-->

Ad Unit (Iklan) BIG

8 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Daun Pepaya. Daun pepaya adalah sayuran yang dipetik dari pohon pepaya, berbentuk simetris apabila bagian atas dilipat. Daun pepaya bercita rasa pahit jika masih muda, tetapi kalau direbus lebih lama zat yang membuatnya jadi pahit akan berkurang.

Manfaat Daun Pepaya
Daun Pepaya
Selain biasa dijadikan lalapan, daun pepaya juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit ataupun memproteksi tubuh dari berbagai bakteri penyebab penyakit. Pada kali ini akan dijelaskan secara ringkas manfaat daun pepaya, tetapi sebelumnya Anda juga harus mengetahui manfaat buah pepaya.

Kandungan Daun Pepaya

Sebagai tumbuhan bergizi tinggi sudah pasti karena kandungan nutrisinya yang melimpah, berikut diantaranya.
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 
  • Vitamin C
  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium pembentuk tulang
  • Carposide sebagai obat cacing
  • Zat papain yang sama seperti pada buahnya, zat ini yang menjadikan rasanya pahit.

Manfaat Daun Pepaya

Sementara manfaat daun pepaya sendiri sudah banyak yang membuktikan keefektifannya. Anda bisa mempercayainya setelah tahu informasi yang akan diulas berikut ini.

1. Obat Batu Ginjal

Manfaat Daun Pepaya
Sediakan beberapa lembar daun pepaya segar dari pohon, bilas dengan air kemudian rebus selama 10 menit. Air rebusan daun pepaya diminum sampai habis, selang 30 menit minumlah air kelapa muda. (Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak diperkenankan mencoba pengobatan ini).




2. Obat Sakit Perut Saat Haid

Manfaat Daun PepayaPersiapkan bahan berupa selembar daun pepaya, tumbuk bersama dengan buah asam dan garam. Tambahkan air matang, campuran tersebut diperas dan disaring, diakhiri dengan meminum airnya pada saat haid.





3. Disentri

Manfaat Daun Pepaya
Rebus 2 lembar daun pepaya yang telah dicuci bersih dalam panci berisikan 1 liter air dan 1 sendok teh bubuk kopi hitam, jika sudah mendidih saring dan minum airnya satu gelas perharinya.





4. Obat Diare

Manfaat Daun PepayaPersiapkan bahan berupa minyak kelapa dan daun pepaya secukupnya. Daun pepaya dilayukan dan rebus bersama minyak kelapa, tempelkan racikan bahan tersebut pada perut sampai diare sembuh.





5. Obat Cacing Perut

Manfaat Daun PepayaSiapkan bahan berupa 1 lembar daun pepaya, cuci bersih. Rebus dalam 2 cangkir air dalam panci bersamaan dengan tanaman adas pulowaras sampai mendidih. Saring air rebusan tadi dan minum setelah dingin setiap malam menjelang tidur.




6. Obat Keputihan

Manfaat Daun PepayaGunakan 1 lembar daun pepaya yang bersih, kemudian rebus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari. Air rebusan daun pepaya dan akar alang-alang tersebut Anda saring dan minum airnya sampai habis setiap satu hari sekali.




7. Obat Jerawat

Manfaat Daun Pepaya
Langkah awal bersihkan wajah menggunakan air hangat. Kemudian haluskan daun pepaya dan tumbuk atau diblender, campurkan dengan air. Air hasil campuran daun pepaya (sari) tersebut dicampur dengan masker dan gunakan untuk membalur wajah. Setelah 15 menit mengering, bersihkan dengan air hangat lagi, terakhir usap wajah menggunakan air dingin.


8. Obat Flek Hitam

Manfaat Daun Pepaya
Jika bekas jerawat ataupun noda hitam yang menempel di wajah tidak terlalu banyak, gunakan metode ini. Caranya haluskan daun pepaya dengan cara dibubuhkan atau ditumbuk atau diblender dan tambahkan air. Air sari daun pepaya dicampurkan dalam masker dan aplikasikan pada wajah secara merata. Tunggu 15 menit sampai masker kering dan bersihkan menggunakan air hangat sampai masker terangkat.

Manfaat daun pepaya diatas tentu tidak terlepas pada kandungan yang terdapat di dalamnya. Perlu juga Anda ketahui bahwa beberapa masalah diatas akan sembuh total jika dilakukan secara teratur dan terkontrol oleh dokter. Walau bagaimanapun Anda tidak bisa mengabaikan saran dari ahli medis, yaitu dokter.

Sebetulnya masih banyak beberapa manfaat daun pepaya lain, misalnya untuk menambah nafsu makan, membasmi sel kanker, memperlancar sistem pencernaan manusia, mengobati DBD (Demam Berdarah Dengue), kebutuhan nutrisi Balita dan masih banyak lagi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter