8 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah. Bibir yang tidak sehat bisa menghadirkan beberap permasalahan di bagian permukaannya. Permasalahan yang sering timbul adalah bibir kering dan pecah-pecah. Masalah kesehatan yang satu ini tidak bisa disepelekan. Selain menyebabkan perasaan tidak nyaman, bibir kering dan pecah juga menimbulkan rasa sakit yang bahkan bisa disertai darah.

Apa penyebab bibir menjadi kering ini? Cukup banyak sebenarnya. Berikut ini beberapa diantaranya:
  • Bernapas pakai mulut. Misal Anda sedang berada di ruang minim udara, biasanya secara otomatis mulut Anda akan menggandakan fungsinya untuk bernapas. Dan ini tidak baik, karena bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.
  • Luka atau iritasi pada kulit bibir. Contoh pemicunya adalah makanan dan kosmetik yang Anda konsumsi. Untuk masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan pemakaian lip balm setelah penggunaan kosmetik.
  • Kelebihan vitamin A juga salah satu penyebab bibir kering.
  • Selain obat dan bahan kosmetik, ternyata obat-obatan juga tak sedikit yang memiliki efek samping bibir kering.
  • Dehidrasi menjadi penyebab utama terjadinya bibir kering dan pecah-pecah. Kemudian timbul pula kebiasaan menjilat bibir yang disangka mampu meminimalisir masalah ini. Padahal, kebiasaan ini justru membuat bibir sering kering.
  • Merokok tidak hanya menganggu kelembaban bibir Anda, tetapi menghilangkan warna serta tekstur indah bibir Anda. Jadi berhentilah merokok sekarang juga.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Perlu Anda ketahui bahwa selain menggunakan lip balm untuk membantu melembabkan bibir, sudah banyak bahan-bahan alami yang biasa dipakai sebagai perawatan rumahan untuk merawat bibir kering dan pecah. Berikut ini cara alami mengatasi bibir kering dan pecah yang bisa Anda lakukan di rumah.

Madu
Cairan kental yang diperoleh dari lebah ini mempunyai beragam kemampuan. Orang yang secara rutin mengonsumsi madu lebih tahan terhadap penyakit, sebab madu mempunyai kemampuan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengetahui fungsi madu lainnya, Anda bisa melihat postingan tentang manfaat dari madu bagi kesehatan tubuh.

Kembali ke topik, madu memiliki sifat dan cara kerja yang jauh lebih baik dari lip balm, ditambah ini bahan alami yang sangat direkomendasikan. Anda bisa memakainya dengan melapisi bibir dengan madu pada malam hari menjelang tidur. Pada pagi harinya, bila masih berasa lengket maka bersihkan. Lakukan berulang hingga masalah terkait berhasil diatasi.

Minyak Samin
Di India minyak samin sering disebut dengan Kashmiri, yaitu mentega cair dari lemak hewani seperti kambing, sapi, kerbau, dan unta yang dimurnikan. Minyak ini diproduksi secara massal oleh negara-negara di benua India.  Minyak samin biasa dipakai sebagai minyak goreng. Penggunaannya di Indonesia bisa kita lihat pada pembuatan martabak, sop kambing, soto betawi, dan nasi kebuli.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah dengan memakai minyak samin sama dengan penggunaan madu tadi. Teteskan minyak samin pada kapas atau cotton bud, lalu oleskan pada bibir sebelum tidur. Lama kelamaan Anda akan mendapatkan bibir halus dan lembut tanpa make up.

Kantong Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang berkemampuan 100 kali lebih kuat ketimbang vitamin C dalam melindungi tubuh dari serangan sel kanker yang bisa tumbuh sewaktu-waktu. Silakan Anda simak mengapa teh hijau saat ini semakin terkenal akibat kandungannya pada artikel manfaat teh hijau sebagai minuman kesehatan.

