-->

Ad Unit (Iklan) BIG

39 Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat daun kelor – Mungkin saja banyak yang mengetahui daun kelor dari satu pepatah “Dunia tak selebar daun kelor”. Tetapi masihlah sedikit yang betul-betul tahu manfaat daun kelor. Daun kelor yang mempunyai nama latin Moringa oleifera ini begitu kaya kandungan nutrisi. Telah mulai sejak jaman dulu si daun mungil ini dipakai untuk mengobati beragam penyakit, bahkan juga sampai beberapa ratus penyakit.

Riset sudah dikerjakan bukan sekedar pada daunnya saja, namun juga pada bunga, buah, biji dan kulit batangnya. Semuanya sisi tumbuhan ini memberi manfaat untuk kita, tetapi yang tertinggi khasiatnya dan kerap dipakai yaitu daunnya. Karena sangat banyak manfaat yang didapatkan, beberapa peneliti menjulukinya sebagai “Miracle Tree” atau pohon ajaib.
39 Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan
daun kelor
Umumnya daun kelor dan buah polongnya dikonsumsi sebagai sayuran, sedang akar dan bijinya diekstrak untuk jadikan minyak kelor. Beberapa ribu studi sudah melaporkan beragam manfaat dari daun kelor, dan beragam negara sudah memakainya. Untuk memakainya juga ada beragam langkah, sesuai sama kebutuhannya dalam penyembuhan.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor begitu kaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, kalium, protein, anti-oksidan dan beragam asam amino esensial yang begitu utama untuk badan. Asam amino itu diantaranya argine, histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan phaline.

Bila dibanding dengan bahan makanan lain, daun kelor mempunyai kelebihan dalam kandungan nutrisinya, diantaranya :


  • Kandungan kalium tiga kali lipat semakin banyak dari pisang 
  • Kandungan vitamin A empat kali lipat semakin banyak dari wortel 
  • Kandungan protein 2 x lipat semakin banyak dari sebutir telur atau yoghurt 
  • Kandungan vitamin C tujuh kali lipat semakin banyak dari jeruk 
  • Kandungan kalsium empat kali semakin banyak dari susu.


Manfaat Daun kelor

Sesudah tahu beragam kandungan nutrisi dan mineral dari daun kelor, saat ini kita bakal mengulas faedahnya satu per satu. Di bawah ini manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan.

Mengobati Penyakit Hati atau Liver 

Daun kelor dapat membuat perlindungan organ hati dari penyakit beresiko seperti hepatitis dan sirosis. Diluar itu, daun kelor dapat juga menetralkan toksin didalam hati, juga merangsang pembentukan sel hati yang baru. Orang-orang Eropa sendiri banyak mengonsumsinya sebagai sayuran untuk bersihkan hati dan terhindar dari infeksi penyebabnya penyakit.

Mencegah Obesitas 

Sebagai sayuran, daun kelor memiliki kandungan serat yang bisa membuat lancar pencernaan dan mengikat lemak yang menumpuk di perut. Dengan mengonsumsinya dengan cara teratur jadi perut buncit bisa dijauhi dan berat tubuh bakal tetaplah ideal.

Mengobati Penyakit Jantung 

Kandungan anti-oksidan yang tinggi pada daun kelor bisa turunkan tingkat lipid yang teroksidasi hingga jantung bisa terlepas dari rusaknya struktural. Dengan pemberian dosis 200 mg per kg berat tubuh tiap-tiap dari sepanjang sebulan memberi dampak yang menyehatkan untuk jantung.

Mencegah Diabetes 

Penyakit diabetes bisa menyerang siapapun, dan makin hari makin bertambah jumlah penderitanya akibat pola makan yang jelek. Penyakit diabetes nampak lantaran produksi insulin terganggu, hingga kandungan gula dalam darah berlebihan dan tidak bisa dinetralkan. Untuk merangsang pembentukan insulin, kita dapat konsumsi daun kelor yang kaya asam askorbat.

Meredakan Nyeri Rematik 

Penyakit rematik begitu mengganggu lantaran rasa nyeri yang diakibatkan bisa menghalangi kesibukan. Permasalahan itu bisa diatasi dengan memakai daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan senyawa kolkisin yang termasuk juga kedalam kelompok alkaloid. Senyawa itu melakukan tindakan sebagai anti peradangan hingga rasa nyeri perlahan-lahan bakal hilang.

