-->

Ad Unit (Iklan) BIG

39 Manfaat Kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Kayu manis – Kayu manis adalah satu diantara rempah-rempah yang banyak khasiatnya. Terkecuali untuk jadikan bumbu dapur, kayu manis juga kerapkali digunakan sebagai bahan obat-obatan alami yang masihlah berbentuk tradisional. Tanaman yang termasuk juga genus Cinnamomum ini mempunyai aroma yang khas, hingga begitu nikmat bila digabungkan pada minuman, kue maupun masakan keseharian.

Sekurang-kurangnya ada 55 jenis kayu manis yang sudah diketemukan di semua dunia, tetapi yang biasanya digunakan di Indonesia ada 12 jenis. Kayu manis kerapkali dipakai untuk memberi aroma dan cita rasa makanan, minuman, obat herbal sampai kosmetik. Karena sangat banyak manfaat dari kayu manis, rempah satu ini mempunyai nilai ekspor yang cukup tinggi. Bahkan juga diluar negeri sana harga kayu manis termasuk cukuplah mahal.
Manfaat Kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan
Kayu manis

Kandungan Senyawa dalam Kayu Manis


Kayu manis memiliki kandungan sebagian senyawa yang membuatnya jadi begitu bermanfaat. Senyawa itu yaitu safrol, cinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, zat penyamak, eugenol, dan minyak atsiri. Sesungguhnya minyak atsiri sendiri semakin banyak kandungannya dibagian daun. Disamping itu eugenol pada kayu manis juga terdiri lagi jadi etil sinamat, betakarofilen, linalool, dan metil kavikol. 


Sebagian kandungan senyawa yang lain seperti cinnzelanol, kumarin, benzil, benzoat, dan felandren juga ada dalam kayu manis. Sebagian mineral seperti zat besi, mangan dan kalsium dapat juga diketemukan dalam kayu manis walau dalam jumlah yang begitu kecil. Semuanya senyawa itu memberi dampak yang cukup besar untuk pelihara kesehatan. Jadi tak heran apabila beberapa orang yang mencari kayu manis untuk beragam kepentingan.


Manfaat Kayu Manis


Nah, saat ini kita bakal tahu apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit kayu manis ini. Di bawah ini yaitu manfaat kayu manis baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Mencegah Penggumpalan Darah 

Waktu berlangsung luka atau peradangan di badan, umumnya bakal berlangsung perdarahan. Tetapi kadang-kadang darah itu alami penggumpalan yang bisa menyumbat pembuluh darah. Hal itu pasti bakal beresiko pada kesehatan. Untuk mengatasinya kita dapat konsumsi kayu manis supaya penggumpalan darah bisa dihindari.

Meredakan Nyeri Waktu Haid 

Hal yang lumrah bila waktu haid perut merasa nyeri dan kram. Bahkan juga kadang-kadang hingga bikin wanita yang merasakannya tak dapat beraktivitas keseharian. Hal itu bakal menghalangi agenda yang bakal ditangani. Supaya rasa nyeri menyusut, minumlah ramuan kayu manis dengan dosis yang pas.

[ Baca juga : Cara mengobati nyeri haid ]

Mengatasi Penyakit Reumatik 

Penyakit reumatik begitu mengganggu lantaran rasa nyeri yang diakibatkan di sekitaran persendian bikin keadaan badan jadi tak nyaman. Untuk meredakan rasa sakit saat reumatik kambuh, kita dapat memakai kayu manis.

Menyeimbangkan Hormon dalam Badan 

Hormon mempunyai manfaat yang begitu utama dalam mengatur berjalannya manfaat organ badan. Bila keadaan hormon tak seimbang, jadi keadaan badan juga tak stabil. Supaya hormon tetaplah seimbang, kita bisa memakai kayu manis. Kandungan cinnamaldehyde pada kayu manis bakal mengatur kandungan hormon pada badan kita.

Mengatasi Penyakit Jantung 

Penyakit jantung dapat menyerang siapapun, dan kerapkali nampak mendadak. Untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung, kita dapat memakai kayu manis bubuk supaya jantung terlepas dari serangan bakteri dan infeksi.

[ Baca juga : 12 Gejala penyakit jantung ]

Mengatasi Penyakit Diabetes 

Kayu manis bisa mengontrol kandungan gula dalam darah. Hal itu karena kayu manis bisa merangsang produksi insulin, yang mengatur gula darah tetaplah normal. Cuma dengan ukuran satu gr kayu manis bubuk saja telah dapat mengatur gula darah berlebihan pada badan.

[ Baca juga : Gejala diabetes ]

Mengobati Kolesterol 

Umumnya makanan sekarang ini semakin banyak memiliki kandungan kolesterol jahat dibanding kolesterol baik. tingginya kandungan kolesterol pada badan bakal memberi efek jelek pada kesehatan. Untuk kembalikan kandungan kolesterol ke keadaan normal kita dapat memakai kayu manis.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol ]

Sebagai Anti Bakteri 

Mencampurkan sedikit bubuk kayu manis ke pada minuman seperti teh atau minuman jahe bakal memberi manfaat untuk badan. Kayu manis bisa melakukan tindakan sebagai anti bakteri, hingga dapat membuat perlindungan badan dari beragam jenis bakteri.

Menghangatkan Badan 

Waktu cuaca tengah dingin atau musim hujan, kita tentu memerlukan penghangat seperti minuman hangat dan pakaian hangat. Supaya badan lebih merasa hangat dari dalam, kita dapat konsumsi kayu manis yang digabungkan ke pada makanan atau minuman.

Sebagai Sumber Mineral 

Walau dalam jumlah yang begitu kecil, kayu manis tetaplah mempunyai kandungan mineral yang diperlukan oleh badan. Mineral itu bakal menolong dalam semua kesibukan sel di badan kita.

Jadikan Badan Lebih Rileks 

Waktu badan tengah capek atau fikiran capek sampai stres, sebaiknya bersantai sesaat sembari nikmati minuman hangat yang sudah digabungkan dengan kayu manis. Aromanya yang khas bakal memberi rasa tenang hingga badan jadi lebih santai.

Mengatasi Penyakit Magh 

Janganlah dianggap remeh dengan penyakit magh, lantaran bila telah kronis semakin lebih susah untuk diobati dan bisa meneror nyawa. Supaya penyakit itu tak jadi lebih kronis, kita bisa mengatasinya dengan konsumsi kayu manis.

Tingkatkan Kesuburan 

Kayu manis bisa tingkatkan kesuburan baik pada pria ataupun wanita. Untuk pria, kayu manis bisa melakukan perbaikan kwalitas semen dan sperma, sedang untuk wanita bisa menguatkan otot rahim supaya siap waktu berlangsung pembuahan.

Mengatasi Radang Sendi (Arthritis) 

Nyaris seperti reumatik, arthritis juga memberi rasa nyeri yang mengagumkan. Supaya rasa nyeri itu menyusut, tak ada kelirunya coba ramuan kayu manis. Waktu rasa nyeri menyusut pasti kita bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Untuk memakainya, ada dua langkah.

Langkah pertama, campur madu dan bubuk kayu manis ke air yang hangat kuku, lantas berikan sembari dipijat ke sisi badan yang sakit. Langkah ke-2, campur 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis kedalam satu gelas air panas. Minum pada saat hangat tiap-tiap pagi dan malam.

Mencegah Kerontokan Rambut 

Rambut rontok mengisyaratkan rambut kekurangan nutrisi atau alami rusaknya. Bila kerontokan makin kronis peluang kebotakan bakal berlangsung. Untuk mengatasinya pakai ramuan kayu manis yang segera diterapkan di kepala. Langkah membuatnya, campur minyak zaitun panas dengan satu sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Berikan ramuan itu ke kulit kepala dan diamkan 10 menit. Basuh dengan air sampai bersih.

[ Baca juga : Cara alami mengatasi rambut rontok ]

Mengatasi Infeksi Kandung Kemih 

Meminum air hangat yang digabungkan sedikit kayu manis dan madu bisa mengatasi infeksi pada kandung kemih. Umumnya infeksi berlangsung lantaran bakteri, dan kayu manis bisa membasmu bakteri itu hingga infeksi bisa sembuh.

Mengobati Sakit Gigi 

Nyatanya kayu manis dapat juga mengobati sakit pada gigi. Langkahnya, campur 1 sendok teh kayu manis dengan 5 sendok teh madu. Berikan ramuan itu pada gigi yang sakit sekurang-kurangnya 3 kali satu hari sampai sakit gigi jadi pulih.

[ Baca juga : Cara mengobati sakit gigi ]

Meredakan Flu dan Pilek 

Flu dan pilek memanglah tak beresiko tetapi cukup mengganggu waktu tengah menggerakkan kesibukan. Untuk mengobatinya, minum ramuan kombinasi madu dan kayu manis 3 kali satu hari sampai penyakit itu pulih. Bahkan juga sinus juga bisa dibikin bersih dengan memakai kayu manis.

Mengobati Bisul 

Penyakit kulit seperti bisul bisa diobati dengan memakai kayu manis. Dapat diminum atau dioles-oleskan segera pada badan yang ada bisul. Bahkan juga bisul bakal dibasmi sampai ke akarnya.

Mengatasi Perut Kembung 

Rasa begah akibat perut kembung sungguh bikin tak nyaman. Untuk kurangi gas dalam perut, kita dapat konsumsi kayu manis yang sudah digabung dengan madu.

Kurangi Kerutan Wajah 

Terkecuali untuk kesehatan kayu manis juga telah dapat dibuktikan bermanfaat untuk kecantikan, satu diantaranya untuk kurangi kerutan di wajah. Campur 3 tetes minyak kayu manis dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Berikan kombinasi minyak itu di bagian muka yang mulai tampak ada keriput.

Mencegah Sinyal tanda Penuaan 

Bersamaan menambahnya umur pastinya akan nampak sinyal tanda penuaan satu persatu. Tetapi bila berlangsung demikian cepat pasti bakal kurangi rasa yakin diri lantaran tampilan jadi kurang menarik. Untuk mengatasinya, pakai kayu manis, lantaran senyawa cinnamaldehyde di dalamnya bakal merangsang pembentukan kolagen.

Ganti Sel Kulit Mati 

Sel kulit bakal alami pergantian terus-terusan dan pastinya bakal ada sel mati yang terbentuk. Sel mati itu bakal menumpuk dan menebal hingga bakal kurangi kecantikan kulit. Dengan memakai kayu manis pengelupas sel kulit mati semakin lebih cepat hingga kulit muka tampak lebih halus.

Mengobati Jerawat 

Kayu manis bisa mengatasi permasalahan jerawat pada kulit terlebih di muka. Tetapi hati-hati dalam pemakaiannya untuk yang mempunyai kulit peka.

Mengatasi Gatal pada Kulit 

Gatak pada kulit dapat berlangsung lantaran banyak hal, salah satunya debu, kosmetik yg tidak cocok atau alergi. Untuk kurangi rasa gatal itu kita bisa memakai bubuk kayu manis.

Membuat cerah Kulit 

Satu lagi manfaat kayu manis untuk kecantikan yakni bisa membuat cerah kulit, lewat cara di buat sebagai masker. Ramuannya yaitu kombinasi yoghurt, pisang dan sedikit kayu manis. Berikan pada kulit atau muka dan diamkan sampai kering, lantas basuh dengan air bersih.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah ]

Mencegah Kanker 

Sudah dikerjakan dalam riset kalau kayu manis bisa menghalangi poliferasi sel kanker hingga bisa mengganggu sistem perubahannya. Begitu penyakit kanker bisa dihindari.

Mengatasi Masalah Neurologis 

Kayu manis bisa mengatasi ada tanda-tanda masalah neurologis seperti Parkinson, pikun, alzheimer dan yang lain yang terkait dengan saraf dan otak. Kayu manis bisa kurangi peradangan kritis pada penyakit itu, dapat juga mengoptimalkan manfaat otak.

Menghilangkan Bau Mulut 

Bau mulut begitu dijauhi kebanyakan orang lantaran begitu mengganggu kenyamanan lawan bicara. Untuk mengatasinya, tak ada kelirunya untuk coba konsumsi kayu manis yang mempunyai aroma khas.

[ Baca juga: Cara menghilangkan bau mulut ]

Sebagai Pengawet Alami 

Kayu manis yang berbentuk anti bakteri dapat juga dipakai sebagai pengawet alami. Lantaran bakteri tidak bisa berkembang biak, pasti makanan akan tidak cepat basi.

Terkecuali manfaat yang sudah dijelaskan diatas, ada pula manfaat yang lain dari kayu manis seperti :

31. Mencegah vertigo
32. Mengobati meningitis
33. Mencegah kemandulan
34. Mengatasi permasalahan gigi dan gusi
35. Meredakan radang tenggorokan
36. Mengatasi migraine
37. Dapat bersihkan darah
38. Menolong membunuh larva nyamuk
39. Tingkatkan system kekebalan badan

Tersebut manfaat kayu manis yang mengagumkan. Tetapi butuh di perhatikan kayu manis bisa mengakibatkan iritasi dan sensasi terbakar bila dipakai pada kulit. Ibu hamil juga tak bisa konsumsi kayu manis lantaran bisa mengganggu perubahan janin. Mudah-mudahan artikel ini berguna.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter