39 Manfaat Terong ungu untuk kesehatan dan kecantikan

shares

Manfaat Terong ungu – Siapa saja tentu kenal dengan terong, dari umur anak-anak sampai dewasa pernah mengkonsumsinya. Buah yang berupa lonjong ini sering jadikan sayuran, baik sayur lodeh, terong sambal atau terong goreng. Rasa-rasanya sedikit gurih dan lumayan enak. Tetapi banyak yang belum mengerti kalau nyatanya terong mempunyai segudang manfaat yang begitu baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Terong sesungguhnya terbagi dalam bermacam jenis, baik bentuk, warna dan ukuran juga beragam. Tetapi keseringan orang konsumsi terong yang berwarna ungu. Terong awalannya datang dari India, lalu menebar luas ke beragam negara termasuk juga Indonesia. Terong begitu gampang diketemukan dan harga nya begitu terjangkau. Hal itu karena tanaman terong gampang tumbuh dan cepat berbuah, bahkan juga tak susah untuk mengurusinya.
Manfaat Terong ungu untuk kesehatan dan kecantikan
Terong ungu
Sayangnya ada banyak orang pemula yang salah dengan berasumsi terong tak bagus untuk lelaki lantaran bisa turunkan syahwat. Walau sebenarnya asumsi itu sekalipun tak benar. Malah terong memiliki kandungan banyak nutrisi yang dibutuhkan badan dan begitu bagus dikonsumsi untuk mendukung kesehatan badan. Tidak heran apabila vegetarian suka memasukkan terong dalam menu hariannya.

Kandungan Nutrisi Terong


Di balik manfaatnya yang mengagumkan, terong memiliki kandungan beragam nutrisi yang begitu dibutuhkan oleh badan. Terong memiliki kandungan serat, vitamin A, B, C, E dan vitamin K, dan triptophan dan folat. Sebagian mineral seperti tembaga, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium dapat juga kita dapatkan pada sayuran ini. Senyawa-senyawa itu begitu utama dan diperlukan oleh badan walau dalam jumlah yang sedikit.

Terkecuali vitamin dan mineral, terong juga memiliki kandungan senyawa nasunin, yakni senyawa anti-oksidan yang diketemukan pada kulit terong. Untuk vitamin B sendiri lebih khusus lagi yakni vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niacin). Vitamin itu larut di air, dan mempunyai banyak khasiat untuk badan.

[ Baca juga: Manfaat terong hijau ]

Manfaat Terong Ungu


Menyehatkan Jantung 

Terong bisa menolong melindungi kesehatan jantung lantaran kandungan kaliumnya. Kalium bisa menstabikan detak jantung dan mencegah retensi cairan hingga penyakit jantung koroner bisa dijauhi.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

Menu Sehat Vegetarian 

Sebagai vegetarian, sedikit menu yang dapat jadikan pilihan untuk penuhi keperluan nutrisi badannya. Dengan beragam kandungan gizi yang cukup banyak, terong bisa digunakan oleh mereka supaya badan tidaklah sampai kekurangan gizi.

Tingkatkan Manfaat Otak 

Kandungan nutrisi dan fitonutrien berbentuk nasunin pada terong bisa membuat perlindungan membran sel saraf dan otak hingga bisa terlepas dari rusaknya akibat radikal bebas. Diluar itu dapat juga memfasilitasi sistem transfer pesan antar sel saraf, begitu manfaat otak bakal bertambah. Otak juga jadi lebih gampang dipakai untuk memikirkan.

Turunkan Berat Tubuh 

Badan yang melar bukan sekedar kurangi kecantikan dan tampilan badan, tetapi juga jadi sumber beragam penyakit untuk badan. Sayangnya begitu susah untuk turunkan berat tubuh bila telah terlanjur gemuk. Untuk mengatasinya dapat dicoba dengan konsumsi terong dengan cara teratur. Lantaran terong memiliki kandungan serat dan rendah kalori hingga dapat mengikat lemak dan membuangnya berbarengan feses.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

Memperlancar Pencernaan 

Bila anda alami kesusahan buang air besar, coba untuk konsumsi terong. Kandungan seratnya bakal menolong sistem pencernaan jadi lebih lancar dan BAB juga bukanlah lagi permasalahan.

Mengontrol Kandungan Gula dalam Darah 

Terong begitu kaya serat, tetapi rendah karbohidrat. Begitu terong jadi makanan yang pas untuk pasien diabetes terlebih type 2 lantaran terong bisa mengatur penyerapan glukosa dalam darah.

Membuat cerah Kulit 

Kulit bakal tampak cerah bila dirawat dan tercukupi nutrisi yang dibutuhkannya. Untuk jadikan kulit lebih cerah, kita dapat memperolehnya dengan mengonsumsi terong sebagai menu sayuran. Kandungan vitamin C nya bakal menghilangkan kekusaman pada kulit.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah alami ]

Melembabkan Kulit Kepala 

Sebagai satu diantara sayuran yang kaya nutrisi, terong begitu bagus untuk melindungi kesehatan kulit kepala. Terong bisa penuhi keperluan nutrisi di kulit kepala hingga membuatnya lebih lembab. Dan hal itu pasti bakal beresiko pada kesehatan rambut.

Mencegah Penuaan Dini 

Sinyal tanda timbulnya penuaan awal yaitu mulai terbentuknya kerutan dan flek hitam pada kulit muka. Bila dilewatkan hal itu pasti bakal kurangi kecantikan muka. Untuk mengatasinya kita membutuhkan vitamin C dan E, dan vitamin itu bisa kita dapatkan dari sayur terong.

Menolong Menghilangkan Rutinitas Merokok 

Merokok bukan sekedar membahayakan kesehatan sendiri tetapi juga orang lain yang turut hirup asap rokok itu. Untuk berhenti dari rutinitas itu juga sedikit susah lantaran rokok bisa mengakibatkan kecanduan. Satu diantara langkah yang pantas dicoba yakni dengan konsumsi buah terong. Lantaran terong memiliki kandungan nikotin walah dalam jumlah yang begitu kecil hingga lama kelamaan candu pada rokok juga bakal berhenti. Tenang saja, lantaran mengonsumsi terong akan tidak memberi bahaya seperti merokok.

Menolong Diet Sehat 

Terong bisa mencegah dan menghalangi terbentuknya plak-plak lemak didalam pembuuh darah. Begitu banyak penyakit yang bisa dijauhi cuma dengan konsumsi terong.

Mencegah Anemia 

Anemia atau kekurangan darah bisa mengakibatkan badan lemas, tak bergairah, gampang capek dan tampak pucat. Walau daam jumlah yang begitu kecil terong memiliki kandungan zat besi yang dapat menolong pembentukan sel darah merah.

Sebagai Anti Bakteri 

Terong dapat juga bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti virus, di mana parasit itu mungkin menyerang badan dan mengakibatkan beragam penyakit. Pastinya manfaat itu dapat kita dapatkan bila mengonsumsinya dengan cara teratur.

Tingkatkan Gairah Seksual Pria 

Mitos kalau terong bisa turunkan nafsu pria tak lah benar. Malah terong bisa tingkatkan gairah seksual terlebih pada pria karena karakter terong sebagai afrodisiak (bikin bergairah).

Menolong Mencegah dan Mengobati Kanker 

Kanker sebagai satu diantara penyakit membahayakan dan begitu ditakuti dapat kita hindari dengan teratur konsumsi terong. Antioksidannya bakal mencegah senyawa beresiko mengakibatkan kerusakan sel badan. Bahkan juga bisa jadikan menu untuk pasien kanker untuk menolong sistem pengobatannya.

Tingkatkan Imunitas Badan 

Badan dengan sisterm imun yang baik bakal terlepas dari beragam penyakit. Lantaran badan senantiasa dalam kondisi sempurna hingga beberapa sel bisa bekerja dengan cara maksimal. Untuk melindungi imunitas badan tetaplah terbangun kita dapat memakai terong yang kaya vitamin C.

Sumber Anti-oksidan yang Tinggi 

Seperti yang sudah dijelaskan terlebih dulu, terong memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang bisa mencegah beragam penyakit. Sebagian anti-oksidan kuat seperti caffeic, asam klorogenat, nasunin dan flavonoid bisa kita dapatkan pada terong. Jadi janganlah sangsi untuk nikmati sayur terong sebagai menu makanan pilihan.

Pelihara Kesehatan Tulang 

Tulang bukan sekedar membutuhkan kalsium saja, tetapi beberapa mineral lain juga diperlukan supaya tulang senantiasa dalam kondisi sehat. Tembaga, kalium, dan magnesium bisa membatu pelihara kesehatan tulang. Dan mineral itu ada dalam sayur terong.

Mengontrol Kandungan Kolestrol 

Untuk pasien kolestrol, harus memasukkan terong sebagai menu pilihan. Lantaran terong bisa turunkan kolestrol yang tinggi hingga dapat kembali pada keadaan normal.

Mencegah Aterosklerosis 

Aterosklerosis adalah penyakit yang memberi rasa nyeri lantaran ada penimbunan lemak pada pembuluh arteri. Kandungan senyawa dalam terong bisa turunkan kandungan lemak itu hingga rasa nyeri bakal menyusut.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi 

Kalium bukan sekedar melindungi stabilitas kerja jantung tetapi dapat juga turunkan tekanan darah tinggi. Teratur konsumsi terong bakal memberi manfaat yakni wajarnya tekanan darah.

Meredakan Nyeri Akibat Reumatik 

Di Nigeria, untuk meredakan nyeri yang dikarenakan penyakit reumatik orang-orangnya memakai sayur terong. Hal semacam ini karena terong memiliki kandungan senyawa antireumatik.

Mengatasi Kulit Kering 

Permasalahan kulit kering tak bisa diremehkan lantaran mungkin saja tandanya kurangnya nutrisi yang diperlukan oleh kulit. Untuk berikan kelembapan dan nutrisi pada kulit kita dapat konsumsi terong dengan cara teratur.

Mengontrol Zat Besi dalam Badan 

Badan kita memanglah membutuhkan zat besi dalam menolong sistem pembentukan sel darah merah. Tetapi bila jumlahnya didalam badan terlalu berlebih bakal memberi efek jelek untuk kesehatan terlebih jantung. Untuk mengatasinya, senyawa nasunin pada terong bisa menetralisir kandungan zat besi yang ada pada badan.

Tingkatkan Aliran Darah 

Peredaran darah bakal jadi lebih lancar bila kita ingin mengonsumsi terong. Lantaran kandungan kaliumnya bisa memperlebar pembuluh darah, menghilangkan lemak dan kolestrol jahat hingga aliran darah jadi lancar.

Mengatasi Gusi Berdarah 

Gusi bengkak dan berdarah mungkin saja tandanya badan kekurangan vitamin C. satu diantara makanan yang bisa penuhi keperluan vitamin C untuk badan yaitu terong.

Melindungi Kesehatan Usus Besar 

Terong yang memiliki kandungan serat bakal memperlancar system pencernaan dan buang air besar, hingga tak ada kotoran yang menumpuk terlebih di kolon atau usus besar. Begitu usus bakal jadi lebih sehat dan terlepas dari kanker usus.

Menolong Produksi Energi 

Pembentukan daya bakal jadi semakin besar dan cepat. Ha ini karena sebab vitamin B dalam terong bakal mempercepat pemecahan karbohidrat, lemak dan protein jadi daya.

Menyeimbangkan Hormon 

Bila kesehatan badan terbangun dan semuanya kesibukan sel jalan dengan maksimal, jadi produksi hormone bakal jadi seimbang. Hingga semuanya kesibukan organ badan bisa jalan dengan baik.

Melindungi Manfaat Hati 

Organ hati begitu utama peranannya dalam buang toksin pada badan. Dengan teratur konsumsi terong kesehatan hati bakal senantiasa terbangun.

Mencegah Wasir 

Pencernaan yang lancar lantaran teratur mengonsumsi terong bakal mencegah munculnya penyakit wasir. Jadi tak perlu menahan diri bila menginginkan konsumsi terong seringkali.

Menolong Sistem pembekuan Darah 

Terjadinya pembekuan darah untuk hentikan pendarahan saat ada luka di badan karena ada vitamin K. Untungnya, vitamin K dapat kita dapatkan pada terong.

Memberikan nutrisi Kulit 

Kulit memerlukan konsumsi vitamin E supaya selalu halus dan lembut. Supaya kulit senantiasa terbangun kita dapat konsumsi sayur terong.

Mensupport Perkembangan Janin 

Kandungan folat pada terong bisa menolong sistem perkembangan dan perubahan janin didalam perut sang ibu. Jadi begitu bagus konsumsi terong di waktu hamil.

Merangsang Pembentukan Sel Baru 

Vitamin B dan folat dapat juga merangsang pembentukan sel-se baru. dan nutrisi itu ada pada sayur terong jenis apa pun.

Detoksifikasi Toksin 

Riboflavin dalam terong bisa merangsang enzim pada badan untuk mendetoks senyawa kimia beresiko. Bahkan juga bahan kimia dari obat-obatan.

Mencegah Bronchitis 

Walau belum ada pembuktian dengan cara ilmiah, terong diakui dapat mengatasi dan mencegah penyakit bronchitis pada paru-paru.

Melembutkan Rambut 

Nutrisi yang ada pada terong bisa penuhi keperluan sel rambut untuk tetaplah sehat. Lewat folikel rambut, nutrisi itu bakal jadikan rambut lebih halus dan lembut.

[ Baca juga : Cara meluruskan rambut alami ]

Menghilangkan Flek Hitam dan Sisa Jerawat 

Permasalahan pada kulit muka berbentuk flek hitam dan sisa jerawat juga dapat diatasi dengan memakai terong. Hal itu karena vitamin C dan senyawa anti-oksidan yang tinggi di dalamnya.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat ]

Sekian artikel manfaat terong ungu yang dapat dihidangkan. Sesudah membaca tulisan ini akan tidak ada lagi yang melihat terong mata sebelah. Mudah-mudahan info diatas bisa memberi wawasan baru dan berguna untuk orang lain.

Related Posts