Tingkatkan Imunitas Badan 

Kandungan klorofil daun kelor cukup tinggi, hingga bisa digunakan untuk mendetoksifikasi badan dari toksin. Diluar itu kandungan polifenolnya bisa tingkatkan system imunitas badan dan mencegah radikal bebas.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi 

Desakan darah tinggi bisa dikarenakan penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya cholesterol di dinding dalam pembuluh darah. Kandungan kalium pada daun kelor bisa turunkan desakan darah lewat cara memperlebar pembuluh darah. Diluar itu dapat juga mengontrol hormon vasopressin (pengontrol desakan darah) hingga desakan darah tetaplah stabil.

Merangsang Produksi ASI 

ASI begitu diperlukan oleh bayi sebagai konsumsi gizi sebelumnya mengetahui makanan. Nyatanya daun kelor mempunyai manfaat yang sama dengan daun katuk, yakni bisa merangsang produksi ASI supaya semakin banyak. Kandungan senyawa galactagogues bakal merangsang hormon prolaktin hingga ASI jadi makin lancar. Diluar itu ASI lebih berkwalitas lantaran banyak kandungan nutrisi daun kelor yang masuk kedalam ASI.

Menyembukan Penyakit Batu Ginjal 

Batu ginjal terbentuk akibat mengendapnya zat yang tidak bisa disaring oleh ginjal. Tumpukan endapan ini bakal mengeras hingga membuat seperti batu. Bila dilewatkan lama-lama bakal menyebabkan terjadinya tidak berhasil ginjal. Untuk mengatasinya, kita dapat memakai daun kelor. Kandungan senyawa seperti alkalid moringin, moringinan dan pterigospermin bisa menghancurkan endapan batu di ginjal. Diluar itu daun kelor juga merangsang produksi urin hingga buang air kecil jadi lancar.

Mencegah dan Mengobati Kanker 

Daun kelor memiliki kandungan senyawa isothiocyanate benzyl yang bisa menghalangi timbulnya sel tumor atau kanker. Daun kelor juga memiliki kandungan 40 anti-oksidan hingga dapat mencegah radikal bebas penyebabnya mutasi pada sel.

Mengatasi Penyakit Anemia 

Penyakit anemia bisa berlangsung lantaran kekurangan zat besi hingga kekuatan darah mengalirkan oksigen jadi menyusut. hal itu bisa diatasi dengan konsumsi daun kelor lantaran kandungan zat besinya yang cukup tinggi bahkan juga melebihi daun bayam.

Menurunkan Tanda-tanda Penyakit Autoimun 

Penyakit autoimun bisa diatasi dengan daun kelor yang memiliki kandungan cysteine. Senyawa itu bisa menolong detoksifikasi toksin penyebabnya peradangan pada badan yang merangsang system imun keluarkan tanggapan berlebihan.

Melindungi Kesehatan Mata 

Mata yang sehat bakal mempermudah semua masalah kita, dan kita dapat melindungi kesehatannya dengan konsumsi daun kelor. Hal semacam ini karena daun kelor begitu kaya vitamin A yang diperlukan mata. Bahkan juga kandungan vitamin A nya lebih tinggi dari pada wortel.

Menurunkan Kandungan Kolesterol 

Rutinitas konsumsi makanan berlemak dan cepat saji bisa tingkatkan kandungan cholesterol dalam darah. Apabila dilewatkan bisa menyebabkan timbulnya penyakit stroke. Hal itu bisa diatasi dengan daun kelor, yang dapat dibuktikan bermanfaat menurunkan kandungan kolestrol sampai jadi normal.

Menyetabilkan Mood dan Tingkatkan kerja Otak 

Kandungan tryptophan pada daun kelor bisa melakukan tindakan sebagai neurotransmitter yang punya pengaruh pada manfaat otak. Diluar itu antioksidannya dapat mencegah kelelahan, depresi sampai insomnia hingga situasi hati jadi tambah baik.

Mengatasi Alergi 

Alergi pada suatu hal bakal mengganggu kesibukan kita. Untuk mengatasinya kita dapat memakai air rebusan daun kelor yang diminum dengan cara teratur. Mungkin saja akhirnya sedikit lama tampak, tetapi langkah tersebut aman tanpa ada resikonya.

Mengobati Beragam Penyakit Kulit 

Penyakit kulit seperti herpes, kurap dan luka pada kulit sampai bernanah bisa diatasi dengan memakai daun kelor. Cukup melembutkannya lantas tempelkan di bagian kulit yang sakit. Kerjakan dengan cara teratur sampai penyakit itu pulih.

Mengobati Penyakit Kuning 

Penyakit kuning dikarenakan pembengkakan hati akibat virus. Kulit, mata dan kuku bakal jadi kuning dan badan juga lemas. Untuk mengobatinya haluskan 1 sampai 2 genggam daun kelor sampai halus lantas campur dengan air kelapa hijau. Peras dan saring air itu. Supaya rasa-rasanya lebih enak dapat ditambahkan madu. Minum sekali satu hari sampai penyakit itu pulih.

