-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Ketahuilah 5 Faktor Penyebab Kanker Kulit yg Paling Sering Terjadi

Post a Comment
Faktor Penyebab Kanker Kulit. Kanker kulit adalah satu keadaan kelainan sel DNA yg tidak normal di kulit manusia, dan pada umumnya menyerang sel tubuh sehat dengan ganas. Kelainan ini mengakibatkan sel tumbuh dengan tidak teratasi dan membuat massa sel kanker. Beberapa besar rusaknya DNA di sel kulit disebabkan dari radiasi ultraviolet (UV) yang diketemukan di cahaya matahari.

Diluar itu, kanker pada kulit berisiko bila kulit terserang zat beracun atau Anda mempunyai keadaan sistem kebal tubuh yang lemah. Biasanya, ada 3 jenis kanker pada kulit, pertama yaitu karsinoma sel basal yang disebut jenis kanker yang paling umum menyerang kulit, ke-2 ada karsinoma sel skuamosa, dan yang paling akhir yaitu melanoma. Nah, selain hal itu, faktor apa sekali lagi yang dapat jadi penyebab kanker kulit?
5 Faktor Penyebab Kanker Kulit yg Paling Sering Terjadi
Penyebab Kanker Kulit

Faktor Penyebab Kanker Kulit

Paparan cahaya matahari langsung 

Cahaya matahari yang memiliki kandungan UVA dan UVB dapat mengakibatkan kerusakan DNA didalam sel kulit manusia. Cahaya matahari umumnya mulai merubah DNA gen yang mengontrol pertumbuhan sel kulit. Bila Anda sangat lama dan terus-terusan terserang paparan cahaya matahari, Anda dapat berisiko besar terserang kanker kulit.

Lantas, paparan cahaya matahari relatif paling beresiko di jam-jam spesifik, seperti diatas jam 10 hingga jam 5 sore. Bila Anda teratur keluar tempat tinggal tanpa ada menggunakan cream tabir surya, hal tersebut dapat juga meningkatkan resiko kanker di kulit Anda.

Menggelapkan kulit dengan alat UV 

Menggelapkan kulit atau umum di kenal dengan tanning, adalah satu diantara penyebab kanker kulit yang sering terjadi. Hal semacam ini diakui karna alat tanning kulit memakai lampu UV untuk buat kulit lebih gelap. Seperti yang diketaui, bila paparan cahaya UV secara segera dan terus-terusan dapat mengakibatkan kulit alami penuaan awal.

Sebaiknya, tanning tidak dikerjakan terus-terusan karna dapat beresiko jelek untuk kulit. Jikalau Anda sudah mengerjakannya, Anda dapat berkonsultasi ke dokter manfaat mengurangi efek resiko kanker kulit. Andapun dapat memakai sebagian obat-obatan medis yang bermanfaat melakukan perbaikan beberapa sel kulit sesudah tanning.

Infeksi yang umumnya dikarenakan beberapa bahan kimia 

Kulit yang terluka (luka bakar, luka borok, maupun luka baru) lantas terserang beberapa bahan kimia atau cahaya UV, dapat jadi satu diantara penyebab kanker kulit. Beberapa bahan kimia yang mengakibatkan kulit terserang kanker diantaranya zat arsenik dan petrolium. Walau tidaklah terlalu berisiko tinggi, namun masih tetap saja hal itu dapat mengakibatkan rusaknya sel pada kulit.

Merokok 

Telah banyak di ketahui, bila merokok merugikan kesehatan. Selain kanker paru-paru, kanker kulit dapat juga jadi satu diantara ancamannya. Menurut beberapa pakar Archives of Dermatology, bila perokok mempunyai kebal tubuh yang lemah, mereka umumnya rawan pada sel kanker.

Terkena radiasi 

Ya, selain sebagian penyebab diatas, radiasi juga bertindak banyak pada penyebab kanker kulit manusia. Pasalnya, pemakaian radiasi cahaya X yang cukup lama juga akan mengakibatkan kondisi atau keadaan, seperti sindrom nevus sel basal atau xeroderma pigmentosum. Dimana ke-2 keadaan itu begitu berisiko terserang penyakit kanker kulit. Umumnya keadaan ini sering dihadapi oleh orang yang melakukan kemoterapi, atau ada di lingkungan pabrik yang miliki radiasi tinggi.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter