-->

Ad Unit (Iklan) BIG

21 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar, Bekerja, dan Sholat

Cara menghilangkan rasa malas ketika belajar, sholat, bekerja, dan berolahraga. Tips mengatasi rasa malas yang efektif dan dibahas lengkap.
Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu. Rasa malas adalah penyakit paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang. Jika Anda membuat rencana untuk membangun usaha dari nol dengan matang-matang, kemudian saat berusaha malah tersandung dengan rasa malas, hal tersebut akan menghambat kesuksesan Anda.

Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut, begitupun sebaliknya. Biasanya orang yang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu. 

Disini bisa jadi karena latar belakang orang tersebut seperti apa, bagi yang tingkat perekonomiannya tinggi sangat sulit untuk memotivasi diri menjadi lebih baik, oleh karenanya orang-orang yang seperti ini sangat mudah bermalas-malasan karena sudah terlanjur enak hidupnya. Beda dengan yang memulai hidup dari nol, pasti terbangun motivasi yang sangat kuat untuk menjadi orang hebat.

cara menghilangkan rasa malas

Cara Menghilangkan Rasa Malas

Malas adalah hal yang wajib untuk diperhatikan, jika tidak maka bisa membawa dampak negatif terhadap karir, pendidikan bahkan kesehatan Anda. Oleh karena itu tepat pada postingan ini saya ingin mengulas sedikit cara mengatasi rasa malas
Untuk mempersingkat waktu, berikut ini cara mengatasi rasa malas yang bisa Anda terapkan:

1. Menata Hidup

Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Kita ambil contoh seseorang yang tidak merapikan tempat tidur ketika bangun pagi, membersihkan ruangan kerja, meja kerja yang mana material penumpangnya tidak tertata rapi, penyimpanan dokumen atau arsip yang tidak terorganisir, catatan yang berantakan, dan masih banyak lagi.

Jika sudah demikian dan telah berlangsung lama tanpa disadari akan membuat diri Anda menanam rasa malas yang akut, oleh karenanya mulai sekarang pastikan bahwa segala sesuatu yang berantakan dalam hidup Anda disusun atau ditata menjadi lebih rapi dan teratur. Buatlah jadwal kegiatan harian Anda sedetil mungkin, dan jika Anda melihat suatu benda yang berantakan, beranikan diri untuk mengembalikan posisi benda tersebut ke tempat yang semestinya.

2. Kerjakan Hal Yang Sulit Dipagi Hari

cara menghilangkan rasa malasPagi hari adalah jam - jam dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh lagi berkobar semangatnya. Biasakan ketika Anda bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurut Anda sulit di pagi hari. Jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam.

Jika banyak menunda sesuatu tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan, ujung-ujungnya Anda menjadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi, di esok harinya pula Anda bisa lebih malas karena pekerjaan dihari sebelumnya belum terselesaikan.

3. Hilangkan Kebiasaan Duduk di Sofa atau Berbaring di Tempat Tidur sebelum Waktu Istirahat

Cara Menghilangkan Rasa Malas
Apabila kiranya masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, maka percepat pengerjaannya. Disamping itu jangan pernah Anda duduk di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang, meski alasannya untuk beristirahat sejenak.


Tanpa Anda sadari, kegaitan tesebut dapat memancing rasa malas yang benar-benar sulit untuk diusir, apalagi jika Anda duduk di sofa sambil nonton TV, tugas Anda yang semestinya selesai hari ini malah terbengkalai akibat Anda sudah lebih dulu beristirahat sebelum waktunya.

4. Berikan Motivasi Pada Diri Sendiri

cara mengatasi rasa malasAnda harus bisa memotivasi diri untuk menjauhi rasa malas. Seperti misalnya Anda perlu mandi pagi di hari libur, biasanya rasa malas sering muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti ini Anda tidak bisa mengikuti keinginan buruk tersebut, yakinkan diri bahwa mandi di pagi hari meski saat libur adalah hal yang wajib dan mempunyai manfaat positif terhadap diri Anda.

Dengan begitu maka lambat laun rasa malas akan pergi dan Anda akan mengerjakan hal yang tadinya terasa sulit menjadi lebih ikhlas atau sukarela. Jika masih belum bisa, minta bantuan orang terdekat untuk memotivasi Anda agar dapat mengusir rasa malas.

5. Pede Untuk Menghadiahi Diri Sendiri

cara mengatasi rasa malasSetiap Anda berhasil mengerjakan sesuatu tanpa didampingi rasa malas, jangan sungkan untuk memberikan hadiah kecil kepada diri Anda sendiri. Seperti misalnya Anda bisa bangun pagi tanpa bermalas-malasan, beri ucapan selamat pada diri Anda dan berikan sesuatu pada diri Anda karena berhasil mengatasi rasa malas tersebut.