Berkaitan dengan tips mengatasi bibir kering, ternyata kantung teh hijau bisa meningkatkan kadar kelembaban bibir. Cara pemakaiannya hanya dengan menempelkan kantong teh hijau pada bibir selama 5 menit. Lakukan lebih sering setiap harinya untuk menyembuhkan bibir yang kering dan pecah.

Jus Lemon
Lemon terkenal dan menjadi salah satu bahan primadona dalam mencegah permasalahan kulit karena kaya akan vitamin C-nya. Obat alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah juga bisa didapat dari jus lemon. Penggunaan rutin akan membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Cara pemakaian:
  1. Siapkan mangkuk ukuran keci, tuang satu sendok teh susu bubuk dan beberapa tetes jus lemon.
  2. Aduk hingga membentuk pasta. Letakkan dalam lemari es selama satu jam.
  3. Keluarkan dari kulkas, kemudian aplikasikan pada bibir sebelum tidur selama tiga hari.
  4. Jika pada hari ketiga bibir kering sudah tidak terlihat, berarti treatment yang Anda jalani berhasil. 
  5. Namun bila belum, maka lanjutkan untuk memperoleh hasil terbaik.

Air Bunga Mawar dan Gliserin
Larutan bunga mawar dan gliserin menjadi kombinasi bahan alami yang mampu membuat kulit tampak bersinar. Anda bisa menjajalnya dengan mengoleskan secara teratur campuran ini pada kulit. Sementara untuk merawat bibir yang kering disertai pecah-pecah, Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Siapkan mangkuk kecil.
  2. Tuang satu sendok air bunga mawar dan satu sendok gliserin.
  3. Aduk, gunakan unuk memoles bibir serta seluruh wajah Anda sebelum tidur.
  4. Hilangkan setelah pemakaian semalaman.

Dalam waktu singkat, Anda akan mendapatkan kejutan berupa kulit wajah dan bibir yang lebih sempurna dari sebelumnya.

Minyak Jojoba
Minyak jojoba pertama kali ditemukan khasiatnya oleh penduduk Amerika. Di dalamnya terkandung antioksidan alami, vitamin B, vitamin E, dan nutrisi lain yang bisa membantu menyembuhkan luka. Sejauh ini penggunaan minyak jojoba cukup efektif untuk mengatasi masalah jerawat tanpa mengurangi kelembaban kulit (justru meningkatkan).

Anda bisa mengambil beberapa tetes minyak jojoba dan mengoleskannya pada area bibir yang kering atau keseluruhan agar merata. Diamkan selama 15 menit. Untuk mengurangi kejenuhan, Anda bisa menunggunya sambil menonton atau mendengarkan musik agar lebih rileks. Bila sudah, bersihkan minyak dan biarkan kering dengan sendirinya. Penggunaan rutin akan mempercepat pemulihan dan bibir Anda secara alami akan berganti sel kulit baru.

Timun
Terdapat banyak faedah yang diberikan oleh timun, seperti untuk mengatasi masalah mata panda, Anda bisa mempercayakannya pada timun. Nah, selain itu, sayuran berwarna hijau ini juga bisa dipakai untuk mengompres bibir yang kering dan pecah-pecah. 

Tumbuk timun hingga halus, kemudian balurkan pada bibir dan diamkan selama 30 menit. Bilas pakai air biasa, lakukan sehari dua kali hingga tampak hasilnya.

Scrub Gula
Gula bisa dijadikan scrub untuk mengatasi masalah bibir kering. Anda dapat mencampurkan ½ sendok teh gula dan 2 tetes minyak zaitun. Aduk dan tempelkan scrub ini pada bibir Anda. Biarkan mengering selama 5 menit sebelum dicuci pakai air biasa. Untuk menambah kelembaban kulit bibir setelahnya, aplikasikan lip balm agar nanti bibir Anda menjadi lebih lembut dari sebelumnya.

Itulah cara alami mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang kesemuanya bisa Anda terapkan di rumah. 

Referensi:
http://www.thefitindian.com/home-remedies-to-treat-chapped-lips/

Gambar: Flickr.com