penyakit diabetes. Serat pektin bisa berperan menurunkan kadar dari glukosa darah dan jambu biji aman dikonsumsi penderita diabetes.
  5. Menurunkan tekanan darah yang tinggi atau hipertensi karena seratnya serta kalium yang juga bisa melakukan pengikatan lemak.
  6. Anti radang serta antivirus. Zat yang berperan dalam fungsi ini adalah vitamin C yang sungguh banyak, yang mampu membentuk sejenis kolagen untuk menyembuhkan luka. Senyawa flavonoidnya juga bisa berfungsi sebagai antialergi, antivirus dan juga antiradang.
  7. Meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Berdasarkan penelitian terkini, ditemukan bahwa daun jambu klutuk juga bisa bermanfaat  meningkatkan kadar trombosit penderita penyakit demam berdarah. Buah jambu biji yang dibuat minuman jus juga bisa disajikan untuk penderita demam berdarah untuk membantu meningkatkan kadar trombosit dan suplai cairan yang banyak hilang karena penurunan kadartrombosit dalam darah.
  8. Jambu biji bisa menyehatkan kelenjar tiroid, karena mengandung tembaga yang penting dalam pengaturan metabolisme tiroid. Selain itu produksi hormon serta penyerapannya dapat dikontrol. Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar yang terpenting di dalam tubuh untuk pengaturan hormon serta fungsi organ tubuh.
  9. Mengoptimalkan fungsi penglihatan. Karena jambu biji merupakan sumber utama dari vitamin A seperti wortel. Jambu biji mampu melambatkan munculnya penyakit katarak, serta degenerasi makula.
  10. Jambu biji mampu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Jambu biji merupakan salah satu sumber serat terkaya dari buah lainnya. Biji-bijinya yang berukuran kecil yang tertelan atau dikunyah mampu berperan menjadi obat pencahar. Jambu biji mampu membantu pergerakan usus halus menjadi lebih sehat serta membantu tubuh mempertahankan air serta membersihkan usus.
  11. Manfaat buah jambu biji yang lainnya antara lain adalah sebagai obat batuk serta demam. Karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi pada jambu biji, mampu mencegah infeksi virus dan dingin. Anda bisa mengkonsumsi jus jambu maupun air rebusan daun jambu dalam rangka mengurangi kadar lendir ketika batuk. Jambu biji juga mampu menjadi disinfektan tenggorokan yang bisa menghambat mikroba di paru-paru dan saluran pernapasan.
  12. Jambu biji berkhasiat untuk perawatan kulit. Zat astringen yang terkandung dalam jambu biji yang masak mampu mengatasi permasalahan kulit. Caranya cukup mudah untuk mendapatkan kulit sehat nan cantik alami, cukup memakan buah jambu biji secara langdung atau bisa direbus lebih dahulu untuk memicu zat astringen lebih banyak keluar. Selain zat astringen, kandungan vitamin C, B, dan A serta potasium sebagai antioksidan terbaik bisa mengencangkan kulit yang kendur serta membuat kulit bersinar terbebas dari penuaan dini seperti kerut dan gangguan kulit yang lainnya.
  13. Jambu biji mampu menjadi menu diet Anda, karena dapat menahan rasa lapar hingga malam tiba. Jambu biji kaya akan serat dan bisa mengikat makanan di lambung. Kandungan vitamin, protein serta mineral di dalam jambu biji mampu membuat perut lebih cepat kenyang tanpa ada bantuan karbohidrat atau kolesterol.
  14. Jambu biji bisa digunakan untuk mengobati diare. Mekanisme penyembuhan penyakit disentri dengan cara menghambat tumbuhnya mikroba dan juga menghilangkan lendir ekstra di usus. Peran penghambatan mikroba ini dilakukan oleh anti bakteri alkali serta dibantu dengan astringen yang menjadi disinfektan.

Demikian beberapa info mengenai buah jambu biji serta manfaat dan khasiat penting yang diberikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga informasi di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk pemulihan tubuh dari penyakit dan mengetahui lebih banyak tentang manfaat buah.