Katakan pada diri Anda setiap kali berhasil menjalani suatu kegiatan tanpa rasa malas: “Apabila saya berhasil menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu, saya akan mencicipi makanan favorit berupa ....... di ........ sebagai hadiah untuk diri saya sendiri”.

6. Olahraga rutin

cara menghilangkan rasa malasOlahraga merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, jika setiap hari Anda rajin berolahraga maka rasa semangat yang tertanam dalam tubuh seakan tak ada habisnya. Rasa malas juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi berupa vitamin dan kurangnya olahraga. 


Maka dari itu, dalam sehari luangkan sedikit waktu, misalnya di pagi hari untuk berolahraga ringan seperti jogging selama 15 menit. Jika tidak ingin bosan, dalam seminggu bisa Anda variasikan dengan berenang, main futsal bareng teman ataupun jenis olahraga menyenangkan lainnya.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Saat belajar, rasa ngantuk dan malas terkadang juga ikut serta untuk mengambil alih konsentrasi Anda. Tapi Anda tak perlu khawatir karena tips mengatasi rasa malas ketika belajar juga ada, berikut ini diantaranya:

7. Malas Belajar Karena Ngantuk

cara menghilangkan rasa malasJika dalam belajar Anda mulai merasa ngantuk, caranya mudah. Anda hanya perlu membasuh muka dengan air dingin atau jika tubuh terasa gerah bahkan berkeringat, hentikan sejenak proses belajar Anda lalu mandi, sehabis mandi lanjutkan kembali hingga materi pelajaran yang sedang Anda bahas selesai.

8. Ganti Posisi Duduk

cara menghilangkan rasa malasJika Anda mulai tidak nyaman dengan posisi duduk Anda. Berdirilah selama beberapa detik, kemudian duduk kembali dan rubah posisi duduk dari yang sebelumnya. Jika perlu, sangat dianjuirkan untuk mengganti bangku atau kursi Anda.


9. Pindah Lokasi Belajar

cara menghilangkan rasa malasRuangan yang digunakan untuk belajar berjam-jam akan memicu rasa malas dan bosan. Maka dari itu segera siasati dengan berpindah lokasi belajar, misalnya Anda beralih dari kamar tidur ke ruang tamu, tapi jangan sampai ke dapur, memangnya mau masak. 

10. Relaksasi

cara menghilangkan rasa malasOtak yang dipaksa terus menerus bisa terbebani dan lama-lamaan dapat membuyarkan konsentrasi. Untuk mengatasi rasa penat tersebut, Anda bisa melakukan relaksasi atau penyegaran selama beberapa menit. Misalnya mendengarkan musik klasik, jalan-jalan di taman yang udaranya sejuk atau memandangi ombak di pantai bagi Anda yang tinggal di pesisir.

11. Sambil Makan Cemilan

cara mengatasi rasa malasAgar suasana belajar Anda menjadi lebih menyenangkan, selingi kegiatan belajar dengan aktivitas lain seperti makan cemilan sehat. Siapkan beberapa buah pisang ataupun apel dimeja belajar Anda, ketika membaca buku dan memahami materi, selingi dengan makan buah tersebut. Pergerakan di mulut akan membuat otak Anda tidak terfokus pada pelajaran saja, jadinya rasa bosan tidak mudah muncul.

12. Rubah Pola Belajar

cara mengatasi rasa malas
Jika Anda terbiasa belajar dengan cara menghapalkan isi buku bukan memahaminya, segera rubah sistem belajar Anda. Atau bisa juga Anda melakukan cara lain yang lebih menyenangkan, misalnya mencari alternatif lain dalam belajar seperti mendengarkan materi pelajaran melalui media audio visual (DVD, Laptop atau tape recorder).


Cara Menghilangkan Rasa Malas Sholat

Sholat adalah ibadah yang wajib ditunaikan oleh seorang kaum muslimin dan muslimah (islam). Jika menyengaja untuk meninggalkan sholat dosanya sangatlah besar. Tetapi salah satu alasan yang membuat seseorang menjadi tidak sholat adalah rasa malas yang ditiupkan oleh setan. Anda tak usah risau, berikut ini ada tips untuk mengatasi rasa malas yang muncul saat ingin sholat:

13. Tanamkan Niat

cara menghilangkan rasa malasSegala sesuatu dapat terjadi karena didasari dengan, baik perbuatan positif ataupun negatif. Saat Anda hendak menjalankan ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat islam, niatkan dalam hati bahwa Anda ingin mendapatkan pahala, dan pikirkan juga bahwa meninggalkan sholat itu dosa besar dimana ganjarannya adalah api neraka yang sangat panas.