Mencegah Penuaan Kulit 

Daun kelor memiliki kandungan hormon alami sitokinin yang bisa merangsang pembentukan sel kulit yang baru. Diluar itu vitamin C yang tinggi melakukan tindakan sebagai anti-oksidan dan merangsang pembentukan kolagen. Begitu kulit tampak lebih fresh dan kerutan muka bisa dijauhi.

Memberikan nutrisi Rambut 

Daun kelor bisa penuhi keperluan nutrisi rambut hingga rambut tampak lebih sehat, kuat lebat dan bercahaya. Manfaat itu bisa didapat dengan konsumsi teh daun kelor.

Minyak Ben dari Daun Kelor 

Ekstrak dari akar, biji dan daun kelor bisa jadikan minyak yang dimaksud minyak ben. Minyak itu sangat banyak faedahnya, bahkan juga nyaris setara dengan khasiat minyak zaitun.

Menurunkan Demam 

Ramuan dari air perasan daun kelor yang digabung dengan bawang merah bisa dipakai untuk menurunkan demam, terlebih pada anak. Diluar itu dapat dengan juga tempelkan segera daun kelor yang sudah dihaluskan pada ubun-ubun anak.
[ Baca juga : Gejala demam berdarah ]

Menghilangkan Flek Wajah 

Flek dan noda hitam begitu mengganggu tampilan, terlebih untuk wanita. Untuk mengatasinya, kita dapat memakai ramuan tradisional dari daun kelor. Kandungan vitamin C nya dapat mengatasi permasalahan flek di wajah dan jadikan kulit muka lebih cerah.

Menghilangkan Jerawat dan Komedo 

Jerawat dan komedo bisa mengakibatkan kerusakan tampilan muka, bila tak diatasi jadi kulit muka bakal jadi rusak. Untuk mengatasinya, kita dapat jadikan daun kelor muda yang dihaluskan sebagai masker harian dirumah.
[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

Mencegah Ketombe dan Rambut Bercabang 

Minyak kelor bisa memberikan nutrisi dan memperkuat rambut hingga tak gampang bercabang. Diluar itu bisa mencegah timbulnya ketombe yang bisa bikin rambut gampang patah. Nutrisi rambut bakal tercukupi dengan memakai daun kelor dan minyaknya.

Pelihara Kesehatan Rambut 

Vitamin A pada daun kelor bisa merangsang perkembangan rambut dan kurangi kemungkinan rambut rontok. Bila kekurangan vitamin A jadi bakal berlangsung penebalan kulit hingga nampak ketombe.

Jadikan Masker Wajah 

Muka mempunyai banyak permasalahan yang bermacam, dan perlu perlakuan yang pas supaya kulit muka selalu tertangani. Jadikan daun kelor sebagai masker muka yaitu pilihan pas sebagai perawatan muka dengan cara alami.

Tingkatkan Manfaat Ekskresi Badan 

Sistem ekskresi begitu utama supaya zat sisa dan limbah pada badan bisa di keluarkan. Organ badan yang melakukan tindakan dalam aktivitas ekskresi yaitu hati dan ginjal. Organ itu bisa bekerja dengan maksimal dengan konsumsi daun kelor dengan cara teratur.

Anti Bakteri dan Anti Toksin 

Daun kelor bisa digunakan sebagai penawar toksin alami. dipadukan dengan bijinya, daun kelor bisa menyerap toksin dari dalam darah. Diluar itu daun kelor dapat juga jadikan sebagai anti bakteri.

Memberi Kebugaran 

Badan jadi fresh dan bugar bila keperluan nutrisinya tercukupi. Keperluan nutrisi badan bisa didapat dari daun kelor yang kaya kandungan gizi.

Terkecuali manfaat yang sudah dijelaskan diatas, daun kelor juga mempunyai faedah lainnya seperti di bawah ini :

31. Mengobati cacingan
32. Suplemen makanan alami
33. Melindungi kulit dari infeksi
34. Mengobati gigitan hewan dan luka bakar
35. Melembutkan kulit
36. Anti jamur dan antiviral
37. Mencegah bau tubuh
38. Mengatasi rabun senja
39. Tingkatkan vitalitas badan

Sekian manfaat daun kelor yang bisa dihidangkan, mudah-mudahan bisa memberi wawasan dan bermanfaat dalam kehidupan keseharian. Daun kelor tak memberi resikonya apa pun, tetapi butuh waspada pada akarnya lantaran bisa berbentuk toksin apabila dipakai asal-asalan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter