-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Ketahui 9 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri di Perut Saat Haid

Mengatasi Nyeri HaidJadi cewek itu memanglah tidak mudah! Tiap-tiap bulannya mereka mesti hadapi yang namanya menstruasi. Mens itu tidak cuma masalah keluarnya darah kotor dari dalam organ intim saja, namun juga masalah bagaimana menahan rasa sakit yang terkadang tidak dipahami beberapa cowok. Baik itu nyeri, ngilu, kram, perih, serta semacamnya pasti telah akrab kami rasakan. 

Seringkali bila telah menyerah, obat peluruh rasa sakit kerap jadi pemecahannya. Tau sendiri kan dampak obat-obatan kimia untuk kesuburan itu bagaimana? Oleh karenanya, sebelumnya anda konsumsi obat pereda nyeri baiknya tangani dahulu deh dengan sebagian gerakan yoga simpel tersebut. Ditanggung pulih kok.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid dengan Gerakan Yoga

1. Duduk bersila

Bicara tentang yoga pasti kita bakal memikirkan mengenai ketenangan fikiran serta jiwa dalam diri. Hal semacam ini lumrah saja lantaran memanglah beberapa gerakan yoga itu difokuskan untuk menentramkan diri. Salah nya ialah duduk bersila. 

Langkahnya duduklah bersila lalu letakan tanganmu pada semasing ujung dengkul. Pose simpel seperti ini diakui bisa memperlancar pernapasan serta mereggangkan otot-otot yang kaku. Hingga badanmu juga semakin lebih santai sekalian nyeri menyusut.

2. Seated Forward Fold

cara mengatasi nyeri haid secara alami
Seated Forward Fold

Saat tengah haid terkadang nyeri nampak dibagian perut bawah, kan? Nah untuk mengatasinya anda dapat lakukan pose seated forward fold. Pose ini serupa sekali dengan pemanasan berolahraga yang kerap anda kerjakan saat di sekolah. 

Pertama duduklah dengan ke-2 tangan serta kakimu diluruskan ke depan. Tundukkan kepala sembari ke-2 tangan lurus serta berupaya menyentuh jari-jari kaki dengan cara perlahan-lahan. 

Note : baiknya janganlah paksakan diri dahulu apabila anda belum dapat mengerjakannya dengan prima.

3. Gerakan merengek (balasana)

cara mengatasi nyeri haid pms mens
Gerakan merengek (balasana)

Pose ini kerap dimaksud dengan pose a la anak kecil. Walau saat ini anda telah besar, tidak ada kelirunya mengaplikasikan pose ini. Lantaran kenyataannya, gerakan merengek serupa anak kecil ini ampuh meredakan nyeri haid lho. 

Langkahnya posisikan badan tengah bersujud, lantas bentangkan tangan ke depan sampai menyentuh lantai. Pertahan posisi tangan itu sembari mengambil nafas pelan-pelan dengan hitungan hingga 10 kali. Yakin deh, rasa nyeri serta tidak nyaman pada badanmu akibat mens bakal selekasnya pupus.

4. Pavanamuktasana

cara mengatasi nyeri haid mens pms
Pavanamuktasana

Sedang untuk anda yang sulit kentut, pencernaan kurang lancar, serta nyeri perut coba untuk lakukan gerakan yoga pavanamuktasana ini. 

Baringkan badanmu, lalu tekuk satu atau dua kaki dengan tangan menarik sampai menyentuh sisi dada. Gerakan ini bisa memperlancar system pencernaan sekalian bikin perutmu merasa tambah nyaman.

5. Locust Pose (tengkurap)

cara mengatasi nyeri haid secara alami
Locust Pose (tengkurap)

Mungkin saja anda juga kerap tengkurap saat nyeri tengah ada di puncaknya. Namun tahukah, sesungguhnya memanglah ada lho gerakan tengkurap yang ampuh untuk mengatasi nyeri haid. Yup, namanya locust pose. 

Posisikan badanmu tengkurap, lantas tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Janganlah lupa mengangkat dada serta kakimu bebarengan sembari menghela nafas. Untuk hasil paling baik kerjakan gerakan ini sampai lima kali hela nafas panjang ya.

6. Cat Pose atau Marjaryasana

cara menghilangkan nyeri perut saat haid
Cat Pose atau Marjaryasana

Dari namanya saja pasti kita sudah mengetahui bagaimana pose ini nanti. Sesuai sama namanya, cat pose adalah gerakan yoga yang serupa dengan kucing saat merangkak. Gerakan ini dikenal juga dengan nama Marjaryasana. 

Pose ini dikerjakan dengan membengkokan punggung ke atas serta ke bawah serupa seperti kucing. Periode waktu untuk mengerjakannya yaitu 5 menit atau 10 kali helaan nafas panjang. Terkecuali mengatasi nyeri, pose ini dapat juga merileksasi otot punggung serta kaki hingga bakal bikin badanmu tambah nyaman.

7. Sikap lilin

cara menghilangkan nyeri ngilu haid
Sikap lilin

Bila anda kerap terasa nyeri saat berbaring, mungkin saja anda dapat bikin macam lain dengan sikap lilin. Baringkan badanmu sembari mengangkat kaki ke atas lurus sejajar dengan tembok. 

Janganlah lupa angkat pinggulmu supaya otot jadi lebih santai. Dengan sikap ini bakal melakukan perbaikan peredaran darah di badanmu sekalian mengatasi sakit kepala, lantaran aliran darah menuju ke otak jadi lebih lancar.

8. Gerakan jongkok

cara mengatasi nyeri haid secara alami
Gerakan jongkok

Dalam yoga gerakan satu ini kerap dipakai saat pose duduk berjalan. Walau sedikit susah, namun anda dapat membiasakan diri dengan gerakan jongkok umum serta dilanjutkan dengan memutar sisi badan atas dengan cara perlahan-lahan. 

Nah jika telah agak lentur, coba untuk meletakan dua tangan di belakang punggung seperti pada gambar. Tarik dengan cara perlahan seperti saat anda ‘mulet’ supaya lebih merasa faedahnya. 

Dengan memutar sisi badan atas ini, jadi dadamu juga semakin lebih lega serta dengan cara automatis system pernafasan jadi lancar. Mudah kan?

9. Pose setengah kayang

cara mengatasi nyeri haid secara alami
Pose setengah kayang

Yang paling akhir yaitu pose 1/2 kayang. Kesusahan yang umumnya dihadapi saat mengaplikasikan gerakan ini yaitu keseimbangan badan serta sebagian juga yang bahkan juga alami kesakitan waktu mendongakkan kepala. 

Namun semuanya tidak apa seandainya anda mengerjakannya dengan hati-hati. Langkahnya posisikan badanmu lurus dengan menekuk ke-2 kaki. Lalu dengan cara perlahan-lahan posisikan kepalamu mendongak dengan ke-2 tangan yang menyentuh tumit. Tahan sepanjang 30-60 detik supaya lebih merasa faedahnya. 

Bila dikerjakan dengan baik serta teratur jadi gerakan ini bakal ampuh mengatasi nyeri haid lantaran fokus pada otot yang umumnya kaku waktu datang bln.. 

PMS memanglah jadi cobaan untuk cewek tiap-tiap bulannya. Tetapi dengan lakukan gerakan simpel di atas, pasti tidak ada lagi argumen untuk konsumsi obat-obatan bukan? Asal anda kerjakan dengan cara perlahan-lahan, ditanggung badanmu bakal kembali nyaman untuk melakukan kesibukan. Mudah-mudahan berguna.

***

Related Posts

Subscribe Our Newsletter