14. Imbangi Dengan Kebiasaan

cara mengusir rasa malas"Seseorang menjadi bisa karena terbiasa", pepatah tersebut sangat tepat untuk mewakili faktor keberhasilan seseorang. Jika Anda pria, biasakan untuk sholat di masjid atau musholla dekat rumah, lama kelamaan aktivitas ini akan tertanam kuat didalam hati sehingga menjadi kebiasaan yang sangat sulit ditinggalkan.

15. Jangan Menunda Waktu Sholat

cara menghilangkan rasa malas sholatJangan bilang nanti ketika mendengar seruan Allah. Walau Anda sedang mengerjakan pekerjaan yang statusnya sulit, hentikan beberapa saat untuk menyembah Allah. Ketika sholat hati dan pikiran menjadi lebih tenang, disamping itu tanpa disadari pekerjaan Anda akan cepat terselesaikan karena muncul berbagai inspirasi setelah Anda mengerjakan sholat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

Rasa malas juga tak jarang hinggap pada diri ketika bekerja. Rasa malas ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama mengganggu Anda, segera usir dengan tips mengatasi rasa malas dalam bekerja berikut ini.

16. Basuh Muka

cara menghilangkan rasa malas
Seperti yang telah dijelaskan berikutnya, cara paling cepat untuk mengusir rasa ngantuk yang akhirnya memicu malas adalah membasuh muka. Dengan membasuh muka maka otot  menjadi lebih rileks, wajah dan otak terasa lebih segar sehingga siap untuk melahap pekerjaan yang belum terselesaikan.



17. Hirup Udara Pagi

cara menghilangkan rasa malasUdara pagi masih segar karena belum tercampur oleh polutan dari asap kendaraan bermotor dan pabrik. Jadi, jika Anda ingin membuat tubuh lebih bersemangat sebelum bekerja. Bermeditasi selama beberapa menit di pagi hari, sangat dianjurkan melakukannya sebelum jam 06:30 pagi.

18. Tengok  Teman Anda Yang Sukses

cara menghilangkan rasa malasMengamati teman yang sukses karena dirinya giat dan tekun dalam bekerja bisa membuat Anda ikut ulet dalam mengerjakan sesuatu. Jangan ragu juga untuk menanyakan apa saja hal yang memotivasi teman Anda sehingga bisa sukses seperti sekarang.



Cara Menghilangkan Rasa Malas Berolahraga

Olahraga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh Anda dari luar. Maka dari itu jangan biarkan rasa malas menahan keinginan Anda untuk berolahraga, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa malas saat berolahraga.

19. Lakukan di Rumah

cara menghilangkan rasa malasJika Anda tidak ada waktu luang untuk fitness atau nge-gym, kenapa tidak melakukannya sendiri dirumah? Sudah banyak tutorial di Internet perihal terkait membentuk tubuh ideal di rumah, yang terpenting Anda tekun dan konsisten dalam menjalankannya.

20. Cari  Tempat Fitnes Yang Cocok

cara menghilangkan rasa malasJika Anda sudah menjadi member di salah satu pusat kebugaran di daerah Anda, terkadang ada saja alasan yang membuat Anda malas untuk pergi ke tempat tersebut sewaktu-waktu.



Masalah tersebut dapat terjadi, mungkin dikarenakan faktor lingkungan dan jenis latihan yang sudah tidak cocok lagi. And then, carilah tempat tempat fitness lain yang berisi orang-orang baru juga.

21. Jangan Mudah Bosan

cara menghilangkan rasa malas"Keep it fresh" itulah prinsip yang harus Anda tuangkan dalam diri ketika ingin berolahraga. Karena jika sudah bosan, alasan menarik apapun yang akan Anda peroleh dari berolahraga tidak akan mengembalikan keinginan atau mood Anda untuk berolahraga. Atau bisa juga Anda mencari jenis olahraga lain yang lebih menantang, sehingga dapat memacu adrenalin.


Dengan menerapkan cara menghilangkan rasa malas tersebut, saya belum bisa memastikan bahwa Anda berhasil menjalaninya. Sebab kemalasan itu ada tingkatnya, dan itu semua kembali pada diri Anda sendiri. Jika ingin sukses, berarti tidak boleh malas-malasan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter